Sebagai masyarakat, kita berada pada keberagaman, diskriminasi, dan tingkatan sosial. Di Indonesia, kita melihat banyak tingkatan social, dimulai dari keluarga dan orang-orang yang sangat sukses, kemudian menengah, hingga tidak jarang juga kita temukan orang-orang yang kesusahan dalam kehidupan sehari-harinya. Perbedaan tersebut merupakan bentuk dari tingkatan sosial.

Bagi anda sebagai orang tua, mungkin jarang diputuskan untuk melakukan diskusi atau sekedar memberikan pemahaman topik ini kepada anak, terlebih anak kecil. Pada akhirnya, anak akan belajar dari melihat lingkungannya melalui observasinya selama dia hidup.

Orang tua, mengajarkan anak tentang tingkat sosial itu penting. Ketika kita mengajarkan dan memberikan pemahaman kepada anak kita tentang topik ini, kita dapat mengajarkan keadilan social. Ajarkan anak tentang topik ini melalui literatur yang sesuai dengan usia, berita, pelajaran anti-bias, atau bahkan dengan mengobservasi langsung.

Ada empat cara yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk membawa diskusi tentang keragaman dan tingkat sosial kepada anak anda.

  1. Gunakan literatur anak-anak

Ada banyak sekali buku anak-anak yang dapat dibacakan dengan lantang dan secara mandiri mendekati topik bias, keragaman, dan keadilan sosial. Sediakan buku yang menjelaskan tentang keberagaman setiap orang atau buku yang mengungkapkan bias atau berbagi cerita tentang orang-orang yang menentang ketidakadilan ketika menemukan perbedaan sosial.

Tidak semua buku sempurna. Mungkin ketika anda membacanya, anda menemukan bahwa ada pendapat dari buku yang anda pilih yang tidak ingin anda ajarkan kepada anak anda. Oleh sebab itu, baca terlebih dahulu buku tersebut sebelum anda mendikusikannya dengan anak anda.

  1. Gunakan media berita

Temukan topik dan berita yang memunculkan topik ini. Anda bisa menunjukkan berita dimana banyak kisah relevan yang menyoroti bias dan terutama di mana seseorang melawannya dan keadilan berlaku. Pastikan berita yang anda berikan masih sesuai dengan usia anak anda, tidak terlalu brutal namun penyampaian topiknya tetap jelas dapat tersampaikan.

  1. Ajarkan pelajaran anti-bias

Perkembangan sosial dan emosional anak-anak adalah bagian penting dari kehidupan mereka karena banyak ejekan, panggilan nama, dan penindasan tentang identitas yang secara sadar maupun tidak sadar terjadi di lingkungan anak.

Untuk itu, anda sebagai orang tua dapat membantu anak anda untuk mengajarkan bias. Anda bisa mengajarkan tentang identitas, perbedaan, bias, dan bagaimana bias dan bullying perlu diatasi baik secara individu, kelompok, maupun komunitas besar.

  1. Jelajahi solusi

Ajarkan konsep membantu orang lain. Ini dapat anda ajarkan agar anak paham bahwa ketidakadilan sosial itu terjadi secara nyata. Namun, kita sebagai orang yang sadar akan hal itu dapat membantu mengatasinya dimulai dari hal kecil.

Misalnya, menyediakan makanan bagi para tunawisma. Kita mengajarkan mereka peduli terhadap semua orang sekaligus memperdalam percakapan untuk menyampaikan perspektif keadilan sosial dan lensa yang lebih luas dengan anak-anak. Disini, ciptakan diskusi yang jelas dan menarik bagi anak sehingga mereka tahu pentingnya keadilan social di tenga perbedaan yang ada.

Anda juga bisa mengajarkan anak berpikir kira-kira apa yang bisa menjadi solusi untuk mengurangi tingkat perbedaan sosial ini. Ini bisa menjadi topik yang sangat panjang dan sulit. Namun dengan bantuan anda sebagai orang tua, anak anda dapat memahami topik ini dan menjadi orang yang bertumbuh dan mempengaruhi kehidupan sosial ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

Kita perlu memulai mengajarkan topik ini dengan hati dan pikiran muda anak kita agar memiliki dampak yang panjang di masa depan mereka.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300