Orang tua dan guru memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak secara, kognitif, afektif, dan psikomotor. Sebagai orang tua, penting untuk anda untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan perkembangan anak anda di sekolah. Jika anda seorang guru, anda juga harus siap untuk menjawab pertanyaan orang tua.

Di bawah ini merupakan lima contoh pertanyaan yang paling umum dilontarkan orang tua kepada guru.

Bagaimana Saya Membantu Anak Saya Dengan Teknologi Ketika Saya Tidak Tahu Apa-apa Tentang Itu?

Saat ini, dengan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan dalam pendidikan membuat orang tua harus up-to-date dengan teknologi yang anak gunakan dalam proses pembelajarannya di sekolah. Seringkali, anak adalah anggota rumah tangga yang paling paham teknologi.

Jadi, jika anda sebagai orang tua tidak tahu cara membantu anak dengan teknologi, anda bisa berdiskusi dengan guru atau menyarankan pertemuan orang tua dengan sekolah untuk membahas tentang teknologi yang digunakan sekolah.

Orang tua juga bisa belajar saat meantau anak dalam proses belajarnya menggunakan teknologi saat di rumah. Ini membantu anda memiliki ikatan yang uat dengan anak sekaligus membuat anda paham dengan Pendidikan anak saat ini yang berkaitan erat dengan teknologi.

Apa Tujuan Penugasan ini?

Pertanyaan ini sering orang tua sampaikan ketika orang tua berperan dalam membimbing anaknya mengerjakan tugasnya. Sebagai orang tua, tentu saja anda boleh mengajukan pertanyaan seperti ini bagi guru anak anda. Namun, ingatlah untuk tetap menyampaikan pertanyaan ini dengan redaksi yang positif.

Anda bisa bertanya seperti “Saya sedang membantu anak saya mengerjakan tugas ini. Apakah saya bisa tau apa tujuan dari penugasan ini setelah dikerjakan?” Setelah anda mendapatkan jawaban dari guru, mungkin pertanyaan selanjutnya yang dapat anda ajukan adalah “Apa yang dapat saya bantu untuk memfasilitasi pembelajaran anak saya di sekolah?”.

Pertanyaan seperti ini tidak membuat guru anak anda merasa tertekan. Sebaliknya, mereka akan merasa bahwa anda merupakan orang tua yang suportif dan mereka dengan senang hati menjawab pertanyaan anda atau bahkan menghubungi anda untuk membicarakan hal-hal mengenai anak anda di sekolah.

Bagaimana Saya Membantu Anak Saya Berhasil di Sekolah?

Orang tua yang ingin terlibat aktif terhadap perkembangan anak di sekolah tentu saja ingin tahu apa yang dapat mereka lakukan di rumah untuk membantu anak mereka sukses. Anda bisa menanyakan cara guru anak menilai dan apa yang dapat anda lakukan untuk membantu anak anda mencapai kesuksesan dalam pembelajarannya.

Untuk membantu guru anak anda agar lebih terbuka, anda bisa menyampaikan di awal kepada guru anak anda bahwa anda akan menghargai setiap jawaban guru dan akan membantu anak anda memaksimalkan pembelajaran mereka di rumah. Hal ini akan membuat guru anak anda dapat lebih terbuka tentang perkembangan anak anda.

Orang tua juga perlu mengingat bahwa tidak ada anak yang sempurna atau gagal. Semua anak memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam mempelajari sesuatu. Oleh sebab itu, penting bagi anda sebagai orang tua untuk tetap menjadi pendukung anak anda di setiap situasi.

Mengapa Anda Memberi Begitu Banyak / Sedikit Pekerjaan Rumah?

Orang tua akan memiliki beragam pendapat yang kuat tentang volume pekerjaan rumah. Ada yang akan mengatakan itu terlalu banyak atau justru sebaliknya. Sebelum menanyakan hal ini, pastikan anda sudah mempertimbangkan banyak hal, seperti melihat bagaimana respon anak anda dan teman-temannya dengan jumlah PR yang ada, melihat tingkat kesulitannya, dan melihat kemampuan anak anda.

Ketika kita menanyakan hal ini kepada guru, mereka akan menjelaskan opini mereka tentang banyak/sedikitnya tugas yang mereka berikan. Oleh sebab itu, pastikan anda memiliki hati untuk mendengarkan opini guru sesuai dengan penjelasannya. Anda bisa memberikan saran kepada guru anak anda sesuai dengan kebutuhan anak anda.

Tetap ingat bahwa guru yang pada akhirnya akan memutuskan apa yang terbaik anak anda di sekolah. Mereka adalah orang yang telah dipercayakan sekolah untuk mendidik anak anda dan dukungan anda sebagai orang tua anak akan membuat mereka mengerjakan tugas mereka dengan lebih bertanggung jawab.

Bagaimana anda menanggapi ketika anak saya bergumul di kelas dan bagaimana saya dapat membantu di rumah?

Pertanyaan ini sebenarnya tidak terlalu sering ditanyakan oleh orang tua karena takut menekan guru. Dari pandangan penulis melihat dari perspektif guru, pertanyaan ini bisa tersampaikan dengan baik. Namun, dengan penyampaian yang positif, tentu saja guru akan memberikan jawaban mereka terhadap pertanyaan ini.

Pastikan ketika anda menanyakan hal ini kepada guru anak anda, anda menggunakan Bahasa yang sopan dan positif, sehingga guru anak anda bersikap terbuka terhadap hal-hal yang sudah dia lakukan bagi anak anda. Pertanyaan ini dapat anda dan guru anak anda jadikan bahan diskusi untuk membantu anak anda belajar lebih efektif baik dari rumah maupun dari sekolah.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bagaimana perkelahian orang tua dapat mempengaruhi perkembangan sang anak? Artikel ini memuat 4 contoh dampak negatif yang muncul dari perkelahian orang tua bagi anak sehingga anda bisa melihat dampaknya dan menghindari untuk melakukannya di depan anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300