Setiap anak dilahirkan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada anak yang menikmati waktu bersama orang lain dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Tipe anak seperti ini biasanya akan memulai percakapan bahkan pada teman barunya dan mudah bergaul dalam orang sekitarnya.

Namun, ada juga anak yang lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Dia menikmati waktu seorang diri untuk bermain atau mengerjakan kegiatan lain sendiri. Yang sering menjadi kekhawatiran orang tua adalah saat anak memiliki karakteristik yang kedua.

Anda bertanya-tanya mengapa anak anda lebih suka menyendiri. Ini pun menjadi kekhawatiran bagi anda yang menginginkan anak anda mampu bersosialisasi dengan sesama untuk masa depannya.

Ada setidaknya 3 alasan yang menjadi penyebab anak lebih suka bermain sendirian.

Tanda Sang Anak adalah Seorang Introvert

Salah satu penyebab dari anak yang suka bermain sendiri adalah kepribadiannya yang merupakan seorang introvert, yaitu seseorang yang menikmati waktunya sendirian. Hal ini bukan berarti anak anda merupakan anti sosial.

Anak yang memiliki kepribadian introvert lebih selektif dalam menerima sosialnya, terlebih jika menurutnya komunikasinya terkesan berlebihan dalam satu waktu. Dia membutuhkan waktunya sendirian untuk menikmati aktivitasnya dan mengembalikan tenaga atau suasana hatinya.

Terbiasa Bermain Sendiri

Biasanya hal ini dapat terjadi jika anak anda di rumah sudah terbiasa bermain sendirian. Apalagi jika anak anda belum memiliki saudara atau teman dekat, ini dapat menjadi salah satu penyebab sulitnya anak anda menghabiskan waktu bersama orang lain.

Dia hanya membutuhkan waktu lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan yang lebih terbuka untuk bersosialiasi dengan teman sekitarnya.

Ketakutan

Ada anak yang memiliki ketakutan untuk ditinggal sendirian. Hal ini dikarenakan mereka punya pemikiran bahwa situasi sendiri memberikan ancaman bagi diri mereka. Hal ini jua dirasakan oleh anak yang suka menyendiri.

Bagi mereka, situasi sendiri memberikan rasa aman bagi anak ini. Karena kenyamanan diri adalah perilaku yang dipelajari, anak yang terbiasa menyendiri sudah mengembangkan strategi untuk mengatasi ketakutan atau kekhawatiran kecil (seperti menunggu dan bersantai) yang membuat mereka merasa aman saat bermain sendiri.

Karena perilaku anak bisa diajarkan, sebagai orang tua anda tidak perlu khawatir jika memiliki anak yang suka menyendiri. Ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membantu anak anda. Hal-hal ini akan mengajarkan anda untuk membantu anak dapat meningkatkan keterampilan sosialnya, seperti:

  • Mengajarkan anak menunjukkan emosi. Anda dapat mengajarkan mereka tentang emosi dengan menonton film yang mengajarkan anak tentang emosi seperti film inside out (film ini lebih disarankan untuk usia diatas 5 tahun agar lebih paham).

Pilihlah film yang sesuai dengan anak anda sehingga pengemasan penyampaian emosi dapat diterima dengan jelas oleh anak. Anda juga bisa membuat kartu emosi bersama anak dan menggunakan kartu itu untuk membantu anak menjelaskan perasaan mereka pada situasi tertentu.

  • Biarkan anak anda bersosialisasi dan berteman dengan teman sebayanya yang berada disekitarnya. Dengan membiasakan anak bermain dengan teman sebaya, ini membantu anak anda mengembangkan keterampilan sosialnya.
  • Bermain dengan anak yang menekankan pentingnya kerjasama dengan orang lain. Ambil waktu untuk bermain dengan anak anda dengan permainan yang membutuhkan kerjasama kelompok. Contohnya, memindahkan bola dari satu tempat ke temat yang lain menggunakan piring datar bersama-sama.

Ini akan mengajarkan anak untuk berpikir bersama kelompok dan mendorong mereka bekerja sama dengan orang sekitanya. Anda dapat memberikan pujian kepada secara verbal ketika mereka menunjukkan peningkatan dalam hal bersosialisasi dengan sesama, seperti bergiliran atau atau berdiskusi.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Setiap anak itu berbeda dan unik. Mereka berkembang secara berbeda sehingga membutuhkan jenis dukungan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan diri masing-masing. Pelajari artikel ini lebih lanjut untuk memahami perbedaan setiap anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300