Menjadi orang tua memang melelahkan. Tentu saja merupakan kebahagiaan tersendiri bagi anda ketika menjadi orang tua dan memiliki anak yang sudah anda tunggu-tunggu selama ini. Namun, kita tahu bahwa peran orang tua tidaklah mudah dalam mengasuh dan merawat anak. Bahkan, tidak peduli seberapa lelah atau sakitnya anda, tidak ada “waktu istirahat” karena anda juga perlu bermain dengan anak. Mungkin anda pernah di posisi dimana anda bangun dengan bayi yang baru lahir sepanjang malam, atau baru pulang bekerja 8 jam, atau anda sedang sakit, namun anda tetap harus bermain dengan anak anda.

Oleh sebab itu, anda harus memiliki beberapa strategi dalam mengasuh dan merawat anak anda sebagai orang tua. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari kelelahan.

Tidur Kapanpun ada Kesempatan

Saat anda lelah, hal terbaik yang sebenarnya anda harus lakukan adalah tidur. Ini merupakan istirahat yang paling ampuh untuk mengisi tenaga kembali tetapi kita sebagi orang tua sering mengabaikan hal ini. Kita merasa lebih penting untuk melakukan pekerjaan lain di waktu kosong seperti membereskan rumah, menyelesaikan pekerjaan kantor, dll.

Kenyataannya adalah kita tidak bisa menjadi orang tua seperti yang kita inginkan ketika kita lelah. Jadi, ketika tubuh sudah merasa lelah dan ada kesempatan untuk tidur,  maka lakukanlah! Saat ini, anda mungkin sedang berada di posisi merawat bayi. Dari semua tahapan perkembangan anak, tahapan bayi merupakan salah satu tahapan yang cukup menantang orang tua karena bayi tidak memiliki jam bangun dan tidur yang menentu dan hanya menangis ketika membutuhkan sesuatu.

Sebagai orang tua yang sedang mengasuh anak, terutama bayi, tidur bersamaan dengan waktu bayi anda tidur adalah saat yang tepat. Ketika anda berhasil tidur saat anak tidur dan  bangun saat mereka bangun, setidaknya tubuh anda telah beristirahat dan anda akan merasa cukup segar setelah itu. Bahkan tidur siang singkat bersama anak dapat mengubah suasana hati anda.

Tetap Aktif Bersama Anak di Waktu Pagi dan Sore

Anda dapat mengajarkan anak untuk tetap aktif di pagi dan sore hari saat semua orang menggunakan waktu tersebut untuk beraktivitas. Anda bisa gunakan waktu pagi dan sore hari untuk anak belajar dan bermain. Misalnya, pergi ke taman, jalan pagi atau sore, bermain dengan tetangga, atau bermain aktivitas di rumah.

Dengan membuat anda dan anak aktif di jam yang tepat di pagi dan sore hari, anak akan membutuhkan istirahat di waktu yang anda perkirakan juga, seperti siang hari (waktu tidur siang) dan malam hari. Dengan begini, waktu yang anda gunakan untuk bermain dengan anak anda bisa anda atur dengan baik dan anda tetap memiliki waktu untuk beristirahat sejenak sebagai orang tua.

Makan dan Minum Secara Teratur

Ini hal kecil yang sering orang tua sepelekan. Terkadang, saking sibuknya di pagi hari atau saat sedang beraktivitas, anda lupa untuk makan secara teratur dan minum untuk menggantikan energi dan cairan tubuh yang hilang. Akibatnya, tubuh anda merasa kelelahan lebih cepat karena kurangnya energi yang masuk. Pastikan di tengah kesibukan sebagai orang tua, anda tetap menjaga pola makan dan minum anda secarar teratur agar energi yang hilang tetap terus tergantikan.

Bermain Permainan Dokter Pasien

Untuk anda yang memiliki anak balita, anda bisa memainkan permainan ini. Baik anda sedang benar sakit atau hanya merasa lelah, menjadi pasien “dokter kecil” anda mungkin merupakan cara termudah untuk membuat si kecil bahagia selagi anda berusaha beristirahat.

Melihat dari pengalaman penulis melihat permainan ini, banyak anak yang berusaha menjadi dokter bagi pasiennya (orang tua), akan berusaha perhatian kepada pasien sehingga membiarkan anda sebagai pasiennya untuk tetap beristirahat.

Anda bisa memainkan hal ini di sofa maupun di tempat tidur dan biarkan anak anda mengambil alih perawatan pasien saat itu. Anak yang lebih kecil dapat bermain berpura-pura dengan sekotak perban dan peralatan dokter mainan. Sedangkan anak yang sudah lebih besar dapat menyegarkan anda dengan membawakan air, mengatur posisi tidur dan bantal, dan hal-hal lain yang dilakukan dokter.

Menggunakan Stiker Sebagai Strategi

Percaya atau tidak, anda tidak akan pernah bertemu balita yang tidak menyukai stiker. Di sekolah, guru sering menggunakan ini sebagai reward ketika murid melakukan hal yang baik dan benar. Sebagai orang tua, anda juga dapat memanfaatkan stiker. Siapkan tumpukan lembar stiker. Gunakan stiker ini dan berikan kepada anak anda saat anda memberikan mereka waktu khusus untuk bermain secara mandiri saat anda perlu istirahat.

Anda bisa memberikan anak stiker dan beberapa tempat untuk dia menempelkan stiker tersebut selagi anda beristirahat. Anak bisa momen ini untuk beristirahat sejenak, yakno dengan menggunakan dan menempelkan stiker ke tempat-tempat yang anak inginkan.

Putarkan Musik untuk Anak Anda Bernyanyi dan Menari

Saat anda sudah merasa capek ketika merawat anak, anak mungkin belum merasa capek. Sehingga anda masih perlu membakar energi anak anda. Selagi anda beristirahat atau duduk di sofa dalam waktu singkat, anda bisa memutarkan mereka lagu yang membuat anak semangat ntuk bernyanyi dan bergerak.

Jika anak-anak anda tetap ingin anda terlibat saat mereka bernyanyi dan bergerak, anda bisa mensiasati permainan ini dengan berperan sebagai juri dan menilai hasil nyanyian dan gerakan tarian mereka. Selain itu, strategi lain yang dapat anda lakukan adalah, membiarkan anak menghibur diri sendiri. Faktanya, dilansir dari para ahli parenting di Aha! Orang tua menegaskan bahwa kebosanan adalah pengalaman yang baik untuk anak-anak dari segala usia.

Kebosanan memaksa anak-anak untuk memperlambat diri dan menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka untuk membuat diri mereka sibuk, dan mereka akan mencari tahu sendiri daripada menunggu keputusan ibu atau ayah untuk hiburan. Jika anak anda terbiasa anda sediakan hiburan, mungkin perlu waktu bagi mereka untuk menyesuaikan diri dalam strategi ini. Tunggulah dalam waktu beberapa hari, anda akan kaget dengan ide kreatif seperti apa yang mereka hasilkan saat mereka memiliki waktu kosong untuk bermain sendiri.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300