“Setting goals is the first step in turning the invisible into the visible.” – Tony Robbins

Menetapkan dan mencapai tujuan adalah keterampilan penting yang dibutuhkan seseorang untuk berhasil dalam hidup. Memiliki target khusus tentang apa yang ingin kita dapatkah memberikan kita harapan dan arah dalam kehidupan yang dapat dengan mudah berubah dari satu hari ke hari berikutnya.

Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk mengajarkan anak untuk memiliki tujuan dalam kehidupannya. Kita dapat membantu mengajari anak kita belajar menetapkan dan mencapai tujuan.

Dalam mengajarkan anak untuk memiliki tujuan dalam hidup, kita sudah bisa memulaikan pengajaran ini sejak saat mereka masih kecil. Ini akan menjadikan sang anak memiliki pribadi yang memiliki kebiasaan baik dan bermanfaatdi sepanjang hidupnya. Anak yang dapat dan terbiasa menentukan tujuan cenderung memiliki performa yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak menentukan tujuan dalam hidup mereka.

Di bawah ini, ada 3 langkah yang dapat anda lakukan untuk membantu anak anda menetapkan tujuan yang efektif dan termotivasi dalam proses mencapai tujuan itu.

Biarkan Anak Menentukan “Tujuan Besar Hidupnya”

Jika anak anda memiliki keinginan yang besar untuk mencapai tujuannya, kemungkinan besar dia akan termotivasi sehingga pada akhirnya akan sukses. Oleh sebab itu, daripada mendorong anak anda untuk menetapkan tujuan yang anda ingin dia capai, bantulah dia mempertimbangkan apa yang sebenarnya ingin dia capai.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti:

  1. Apa yang ingin kamu capai saat ini?
  2. Tantangan apa yang akan sangat bangga kamu atasi?
  3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu tahu kamu tidak bisa gagal?

Selain itu, bantu anak anda untuk berfokus memikirkan satu tujuan utama yang ingin dia capai misalnya di tahun ini. Ajarkan anak untuk membuat tujuan yang spesifik, terukur, dan dapat dilacak. Tujuan spesifik dan teratur akan memudahkan anak mengenali kemajuannya menuju ke tujuan utamanya. Contoh tujuan terukur yang jauh lebih efektif adalah:

  1. “Aku akan membuat jurnal harian tahun ini tentang perkembangan belajar dan memeriksanya setiap minggu.”
  2. Aku akan mendapat skor 10 poin lebih tinggi dalam matematika tahun ini disbanding tahun sebelumnya.

Membuat Rencana untuk Mencapai Tujuan

Setelah anak anda menetapkan tujuannya yang spesifik dan terukur, anda sebagai orang tua dapat membantu mereka membuat rencana. Bantu anak membuat daftar langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah dibuat.

Misalnya, jika tujuannya adalah meningkatkan nilai matematika menjadi 10 poin lebih tinggi dari tahun sebelum, langkah-langkah dari rencana tersebut dapat mencakup:

  • Mendengarkan penjelasan guru di sekolah tentang materi matematika dengan baik.
  • Bertanya kepada guru, teman, atau anggota keluarga yang dapat membantu jika mendapatkan kesulitan.
  • Mengulangi materi matematika yang sudah dipelajari dari sekolah setiap hari sekitar 45 menit.
  • Belajar dari kesalahan yang dibuat saa mengerjakan soal matematika.
  • Jika membutuhkan bantuan lebih, mengikuti les matematika (setelah berdiskusi dengan orang tua).
  • Menyiapkan diri menghadapi tes minimal 3 hari sebelum ujian, agar semua materi dapat dipelajari secara menyeluruh.

Rayakan Kemajuan dan Keberhasilan

Bantu anak anda melihat kemajuan mereka. Secara berkala, lihat tujuan anak bersama dengannya dan tandai setiap langkah yang telah mereka capai. Jika tujuannya dapat terlihat dalam waktu yang cukup lama, lihatlah konsistensi sang anak dalam mengerjakan setiap Langkah yang perlu dia lakukan untuk mencapai tujuannya.

Anda dapat merayakan kesuksesan anak ketika mereka melewati langkah-langkah menuju tujuan mereka. Namun, ingat bahwa setiap tujuan pasti akan memiliki tantangan. Oleh sebab itu, bersiaplah untuk rintangan yang anak anda akan hadapi. Tetap hargai usaha anak anda seiring mereka melakukan tahapan-tahapan menuju tujuan.

Berikan beberapa saran ketika anak anda mengalami kemunduran atau frustrasi selama prosesnya. Selain itu,  memberi pujian di sepanjang jalan untuk membantu anak anda menjaga momentum dan memahami bahwa kemajuan sama pentingnya dengan tujuan akhir. Setelah tujuan akhir mereka tercapai, anda dapat merayakan pencapaian mereka sebagai hasil kerja keras mereka telah mencapai tujuan.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Setiap anak itu berbeda dan unik. Mereka berkembang secara berbeda sehingga membutuhkan jenis dukungan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan diri masing-masing. Pelajari artikel ini lebih lanjut untuk memahami perbedaan setiap anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300