Perencanaan dalam hal kerja dan anggaran merupakan hal penting yang perlu dilakukan setiap keluarga atau calon keluarga. Dalam merencanakan kerja dan anggaran dalam suatu keluarga, anda dan pasangan bisa bersama-sama melihat keadaan keluarga kalian dan memikirkan perencanaan yang paling tepat sesuai dengan kondisi anda saat ini.

Di tengah pandemi yang ada, kita melihat bahwa banyak orang yang tidak memiliki rencana hancur. Mengapa? Banyak orang hanya berusaha untuk melewati hari tanpa perencanaan karena tidak memperkirakan bahwa di masa depan aka nada sesuatu yang mungkin tidak terduga.

Akibatnya, banyak orang PHK. Kehilangan pekerjaan ini membuat banyak orang depresi atau bahkan hanya diam tanpa berbuat apapun karena sebelumnya tidak memiliki rencana di dalam kehidupannya.

Keluarga adalah komunitas terpenting dalam masyarakat. Cara kerja keluarga sama seperti perusahaan, merasakan laba rugi dan neraca, dan sama-sama dijalankan dengan kerjasama antar suami-istri.

Disinilah peran anda sebagai istri dan suami untuk bersama-sama mengetahui keadaan keluarga anda dan menyusun rencana. Rencana inilah yang membantu keluarga untuk memiliki satu suara yang sama melewati masa depan.

Berikut ini merupakan 5 langkah yang harus diperhatikan dalam membuat rencana kerja dan anggaran keluarga.:

  • Ketahuilah penghasilan dan pengeluaran anda bersama pasangan setiap bulannya dengan melihat penghasilan dan pengeluaran di bulan-bulan yang sudah terlewati. Dari sini, anda bisa melihat apakah keadaan keuangan anda sehat atau kurang sehat.
  • Mencari waktu yang tepat untuk mendiskusikan keadaan keuangan bersama pasangan tanpa gangguan. Anda bisa mulai mendiskusikan keadaan keuangan anda dengan membuka anggaran di tahun sebelumnya.

Cari tahu apa yang menjadi permasalahan di tahun sebelumnya dan memikirkan apa yang harus dilakukan jika permasalahan itu muncul kembali. Juga, lakukan diskusi mengenai bentuk pencegahan yang dapat anda dan pasangan lakukan untuk menghindari krisis keuangan.

  • Membuat target untuk kedepannya dengan menetapkan budget kebutuhan keluarga. Setiap keluarga tentunya punya jenis penghasilan dan pengeluaran yang berbeda. Yang perlu kita ketahui adalah setiap tahunnya, anggaran kebutuhan akan selalu meningkat bukan menurun.

Oleh sebab itu, anda dan pasangan harus memikirkan solusi untuk memastikan bahwa penghasilan anda mampu menutupi pengeluaran dan bahkan menyediakan tabungan keluarga.

Jika anda tidak bisa menurunkan biaya pengeluaran setiap bulannya, anda bisa mencari cara untuk mendapatkan penghasilan dari tempat lain dengan pekerjaan sampingan yang mungkin untuk anda dan pasangan kerjakan.

  • Berusaha konsisten untuk penetapan target keuangan setiap bulannya. Jika kita sudah menetapkan target yang ada, gunakan target itu. Anda harus mengikuti target yang telah dibuat sebagai kesepakatan bersama.

Fleksibilitas tidak dibutuhkan dalam mengatur rencana keluarga kecuali anda sudah sangat stabil dalam keadaan keungan keluarga anda.

  • Mengecek keadaan keuangan anda setiap bulannya. Hal ini untuk memastikan bahwa anda mengikuti perencanaan yang sudah anda tetapkan.

Perencanaan keuangan membantu keluarga memiliki pemahaman dan pandangan yang sama untuk mimpi di masa depan. Perencanaan membantu anda mengerti tujuan kehidupan dan pada akhirnya membantu anda mendekati dan mencapai tujuan hidup anda Bersama keluarga.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Atur rencana keuangan untuk keluarga anda dengan melakukan beberapa cara pada artikel ini untuk mendekatkan anda kepada mimpi keluarga anda untuk lebih harmonis dan sejahtera.
Bingung memilih tempat investasi untuk anak? Melalui artikel ini, anda dapat melihat dan membandingkan 4 alternatif investasi yang dapat anda pilih sebagai investasi pendidikan anak dengan menyesuaikannya pada kondisi keuangan anda sebagai orang tua.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300