Menjadi ibu adalah salah satu perjalanan hidup yang paling memuaskan bagi seorang wanita. Namun, merasakan hal ini juga bisa melelahkan, yakni ketika anda memiliki tanggung jawab sebagai seorang ibu untuk merawat anak dan suami anda. Apa yang terjadi jika anda menjadi seorang ibu dan juga tetap berkarir?

Sebagai seorang ibu yang bekerja penuh waktu di luar rumah, mungkin anda sering sekali merasa kecapean secara fisik maupun emosional. Banyaknya hal yang memperebutkan waktu dan perhatian anda sepanjang harimembuat anda cenderung merasa tidak mampu dalam peran apa pun, di rumah atau di tempat kerja.

Jika anda telah memilih untuk berkarir sebagai seorang ibu, meskipun keseimbangan kehidupan anda di dalam keluarga dan pekerjaan terasa sulit, anda akan berusaha memampukan diri untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu anda untuk mempertahankan anda sebagai ibu yang berkarir.

Menghargai Keputusan Anda

Jika karir termasuk hal penting bagi anda, anda perlu menghormati keputusan anda. Jika anda seseorang yang harus terus bekerja karena alasan keuangan, hargailag fakta bahwa anda melakukan ini karena inilah yang perlu anda lakukan. Apa yang menurut anda terbaik untuk keluarga anda, lakukanlah hal itu.

Hindari membandingkan jadwal anda dengan ibu yang memiliki waktu luang untuk mengurus anaknya full-time. Anda bisa lebih berfokus kepada anak anda. Anda bisa bertanya apa yang penting bagi dan anak anda butuhkan. Alih-alih membiarkan pikiran negatif dan rasa bersalah itu masuk, fokuslah pada semua hal indah yang akan anda tunjukkan pada anak dan keluarga.

Hadir di Saat yang Tepat

Setelah bekerja, saat anda sudah berada di rumah, pastikan kehadiran anda benar-benar di rumah, tubuh dan pikiran. Letakkan ponsel dan hilangkan pikiran pekerjaan anda (kecuali itu benar-benar urgent) dan habiskan waktu bermain dengan ana anda. Anda dapat bermain, berdiskusi, atau membantu mereka mengerjakan PR.

Buatlah aktivitas rutin untuk keluarga anda setiap harinya, misalkan makan malam bersama keluarga setiap jam 7 malam. Anak akan Bahagia ketika merasakan kehadiran anda dan anda pun merasakan hal yang sama memanfaatkan waktu yang anda miliki dengan keluarga dengan hadir sepenuhnya. Pekerjaan pun tidak menjadi penghalang kebersamaan anda dengan keluarga.

Habiskan Waktu Anda dengan Bijak

Terkadang tampaknya tidak ada cukup waktu dalam sehari. Anda merasa banyak sekali hal yang belum anda selesaikan di setiap harinya. Hal penting lainnya yang perlu anda lakukan adalah mengatakan tidak pada kegiatan yang kurang penting, dan fokus pada yang penting. Berfokuslah pada kegiatan yang penting, misalnya pekerjaan kantor anda saat sedang di kantor dan menghabiskan waktu dengan keluarga saat sudah di rumah.

Ada banyak hal yang perlu anda kurangi ketika anda memutuskan untuk berkarir sebagai seorang ibu. Misalnya, anda mengurangi waktu untuk pergi bersama teman-teman anda. Sebelumnya, anda punya jadwal rutin setiap minggu bertemu teman. Setelah memiliki anak selama berkarir, anda memutuskan untuk tidak lagi secara rutin mengikuti hal tersebut. Habiskanlah waktu anda dengan bijak sebagai seorang ibu yang berkarir.

Menikmati Proses

Ketika anda menikmati proses yang anda lewati sebagai ibu berkarir, anda akan merasakan kesenangan ketika anda mampu melewatinya sehingga menuntun pada perasaan Bahagia secara secara menyeluruh.

Anda juga boleh melakukan setidaknya satu hal menyenangkan setiap akhir pekan (sendiri atau bersama keluarga) yang dapat menyenangkan diri anda sebagai seorang ibu. Dengan demikian, anda akan memulai minggu kerja anda dengan segar, merawat anak dan suami, dan menikmati proses ini setiap hari.

Hal terpenting adalah menjalani keputusan yang sudah anda pilih dengan hati yang gembira. Meskipun dalam prosesnya anda mendapati banyak ketidaksempurnaan, namun anda tahu anda juga mendapatkan momen menyenangkan dan penuh petualangan. Hidup akan indah ketika anda melewatinya dengan gembira. Tetap semangat para ibu wanita karir!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300