Merencanakan liburan dalam keluarga bukanlah hal yang murah. Terlebih jika anda bepergian dengan anak-anak, anda mungkin merasa liburan keluarga lebih sulit diatur dalam beberapa tahun terakhir. Kenaikan harga untuk perjalanan selama liburan sekolah, kenaikan biaya makanan, akomodasi, dan tiket masuk ke atraksi, yang semuanya bertambah saat anda bepergian sebagai keluarga.

Namun liburan tidak selalu menjadi hal yang sulit, jika anda mempersiapkan dan mengaturnya dengan baik. Berikut ini lima tips untuk merencanakan liburan keluarga sesuai dengan anggaran anda.

Tentukan Tempat Tujuan Berlibur

Anda tidak akan dapat memperkirakan secara akurat berapa biaya perjalanan anda sampai anda telah memilih tujuan. Tempat-tempat tertentu jauh lebih ramah anggaran daripada yang lain.

Jika sudah memiliki anak, pertimbangkan untuk mengunjungi tempat wisata yang akan disukai oleh anak-anak. Anda bisa menanyakan anak anda yang sudah paham, dimana mereka ingin pergi. Dan jika memungkinkan, anda bisa mengikuti keinginan mereka untuk pergi ke tempat yang mereka inginkan.

Adanya fasilitas internet memberikan anda kemudahan dalam mencari informasi mengenai pilihan tempat wisata secara detil. Anda dapat mencari informasi tentang beberapa objek wisata dan seluk beluknya mulai dari lokasi, harga tiket, hingga fasilitas yang disediakan. Anda juga dapat melihat reviewnya di beberapa website tertentu jika menginginkan informasi berupa pengalaman pengunjung tempat wisata tersebut.

Mengatur Anggaran

Saat membuat perencanaan liburan, secara umum hal-hal yang harus anda perhitungkan, yaitu transportasi, biaya tempat wisata, konsumsi, serta belanja. Pastikan semua poin tersebut masuk dalam rencana anggaran berlibur anda.

Pada umumnya, harga makanan dan minuman di tempat wisata lebih mahal daripada di tempat makan biasanya. Untuk mengantisipasinya, ada baiknya anda menyiapkan dana lebih banyak dari perkiraan anda, khusus untuk kebutuhan konsumsi selama liburan.

Salah satu alokasi pengeluaran yang wajib ada saat berlibur adalah untuk berbelanja oleh-oleh. Perlu diingat, meski shopping di tempat wisata berbeda dengan di mall atau tempat lain, jangan sampai keuangan anda menjadi berantakan karena berbelanja secara berlebihan. Agar pengeluaran tidak membengkak, sebisa mungkin hindari membelanjakan uang anda melebihi batas yang telah ditentukan sebelumnya.

Waktu Merupakan Hal Penting

Tawaran menit terakhir cenderung tidak ada selama liburan sekolah, dan yang terjadi biasanya ke tempat-tempat yang tidak diinginkan. Jika anak-anak anda masih bersekolah, anda dapat mengetahui tanggal semester mereka jauh sebelumnya dari informasi sekolah.

Gunakan informasi ini untuk memesan berbulan-bulan ke depan, saat harga masih relatif rendah karena kurangnya permintaan. Jika anak-anak anda belum bersekolah atau anda mendidik mereka di rumah, manfaatkan perjalanan di luar jam liburan seperti tanggal merah, ketika biaya rendah dan kerumunan lebih sedikit.

Siapkan Dana Liburan Melebihi Anggaran

Menabung merupakan hal penting, termasuk tabungan untuk liburan keluarga. Merencanakan liburan ketika telah memegang uang yang cukup atau bahkan lebih, tentu akan menjadi lebih mudah ketimbang belum ada dananya sama sekali. Jadi, apabila anda masih belum memiliki tabungan atau berinvestasi, maka tidak ada kata terlambat untuk segera memulainya.

Persiapkan Rancangan Cadangan

Meskipun anda telah membuat perencanaan dengan matang, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal di luar perkiraan. Agar kejadian tersebut tidak mengganggu liburan anda sekeluarga, mempersiapkan beberapa rencana cadangan tentu merupakan tindakan preventif yang tepat untuk dilakukan.

Persiapkan juga dana cadangan, baik dalam kartu ATM anda atau tunai agar bisa anda gunakan ketika butuh. Selain itu, jika anda memiliki asuransi, membawanya selama berlibur tentu merupakan hal yang amat penting. Saat rencana cadangan untuk mengantisipasi hal buruk telah anda siapkan, kegiatan berlibur pasti menjadi momen yang membahagiakan bersama keluarga.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300