Di dunia anak, bermain bukan hanya untuk bersenang-senang. Melalui aktivitas mereka saat bermain, anak akan belajar banyak hal mulai dari cara bersosialisasi, melatih kemampuan motorik halus dan kasar, maupun mengasah kemampuan berpikir dengan berimajinasi.

Sebagai orang tua, kita ingin memberikan yang terbaik untuk mengoptimalkan kebutuhan anak anda. Jika anda memiliki budget yang cukup, salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk perkembangan anak ke arah yang baik adalah dengan menciptakan ruang bermain anak di rumah.

Desain ruang bermain anak dibuat semenarik mungkin agar mereka betah bermain di rumah di bawah pengawasan anda sekeluarga. Berikut ini adalah beberapa inspirasi kamar bermain untuk buah hati yang bisa Anda terapkan di rumah.

Ruang Bermain Anak dari Pojok Ruangan

Ruangan kecil di rumah anda bisa dimaksimalkan sebagai area bermain anak anda. Tidak perlu khawatir anda harus menyediakan ruang khusus untuk area bermain anak yang besar. Manfaatkan pojok ruangan yang tidak terpakai menjadi tempat bagi anak anda dan temannya kelak dapat bermain dengan nyaman.

Perlengkapi ruangan tersebut dengan desain yang menarik, misalnya membuatkan tenda kemping sederhana, karpet bulu, serta beberapa pilihan tempat duduk. Anda bisa menambahkan wallpaper motif sesuai dengan ketertarikan anak terhadap sesuatu.

Kamar Bermain Sekaligus Belajar

Memiliki ide untuk menyatukan kamar bermain sekaligus kamar belajar? Hal ini juga dapat anda lakukan! Jika anda ingin menerapkan ini dikarenakan keterbatasan ruangan di rumah anda, pastikan di ruangan ini terdapat beberapa meja untuk menggambar, membuat proyek bermain, dan untuk belajar.

Lengkapi ruangan ini dengan meja dan kursi yang unik dan menarik di mata anak anda khusus untuk belajar.  Hal ini akan membuat mereka betah untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan rumah mereka di tempat yang telah anda siapkan.

Mix n Match Pola, Warna, dan Tekstur di Ruang Pribadi Anak

Area bermain anak dapat anda satukan dengan kamar tidur mereka. Untuk mensiasati ini, berani gunakan berbagai pola, warna, dan tekstur menjadi fokus utama ruangan. Dimulai dari langit-langit ruangan, warna dinding, hingga pemilihan karpet bermotif.

Di kamar tidur mereka ini juga siapkan area kecil mereka untuk bermain. Anda bisa meletakkan karpet, tenda kecil, maupun meja dan kursi di tarea bermain anak anda yang berada di kamar tidur mereka ini.

Menyediakan Beragam Aktivitas Anak di Satu Ruangan

Jika anda memiliki budget yang cukup sebagai orang tua, anda bisa membuatkan ruang bermain anak yang menyediakan beragam pilihan mainan dan aktivitas. Sesuaikan ini dengan umur anak anda. Untuk usia balita, anda mungkin bisa menyediakan seluncuran, kuda-kudaan, mobil-mobilan, hingga berbagai puzzle.

Di dalamnya anda juga bisa menyediakan meja dan kursi dan membuatkan area untuk anak menggambar dan mewarnai. Dengan banyaknya pilihan aktivitas yang ada, anak anda tidak akan mudah merasa bosan dengan ruangan bermain mereka.

Kamar Bermain Rahasia di Bawah Tangga

Jika anda memiliki ruang kosong di bawah tangga, anda bisa mengubah ruang kosong itu menjadi sebuah kamar bermain rahasia anak anda. Pastikan itu dapat menjadi ruang favorit anak.

Meskipun ruangannya tergolong kecil, anda bisa mendesain ruangan kecil ini dengan meletakkan kotak mainan anak anda dan menyediakan karpet bermotif untuk anak anda bermain di ruangan ini. Kunci dari ruangan bermain adalah desainnya.

Ruang Bermain yang Luas dan Lega

Jika anda tipe orang tua yang menginginkan ruangan yang simpel, mungkin anda bisa menciptakan jenis ruangan bermain anak seperti ini. Anda tidak perlu menyediakan semua jenis mainan untuk membuat anak merasa nyaman.

Yang perlu anda sediakan adalah sebuah ruangan yang berukuran cukup luas dan memadukannya dengan pilihan-pilihan warna lembut. Anda juga bisa melengkapi ruangan bermain ini dengan aksesoris dan peralatan simpel yang paling dibutukan, misalnya karpet serta tempat tidur empuk.

Untuk tetap menjaga kebersihan dan simpelnya ruangan ini terlihat, letakkan mainan anak anda pada lemari khusus mainannya atau dalam kotak-kotak mainan. Anak anda akan memilih mainan yang mereka akan mainkan dari kotak atau lemari yang telah anda sediakan.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300