Semakin banyak ibu mencari pekerjaan sampingan sebagai cara untuk menghasilkan uang tambahan. Kabar baiknya adalah, semakin banyak cara dari sebelumnya untuk ikut serta dan menemukan pekerjaan sampingan yang sesuai untuk gaya hidup anda sebagai ibu yang bekerja di rumah.

Membesarkan anak-anak bisa terasa seperti pekerjaan, tetapi mungkin bagi sebagian keluarga, ibu juga perlu mendapatkan tambahan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Itulah mengapa semakin banyak ibu mencari pekerjaan sampingan sebagai cara untuk menghasilkan uang ekstra.

Namun, masalah dari memulai bisnis atau pekerjaan sampingan untuk seorang ibu rumah tangga adalah waktu. Kapan waktu yang tepat untuk memulai semua ini? Ada beberapa cara mengatur waktu yang bisa anda lakukan untuk mempermudah anda untuk memulai bisnis sampingan.

  1. Tentukan Periode Waktu Kerja yang Bisa Anda Lakukan

Daripada melakukan multitasking atau bergantian melakukan aktivitas terkait pekerjaan rumah dan bisnis sampingan bersamaan, sejak awal bagilah waktu anda untuk fokus pada salah satunya. Sebagai contoh, fokuskan jam sarapan, jam makan siang, atau jam tidur anak di rumah untuk mengerjakan pekerjaan sampingan anda, sedangkan seluruh jam anda masih tetap berfokus sebagai ibu rumah tangga.

Anda juga bisa menggunakan jam malam dan akhir pekan untuk mengurusi usaha sampingan anda jika bisa diselingkan selagi anda mengurusi kebutuhan keluarga anda.

  1. Buat Skala Prioritas

Anda perlu menentukan prioritas aktivitas yang perlu dilakukan agar tidak mengganggu waktu anda saat mengurusi pekerjaan rumah tangga. Misalnya, jadikan pekerjaan sampingan sebagai prioritas utama yang dikerjakan saat jam sarapan. Bila anda memiliki waktu senggang lainnya, berikan prioritas pada aktivitas bisnis sampingan tertentu yang anda anggap penting dan bisa dilakukan tanpa mengganggu jika anda mendadak harus kembali mengurusi urusan keluarga anda.

  1. Mempekerjakan Pekerja Paruh Waktu

Gunakan pekerja paruh waktu untuk menghemat waktu Anda dengan cukup signifikan. Sebagai contoh, jika anda memiliki bisnis sampingan di toko online. Bila anda telah memiliki banyak pelanggan dan orderan, sebaiknya anda mulai memikirkan untuk mempekerjakan seorang pekerja paruh waktu sebagai tenaga administrasi untuk mengurusi pesanan yang masuk dan membalas pesan pelanggan.

  1. Memanfaatkan Fitur Smartphone yang Ada

Perangkat smartphone Anda memiliki fitur-fitur yang berguna untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh, fitur alarm dan task reminder sangat berguna untuk mengingatkan Anda terhadap aktivitas yang sedang menjadi prioritas. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi-aplikasi produktivitas seperti task planner atau finance notes yang dapat membantu manajemen aktivitas dan keuangan Anda.

  1. Mengambil Me-Time di Selang Waktu yang Ada

Sesibuk apapun anda bekerja demi keluarga dan bisnis sampingan anda, anda juga tetap harus memikirkan waktu istirahat anda sebagai seorang ibu. Ingatlah bahwa keluarga anda merupakan tanggung jawab anda sebagai seorang ibu. Itulah sebabnya anda tidak boleh terlalu lelah yang memungkinkan menyerang Kesehatan anda.

Hal ini tentu memiliki dampak negatif dalam jangka panjang bagi keluarga maupun bisnis sampingan anda. Luangkan waktu beberapa jam setiap akhir pekan juga beberapa jam setiap harinya di rumah untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran serta menikmati hidup yang diberikan.

Demikianlah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur waktu ketika anda ingin memulai bisnis sampingan sebagai seorang ibu rumah tangga.

Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan untuk dapat memaksimalkan aktivitas anda pada setiap pekerjaan yang dilakukan. Keluarga bergantung pada diri anda, ibu yang kuat dan sehat.

 

“To the world you are a mother, but to your family you are the world” – Author Unknown

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300