Menjadi orang tua, bagi banyak orang, merupakan pekerjaan yang paling menantang dan penting yang pernah dialami. Anda yang akan dan sudah menjadi orang tua pasti setuju dengan pernyataan ini. Anak pertama kali akan belajar melakukan segala tindakan mereka dengan cara meniru tingkah laku orang tua. Peranan orang tua yang akan memperlengkapi anak sebelum mereka nanti akan memasuki tahapan pembelajaran di lingkungan yang lebih luas, di sekolah.

Itulah alasan betapa pentingnya peranan orang tua dalam tumbuh kembang anak. Untuk memastikan orang tua dapat menjadi contoh yang baik, orang tua butuh memperlengkapi diri. Salah satunya adalah dengan memperbanyak informasi tentang parenting education.

Parenting education adalah program untuk orang tua dalam meningkatkan kemampuan  praktik dan keterampilan orang tua untuk mengasuh anaknya. Dengan mempelajari parenting education, tentunya orang tua akan menambah dalam hal mengasuh anak  dilihat dari karakteristik, perkembangan, dan usia mereka. Ada 3 tujuan yang dapat orang tua capai dalam parenting education, yakni:

  1. Menyadarkan Orang Tua tentang Pentingnya Pola Mengasuh Anak

Orang tua harus memiliki kesadaran bahwa mengasuh anak merupakan sesuatu hal yang krusial dalam perkembangan mereka. Orang tua harus membekali diri dengan berbagai pengetahuan. Karena pola pengasuhan anak sejak kecil akan mempengaruhi karakter yang akan dibawa anak seiring dia tumbuh dan berkembang. Jika anda belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengasuh anak, mencari pakar parenting merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Karena dalam mengasuh anak tidak hanya berdasar  pengalaman orang lain seperti orang tua, mertua, saudara, ataupun  tetangga. Karena pada dasarnya karakter anak itu berbeda-beda jadi dalam  hal pengasuhan juga harus berbeda.

  1. Meningkatkan Kompetensi Orang Tua untuk Mengasuh Anak

Ketika anda sebagai orang tua sadar akan pentingnya mempelajari pola mengasuh anak, anda akan memperlengkapi diri dengan berbagai pengetahuan mengasuh anak yang benar, sesuai dengan karakter, perkembangan dan usia anak anda.  Saat hal ini terjadi, kompetensi anda sebagai orang tua semakin terlengkapi sehingga semakin percaya diri dalam membimbing anak. Hal ini akan menghasilkan perubahan-perubahan yang positif bagi bagi anda dalam hal pengasuhan anak, penguasaan diri, serta kepercayaan diri sebagai orang tua.

  1. Mempersiapkan Anak ke Lingkungan Sekolah

Tujuan  terakhir dari parenting education adalah mempersiapkan anak sebelum masuk ke lingkungan sekolah. Ketika anda sebagai orang tua telah belajar tentang parenting, anda pastinya akan mempersiapkan anak anda untuk masuk ke dunia yang lebih luas, yakni sekolah. Orang tua yang memiliki pengetahuan parenting tentunya akan mengasuh anak untuk menerapkan nilai-nilai yang dibutuhkan dalam masyarakat, seperti kerjasama, berbagi, empati, dan nilai-nilai penting lainnya.

Di sekolah sendiri, biasanya akan menawarkan program yang membantu orang tua tentang parenting education, misalnya pengadaan pertemuan orang tua dan guru, melaksanakan acara yang melibatkan kerjasama orang tua dan anak, menerapkan pembelajaran yang membutuhkan bimbingan orang tua di rumah, serta pelaksanaan fieldtrip (wisata belajar).

Oleh sebab itu, parenting education merupakan hal yang penting untuk dipelajari baik anda sebagai orang tua, maupun calon orang tua nantinya.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300