Teknologi telah menjadi bagian besar dari hidup kita saat ini. Teknologi berkembang dengan sangat cepat sehingga menjadi salah satu kebutuhan kita. Mengajari anak anda tentang dasar penggunaan teknologi yakni HP, komputer atau laptop bisa menjadi sebuah tantangan.

Ada nilai yang perlu anda ajarkan saat anak belajar mengenai teknologi. Mereka belajar teknologi untuk mengetahui cara menggunakannya sesuai dengan kebutuhan saat ini yang semakin canggih contohnya untuk sekolah atau beberapa aktivitas penting lainnya seperti mencari informasi, les online, mengasah keterampilan, dll.

Jadi, kapan sebaiknya anda memperkenalkan anak anda terhadap teknologi? Dan apa saja keterampilan komputer dasar yang penting untuk anak-anak?

Sebenarnya, untuk pertanyaan pertama, setiap keluarga akan memiliki jawaban yang berbeda. Hal ini dapat berdasarkan gaya hidup dan hubungannya dengan teknologi.

Beberapa anak mungkin sudah terbiasa dengan teknologi karena mereka sering melihat orang tua mereka menggunakannya dan teknologi ada di sekitar rumahnya. Ada anak yang memang tidak akan berinteraksi dengan teknologi sampai sampai batas umur waktu tertentu sesuai dengan keinginan orang tua.

Anda sendiri yang dapat memutuskan hal ini, kapan anda perlu memperkenalkan anak terhadap teknologi. Tetapi, ada beberapa pedoman yang perlu anda memperkenalkan saat menggunakan teknologi kepada anak-anak, yakni ketika:

  • Mereka cukup dewasa untuk setidaknya memahami apa itu teknologi. Oleh sebab itu, penulis sendiri sebagai guru menyarankan minimal umur untuk memperkenalkan teknologi adalah 3 tahun, sehingga paling tidak mereka sudah sedikit paham apa itu teknologi.
  • Mereka juga sudah cukup umur untuk mulai menggunakan teknologi di sekolah.
  • Anda sebagai orang tua hadir untuk membimbing dan mengawasi mereka untuk menggunakan teknologi, terlebih di usia dini mereka.

Di umur berapa pun anda dan pasangan anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan teknologi, lakukanlah hal ini dengan pengawasan anda. Ada beberapa hal dasar yang perlu anda lakukan dalam memperkenalkan anak dengan teknologi.

  • Mulai dengan komputer atau laptop

Cara terbaik untuk memperkenalkan anak anda terhadap teknologi adalah dengan memperkenalkan anak melalui laptop atau komputer, bukan menggunakan HP,tablet, atau gawai lainnya. Mengapa? Ini membantu anda membatasi akses anak dan memungkinkan anda hanya mengajarkan mereka dasar-dasar, seperti cara menghidupkan dan mematikan komputer, dan cara membuka dan menutup aplikasi atau data di dalamnya.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menunjukkan kepada anak anda video atau situs web tentang sejarah komputer untuk anak-anak, sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu komputer dan bagaimana mereka berkembang selama bertahun-tahun.

Pada tahap ini, anda juga dapat mengajarkan anak cara menjaga komputer, seperti mencuci (dan mengeringkan secara menyeluruh) tangan mereka sebelum menggunakan komputer, menggunakan tangan yang lembut dan menjauhkan makanan dan minuman dari komputer. Ini akan memberi anak anda dasar yang kokoh dalam hal belajar komputer, cara menggunakannya, dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan perangkat ini.

  • Belajar Mengetik

Keterampilan mengetik akan penting ketika anak belajar di sekolah dan untuk pekerjaannya di masa depan. Anak mempelajari keterampilan lebih cepat daripada orang dewasa, jadi semakin cepat anak belajar mengetik, semakin baik. Anda dapat mengajarkan teknik mengetik yang benar sejak awal sehingga anak anda tidak perlu menggunakan metode berburu-dan-mematuk.

Anda dapat mengajari anak cara mengetik sendiri, atau mereka dapat belajar mengetik menggunakan program khusus seperti Typing Club, melalui game seperti Jungle Junior, atau program perangkat lunak lainnya seperti Typing Instructor for Kids 5.0.

  • Menjelajahi Dunia Internet

Sebelum anda menyadarinya, anak anda akan sangat membutuhkan internet untuk keperluan pembelajarannya baik di sekolah maupun untuk masa depannya. Mengajari anak sejak dini bahwa internet adalah alat sumber daya untuk belajar dan mendapatkan informasi merupakan suatu keharusan.

Ajarkan anak cara mencari informasi menggunakan internet dengan mengetik kata kunci ke dalam berbagai mesin pencari seperti google chrome, Microsoft edge, safari, dll.  Hal penting lainnya adalah mengajarkan anak menggunakan sumber informasi yang sah dan dapat diandalkan. Bicarakan tentang perbedaan antara .com, .edu, .org, dan .gov. Bagaimana sumber di internet dapat menjadi informasi penting atau sekedar hoax.

Teknologi sangatlah luas dan menyediakan banyak hal positif maupun negatif bagi anak dari segala usia. Jadi, bagaimana anda menjaga anak-anak anda tetap aman saat online?

  • Langkah pertama untuk keamanan internet dasar adalah melihat kontrol orang tua penyedia layanan internet Anda. Ini akan membantu Anda memblokir situs web dan bahasa yang paling tidak pantas.
  • Anda juga perlu berperan aktif dalam menjaga keamanan anak anda dengan mengajari mereka perilaku online yang bertanggung jawab dan dengan memantau aktivitas online
  • Jika mereka sudah cukup umur, ajarkan dan jelaskan tentang spam ataupun hal-hal yang dirancang untuk menangkap informasi pribadi. Mereka perlu mempelajari cara menghindarinya saat mereka mulai lebih sering menggunakan teknologi dan tidak sembarangan mengisi informasi pribadi diri.

Pengajaran keamanan internet menjadi lebih rumit dengan remaja, yang sering kali memiliki perangkat sendiri dan menginginkan lebih banyak privasi. Dengan anak-anak ini, semoga anda telah meletakkan dasar yang kokoh untuk keselamatan, tetapi tetap perhatikan tanda-tanda masalah.

Jika anak remaja anda menghabiskan waktu semalaman untuk online, menerima pesan dari orang asing atau hadiah yang tidak diminta, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa pesan mereka, riwayat pencarian mereka dan membatasi akses online mereka. Terdengar tegas tapi ini merupakan jalan terbaik sebelum anak anda pergi ke jalan yang salah. Pastikan saat menerapkan hal ini anda juga menjelaskan hal ini dengan hati-hati dan penuh kasih, agar anak anda akan berusaha menerima hal ini.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bingung memilih tempat investasi untuk anak? Melalui artikel ini, anda dapat melihat dan membandingkan 4 alternatif investasi yang dapat anda pilih sebagai investasi pendidikan anak dengan menyesuaikannya pada kondisi keuangan anda sebagai orang tua.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300