Tidur di malam hari sangat penting, tentu saja, tetapi tidur siang juga merupakan bagian penting dari proses pertumbuhan sang anak. Tidur siang memegang peran penting dalam memastikan bahwa anak-anak mendapatkan waktu istirahat yang mereka butuhkan setiap harinya.

Tidur siang juga bekerja dengan baik dalam aspek kesehatan fisik dan suasana hati anak-anak. Setelah beraktivitas di pagi hari, anak-anak akan mengisi Kembali tenaganya di siang hari sehingga tubuh mereka Kembali fit.

Disini anda akan mendapatkan pengetahuan dasar tidur siang agar anak-anak memiliki istirahat yang cukup dan selalu siap menjalani hari-harinya.

Mengapa Tidur Siang itu Penting?

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, tidur siang memberikan waktu bagi  tubuh dan pikiran anak untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaga mereka di hari itu. Selain itu, jika anak-anak merasa terlalu lelah, mereka akan kesulitan untuk tidur di malam hari.

Ada manfaat lain juga dari tidur siang, yakni:

Tidur siang membantu anak-anak belajar. Tidur siang membantu anak bermain lebih baik dalam perkembangan memori. Otak akan memproses apa yang terjadi pada siang hari dan belajar dari kejadian itu dengan membuat koneksi saraf baru.

Selama tidur, ingatan sang anak akan terhubung dengan ingatan yang sudah ada, sehingga mengembangkan perkembangan memori. Mereka yang membiasakan tidur siang setiap hari akan cenderung memiliki memori yang lebih panjang.

Tidur siang membantu anak-anak tetap fit. Anak-anak yang kurang tidur atau yang tidak memiliki jam tidur yang konsisten cenderung tidak memiliki banyak energi untuk aktif  bergerak. Padahal bergerak aktif merupakan bagian penting lainnya bagi sang anak untuk memiliki badan yang sehat.

Tidur siang menciptakan suasana hati yang baik. Anda sebagai orang tua pasti tahu betapa rewelnya anak and ajika mereka melewati waktu tidur siang. Sains juga mendukung hal ini: Satu studi menemukan bahwa anak usia 2 tahun yang melewatkan tidur siang akan menjadi kurang gembira, lebih cemas, dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang dia alami.

Berapa Banyak Waktu yang Anak Butuhkan untuk Tidur Siang?

Tentu saja ini menjadi pertanyaan anda sebagai orang tua selanjutnya ketika tahu bahwa tidur siang itu penting bagi sang anak.

Bayi: Beberapa bulan setelah lahir, sebelum mencapai ulang tahun pertama, biasanya bayi membutuhkan dua hingga empat kali tidur siang sehari. Mereka akan beristirahat selama 30 menit hingga 2 jam secara berurutan.

Balita: Di usia rentang waktu antara 1-2 tahun, anak-anak harus tidur 12 hingga 14 jam sehari, termasuk tidur siang. Sebagian besar balita akan memiliki satu kali tidur siang yang berdurasi paling lama 3 jam.

Anak-anak prasekolah: Setelah usia 2 tahun, tidur siang bukanlah suatu hal yang menjadi keharusan lagi. Tetapi cobalah untuk membangun kebiasaan yang baik ini dengan waktu yang singkat, sekitar 30 menit. Pastikan mereka juga bangun pada sore hari. Dengan begitu, tidur siang tidak akan mengganggu waktu tidur malam mereka.

Di umur ini, ketika akhirnya tidur siang membuat mereka tidak dapat tidur di malam hari, anda bisa mempersingkat waktu tidur siangnya atau bahkan menghilangkan jam tidur siang. Tapi pastikan untuk mengimbanginya dengan mendorong waktu tidur lebih awal.

Semuanya kembali lagi kepada kebutuhan tubuh anak anda masing-masing. Pastikan kebutuhan anak-anak kita untuk tidur terpenuhi, terlepas dari agenda dan jadwal sibuk anda sebagai orang tua. Karena tidur sangat bermanfaat dalam proses tumbuh kembang anak anda.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300