Liburan keluarga merupakan liburan yang seluruh anggota keluarga selalu nantikan. Liburan ini menjadi hari istirahat dari kesibukan sehari-hari anak terlebih orang tua. Semua anggota seharusnya dapat melepaskan diri dari stres pekerjaan dan memberikan waktu kepada diri masing-masing untuk beristirahat bersama keluarga.

Setiap keluarga itu unik dan berbeda dalam merancang liburannya. Terlepas dari peredaan yang ada, waktu adalah pertimbangan paling terpenting saat anda akan merencanakan liburan keluarga. Waktu dapat mempengaruhi kesenangan anda, jadwal kerja dan sekolah anak anda dan pada akhirnya pengeluaran liburan keluarga anda.

Kapan waktu terbaik untuk mengambil liburan keluarga?

Ada 3 hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda sekeluarga.

 

Hindari Liburan saat Peak / High Season

Peak season adalah puncak musim liburan, di mana hampir semua orang ingin menikmati waktunya di berbagai destinasi wisata. Sedangkan high season merupakan liburan yang ramai, misalnya saat libur sekolah, lebaran, dan long weekend.

Selama peak season maupun high season, tiket perjalanan dan akomodasi mahal. Selain itu, lalu lintas menuju lokasi wisata lebih padat dari hari biasa. Jika anda sekeluarga memiliki pilihan, lebih baik jikalau anda merancanakan liburan diluar high season dan peak season.

Liburan pada musim ini bisa anda rasakan dengan beberapa resiko seperti menghabiskan lebih banyak waktu di jalan, mengeluarkan biaya lebih tinggi, dan terkadang tidak bisa menikmati tempat wisata dengan optimal karena banyaknya wisatawan yang datang.

Pesan lebih Awal

Umumnya, bulan Desember, Januari dan Juni-Juli adalah bulan paling populer untuk memesan liburan keluarga (libur akhir tahun dan libur akhir tahun ajaran sekolah). Dari segi akomodasi, semakin cepat anda memesan, semakin baik harganya.

Meskipun beberapa agen perjalanan menawarkan penawaran terlambat, yang terbaik adalah memesan secepat mungkin, untuk menghindari harga yang naik pesat, ketersediaan tempat, dan masalah-masalah lainnya.

Banyak hotel, penerbangan, atau tempat wisata yang memberikan penawaran liburan di bulan yang banyak diminati, jadi rajinlah memantau penawaran tempat liburan yang anda inginkan.

Sebagian besar penerbangan juga sudah mulai dijual 9-12 bulan sebelumnya. Ketika anda memesan selama waktu ini biasanya anda bisa mendapatkan “diskon pemesanan awal”. Harga penerbangan dapat bervariasi dari hari ke hari tetapi biasanya semakin dekat anda dengan tanggal keberangkatan semakin tinggi harga tiketnya.

Menunda Liburan saat Musim Hujan

Musim hujan merupakan waktu liburan yang kurang tepat. Saat musim hujan, sebenarnya tidak banyak orang yang berlibur yang cenderung membuat tanggal-tanggal tersebut lebih murah dan tersedia. Tetapi, saat musim hujan, anda sekeluarga tidak bisa menikmati seluruh aktivitas di lokasi tujuan wisata.

Pada akhirnya, dana liburan yang keluarga anda sudah siapkan tidak bisa dioptimalkan untuk berlibur karena cuaca yang kurang bersahabat. Pada akhirnya, anda sekeluarga menghabiskan waktu berdiam diri di hotel.

Tetapi, jika memang anda sekeluarga hanya dapat jatah cuti di musim penghujan dan liburan anak tepat pada musim hujan, anda dapat mengakalinya dengan memilih tempat wisata indoor dan memilih hotel yang berkualitas agar anda sekeluarga dapat menikmati liburan di tempat indoor dengan fasilitas hotel yang nyaman.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300