“Coming together is a beginning; Keeping together is progress; Working together is success.” – Henry Ford

Sekolah adalah salah satu tempat terpenting dalam kehidupan seorang anak. Anak yang telah memasuki usia sekolah akan diajarkan di sana untuk mengembangkan berbagai aspek. Meskipun demikian, anda harus memahami bahwa upaya sekolah dan guru saja tidak cukup untuk memastikan perkembangan anak ke arah yang lebih baik.

Peranan orang tua juga sangat penting dalam proses ini. Faktanya, orang tua merupakan agen pendidik utama bagi sang anak. Sekolah merupakan pendidik yang membantu tugas orang tua.

Namun, melihat dari perspektif penulis sebagai guru, nyatanya hanya sebagian kecil saja memahami hal ini. Kebanyakan orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru di sekolah.

Untuk mengubah presepsi ini, anda sebagai orang tua yang bertanggung jawab sebagai pendidik utama perlu melakukan kolaborasi yang efektif bersama pihak sekolah untuk memastikan keberhasilan anak baik di rumah maupun di sekolah.

Oleh sebab itu, menghadiri pertemuan orang tua di sekolah merupakan hal yang  penting bagi anda. Banyak hal yang dapat anda ketahui dan diskusikan saat pertemuan ini.

  1. Mendapatkan Informasi tentang Kemajuan Anak dan Perilaku Keseluruhannya

Menghadiri pertemuan sekolah membantu anda mendapatkan umpan balik dari guru sang anak tentang kinerja anak anda selama di sekolah. Anda akan mengetahui bagaimana anak anda terlibat dalam kegiatan pembelajaran, perilakunya dengan teman dan guru, serta keikutsertaannya dalam kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

  1. Mendapatkan Pengalaman Langsung tentang Suasana Sekolah

Hal lain yang anda dapatkan saat anda menghadiri pertemuan yang dilaksanakan sekolah adalah anda mengetahui lebih banyak tentang sekolah anak dan mendapatkan pengalaman langsung tentang lingkungan sekolahnya secara menyeluruh. Dalam hal ini, termasuk tempat, fasilitas, kinerja guru, dan system yang diberlakukan di sekolah.

Anda juga dapat melihat-lihat ruang kelas anak anda, perpustakaan, kantin, dan semua tempat lain di mana dia menghabiskan waktu di sekolah. Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang keseluruhan perilaku dan sikap para guru, kepala sekolah dan staf pendukung, terhadap kolega mereka dan anak-anak.

  1. Mendiskusikan Bakat dan Pola Perilaku Anak Anda

Anda juga dapat mendiskusikan dan menyoroti keterampilan dan bakat khusus anak anda yang mungkin tidak disadari oleh sekolah dalam hal ini guru. Ketika terjadi diskusi seperti ini, pihak sekolah tentu saja akan berusaha membantu anak anda untuk meningkatkan bakat mereka dan membuka jalan bagi perkembangannya selama sekolah ini menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan bakat anak anda.

Anda juga dapat berdiskusi dengan guru tentang kekuatan dan kelemahan fisik dan psikologis anak anda. Diskusi ini akan membantu guru mengetahui lebih banyak tentang anak anda sehingga ini dapat membantu memperlancar proses pembelajaran bagi anak dan gurunya di sekolah.

  1. Menemui Orang Tua dari Teman Anak Anda

Pertemuan orang tua di sekolah yang anda hadiri juga dapat membantu anda mengenal dengan orang tua dari anak lain. Melakukan interaksi dengan orang tua lain sebelum, selama, dan sesudah pertemuan di sekolah akan sangat bermanfaat bagi anda.

Misalnya, anda dapat mengetahui tentang masalah umum yang mengkhawatirkan semua orang tua, yang dapat anda angkat selama pertemuan sekolah berlangsung. Selain itu, anda juga akan mengetahui bagaimana orang tua yang berbeda menangani pola perilaku anak mereka dan anda dapat belajar dari hal tersebut. Ini juga akan meningkatkan pola asuh anda.

Relasi yang baik dengan orang tua anak lain juga memudahkan anda melihat relasi anak anda dengan teman-temannya dan bisa langsung mendiskusikannya Bersama orang tua teman anak anda. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi anda dan orang tua lainnya.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300