Mengajarkan anak untuk membaca cepat dapat menjadi proses yang panjang dan sulit. Membaca membutuhkan pengajaran yang tepat untuk anak tentang berbagai keterampilan dan strategi, seperti fonik (mengetahui hubungan antara huruf dan suara) dan kesadaran fonemik. Oleh sebab itu, penting bagi anak untuk diberikan kesempatan berlatih sejak kecil di rumah bersama orang tua tanpa harus menunggu waktu sekolah.

Kebanyakan orang tua tidak memikirkan proses belajar membaca dan menganggap hal itu mudah. Namun, ketika anda memutuskan untuk mengajar anak anda sendiri di rumah, anda tahu bahwa belajar membaca itu butuh proses.

Kabar baiknya adalah meskipun membaca itu membutuhkan proses yang cukup rinci, ada beberapa strategi sederhana dan mudah untuk anda terapkan. Ada beberapa strategi sederhana dari sudut pandang guru yang dapat anda terapkan untuk mengajari anak anda membaca di rumah yakni sebagai berikut.

Menjadi Contoh Nyata dalam Membaca Cepat

Anak-anak kecil merupakan pelajar cepat. Kalau anda pernah mendengar kata golden age, anda pasti tahu bahwa anak di usia 0-5 tahun memiliki masa periode emas dimana mereka belajar dan berkembang dengan pesat. Satu hal yang paling sering anak pelajari dengan pesat adalah kemampuan mereka untuk mengikuti orang lain yang berada disekitarnya.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kefasihan membaca anak adalah dengan menjadi teladan bagi anak anda. Tunjukkan anak anda contoh membaca cepat dengan suara yang lancar dan tepat. Tunjukkanlah juga contoh membaca yang ekspresif dengan mengungkapan kata-kata menyesuaikan tempo yang tepat.

Ajak anak anda untuk membaca bagian yang sama dengan gaya atau cara yang sama seperti anda. Strategi ini memiliki peluang besar untuk mengajarkan anak anda membaca cepat dengan memberikan contoh yang tepat.

Bermain Berburu Kata

Belajar sambal bermain merupakan salah satu strategi yang patut anda coba di rumah, contohnya dengan bermain berburu kata. Kalau anda familiar dengan permainan treasure hunt, ini merupakan modifikasi dari permainan ini. Permainan ini cocok untuk anak berusia belita sampai 6 tahun.

Hal yang perlu anda lakukan untuk bermain ini adalah menempelkan label nama ke objek di dalam dan sekitar rumah, misalnya di tangga anda meletakkan label “tangga”. Anda letakkan banyak label pada banyak objek di rumah seperti meja, sendok, kursi, dan sebagainya.

Saat anak sedang dalam proses belajar membaca, label nama setiap objek di rumah akan mereka gunakan untuk latihan mereka belajar setiap kata yang ada dengan mengeja tulisan nama objek pada label. Setelah menempelkan label nama objek, anda memperkenalkan mereka setiap kata yang ada.

Setelah memperkenalkan objek yang memiliki label, mulailah menghapus label nama objek dan menggantinya dengan label nama kosong di objek yang sebelumnya ada namanya.  Dengan begitu, anda memberikan anak kesempatan untuk mengisi kata-kata yang hilang setelah mereka sudah diperkenalkan dengan objek benda dan cara membacanya. Untuk membuat pembelajaran ini lebih menarik di mata anak, saat mereka menemukan label nama kosong dan mengeja katanya dengan benar, berikan mereka poin.

Anda dapat menggunakan poin sebagai system reward anda untuk mereka belajar dan pada akhirnya sesuai dengan jumlah poin, mereka dapat memilih aktivitas atau hal yang ingin mereka lakukan. Misalnya, lima poin berarti anda dan anak akan bermain bersama, sepuluh poin berarti menonton film anak bersama.

Bermain dengan Kata-kata

Sebelum bisa membaca cepat, anda bisa mulai mengajarkan anak dengan melatih kemampuannya untuk bermain kata-kata secara verbal. Ada banyak cara untuk bermain dengan kata-kata. Misalnya, anda bisa bermain dengan anak anda untuk mencari kata yang memiliki akhrian yang sama. Contohnya, ketika anda berkata “sapi” maka anak bisa menjawab “topi”, “kopi”, dan lain-lain.

Contoh lain adalah bermain kata dengan cara mengeja huruf. Misalnya, anda mengeja kata “t-i-d-u-r”. Saat anak sudah bisa menebak bahwa ejaan itu membentuk kata “tidur” dan sudah semakin cepat untuk menebak ejaan, maka anak anda sudah siap untuk belajar membaca cepat.

 Memperkenalkan Buku yang Menarik Minat Anak

Tidak ada yang membuat anak lebih tertarik pada buku selain memberikan buku yang sesuai dengan minatnya terhadap suatu karakter atau cerita buku tersebut. Memberikan buku yang sesuai dengan minat anak membuat mereka semakin tertarik untuk membaca buku yang anda berikan dan memberikan peluang besar bagi mereka membaca lebih cepat.

Salah satu hal yang dapat anda pertimbangkan dalam membeli buku juga adalah melihat isi dan gambarnya. Pastikan anda tetap memilih buku yang memberikan pesan kehidupan yang baik untuk masa depan anak. Selain itu, buku yang memiliki banyak gambar akan lebih menarik di mata anak-anak.

Membaca Menggunakan Penghitung Waktu

Saat anak sudah mulai bisa membaca, anda dapat mengajarkan anak membaca bacaan tertentu dalam waktu yang ditentukan. Misalnya, anda menentukan waktu selama 1 menit di timer dan meminta anak untuk membaca bagian itu dalam waktu yang sudh anda tentukn.

Saat anak membaca, anda bisa memantau bagian anak saat mengalami kesulitan membaca sebuah bacaan. Mungkin ada kata yang tidak bisa dia ucapkan. Anda bisa ajarkan anak untuk berulang kali mengucapkan kata yang sulit baginya. Pastikan anda juga menjelaskan arti dari kata itu.

Setelah itu, minta kembali anak membaca bagian itu dengan waktu yang sama yakni satu menit. Disini anda dapat melihat bahwa anak anda cenderung bisa semakin cepat membaca bacaan tersebut dibandingkan saat pertama kali anak membaca bagian itu.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300