Makanan merupakan kebutuhan setiap manusia. Selain untuk mengenyangkan perut, makanan yang kita konsumsi juga merupakan upaya yang kita lakukan untuk tubuh kita untuk kembali memenuhi kebutuhan perkembangan.

Selain itu, makanan juga memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas sehari-hari dan meningkatkan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang tua untuk mengajarkan kebiasaan makan sehat pada anak sejak dini.

Untuk mengajarkan kebiasaan tersebut, ada 4 hal yang bisa menjadi strategi anda para orang tua untuk mengajarkan pola makan yang benar dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Makanan Sehat: Kebiasaan bukan Aturan dalam Keluarga

Anda sekeluarga harus memastikan bahwa mengonsumsi makanan yang bernutrisi telah menjadi kebiasaan dalam keluarga anda. Jadikan konsumsi makanan sehat sebagai rutinitas setiap harinya. Anda dapat melibatkan seluruh anggota keluarga dalam memilih beberapa opsi yang bergizi dan lezat.

Anda dapat membuat mendaftar nama-nama makanan yang bergizi dan sehat. Selanjutnya, anda dapat membawa anak-anak ke toko bahan makanan. Anak yang lebih kecil dapat anda berikan pilihan untuk memilih buah dan sayuran segar. Anak yang lebih besar bisa anda berikan daftar makanan yang telah anda buat dan biarkan mereka yang memilih beberapa dari daftar tersebut.

Menunjukkan Cara Makan yang Benar dan Tepat

Anda harus memberikan contoh kepada anak cara mengonsumsi makanan dengan tepat, yaitu setengah piring diisi dengan buah dan sayuran yang memiliki nutrisi. Jelaskan kepada anak bahwa ukuran ini akan membantu pertumbuhan tubuh mereka.

Setengah piring lainnya bisa diisi dengan biji-bijian dan protein tanpa lemak yang memberi mereka energi untuk belajar, beraktivitas, dan bermain. Saat anda sedang memasak atau berbelanja bersama anak, anda bisa secara langsung menunjukkan kepada mereka contoh yang berbeda dari kelompok makanan ini.

Mengajari Anak Membaca Kandungan Makanan di Label Makanan/Minuman

Ajarkan anak and acara membaca label makanan sehingga mereka memiliki keterampilan untuk membuat pilihan yang sehat di toko bahan makanan dan di rumah. Sebelum anda mengajarkan hal ini pada anak, terlebih dahulu pastikan anda sudah memahami beragam jenis kandungan makanan yang sehat dan yang perlu diminimasilir kuantitas mengonsumsinya.

Hindari Melarang Anak Memakan Makanan Tertentu

Ada saat dimana anda sebagai orang tua merasa bahwa anda perlu melarang anak anda untuk mengonsumsi suatu makanan, misalnya chips. Jadilah orang tua yang mengedukasi, bukan melarang. Ketika anda telah menerapkan kebiasaan makan yang sehat dan menjelaskan kandungan makanan yang diperlukan pada tubuh, anak anda pasti telah menyerap informasi tersebut.

Namun, akan ada momen dimana sesekali anak anda akan sangat menginginkan makanan yang kita tahu “kurang sehat”. Disaat seperti itu, anda boleh tetap memberikan mereka makanan yang mereka izinkan selama itu tidak sering dan tidak berlebihan.

Larangan hanya membuat anak semakin ingin mengonsumsi makanan tersebut. Jadi, anda perlu menghindari memberikan label ‘baik’ atau ‘buruk’ pada makanan. Memberikan penjelasan mengenai kandungan makanan akan lebih bermanfaat. Selain itu, mengonsumsi makanan yang anak anda benar-benar inginkan sesekali tidak akan menjadi masalah.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300