Every child is a different kind of flower, and altogether make this world a beautiful garden. – Anonymous

Sebagai orang tua, baik secara sadar maupun tidak sadar, kita pernah membandingkan anak kita dengan anak orang lain. Meskipun ini bisa menjadi sumber kebanggaan besar jika anak anda memawa kebanggaan, ini juga bisa menjadi sumber kekhawatiran bahwa ada sesuatu yang salah dengan anak kita atau bahwa kita melakukan sesuatu yang salah sebagai orang tua.

Setiap anak itu berbeda dan unik. Mereka berkembang secara berbeda, memiliki kepribadian yang berbeda, memiliki kekuatan yang berbeda dan membutuhkan jenis dukungan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan diri masing-masing. Mereka punya cara belajar dan kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Semua Anak Berkembang Dengan Kecepatan Dan Cara Mereka Sendiri

Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Meskipun jalur perkembangan mereka mungkin berbeda, sebagian besar melewati serangkaian pencapaian yang dapat diprediksi di sepanjang jalan.

Belum bisa membaca atau menulis bagi seorang anak tidak dapat menjadi patokan bahwa mereka bodoh, itu hanya karena karena orang tua maupun guru belum menemukan metode yang tepat untuk mengajarinya. Normal bagi anak-anak untuk mengalami percepatan perkembangan dan titik-titik lambat di berbagai area perkembangan mereka dari waktu ke waktu.

Jika anak anda sedikit lebih maju atau sedikit di belakang pada usia tertentu – ini normal. Jika kita sebagai orang tua dan guru memberi pengasuhan dan stimulasi yang tepat, semua anak pada akhirnya akan menyusul.

Semua anak memiliki kekuatan dan kerentanan yang berbeda. Ada yang jago olahraga, ada yang musik. Beberapa sangat akademis dan yang lainnya tidak. Beberapa sangat cemas dan yang lainnya lebih santai. Beberapa anak bisa tidur nyenyak dan yang lainnya bangun sepanjang malam selama bertahun-tahun.

Memiliki Keyakinan Anda Berada Di Jalur Yang Benar

Banyak orang tua yang mendapatkan banyak tekanan untuk memastikan pola pengasuhan mereka benar’. Ada yang semakin tertekan untuk memastikan anak berhasil sesuai dengan yang mereka harapkan di sekolah, komunitas, maupun pekerjaan.

Kebanyakan rang tua merasa bahwa pola pengasuhan mereka perlu perubahan dan selalu gagal. Orang tua sering cenderung kehilangan kepercayaan diri untuk mengetahui bahwa mereka mengasuh dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Banyak orang tua merasa dihakimi oleh orang lain tentang pendekatan pengasuhan yang cenderung berbeda dengan orang lain.

Perasaan dan pengalaman seperti ini dapat membuat orang tua merasa sangat tertekan dan membawa dampak buruk yang sebenarnya bagi pola pengasuhan mereka. Banyak yang merasa bahwa hal ini tidak terjadi pada orang tua lainnya, sehingga merasa tidak percaya apa yang anda sendiri lakukan. Ini semua adalah perasaan dan pengalaman yang umum.

Anda Tidak Sendirian!

Ingatlah! Anda tidak merasakan ini sendirian. Semua orang tua merasakan tantangan menjadi orang tua dengan tantangan yang sama maupun berbeda. Tugas mengasuh anak terus berubah seiring dengan perkembangan kebutuhan dan kemampuan anak-anak kita yang berubah seiring waktu.

Tidak ada cara ‘yang paling cocok dan selalu untuk semua’ untuk menjadi orang tua. Apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil untuk anak lainnya. Apa yang berhasil ketika anak berusia dua tahun mungkin tidak berhasil ketika mereka berusia empat tahun.

Kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas adalah hal utama dalam mengasuh anak. Anda perlu Kembali lagi menyesuaikan pola pengasuhan ini sesuai dengan karakteristik anak dan keluarga anda masing-masing.

Selain itu, anda juga bisa berbagi pengalaman umum dengan lingkungan tetangga atau perteemanan yang positif yang dapat meyakinkan bahwa anda berada ‘di jalur yang benar’ dan meningkatkan kepercayaan diri anda dalam mengasuh. Percayalah bahwa anda mengenal anak anda lebih baik daripada orang lain.

Hal terakhir yang perlu anda ingat adalah tidak membandingkan anak anda dengan anak lainnya. Baik itu di depan anda atau tidak, hindarilah melakukan perbandingan kepada anak anda. Secara psikologis ini akan mempengaruhi perkembangan anak karena mereka melihat bahwa orang tuanya tidak mempercayai dirinya sendiri.

Jikalau orang tua tidak mempercayai anaknya, siapa lagi yang bisa sang anak percaya? Setiap anak mempunyai keterampilan yang unik dan berbeda. Kita tidak dapat memaksakan ikan untuk terbang karena ikan adalah perenang handal. Begitu pula dengan anak. Dengan perbedaan kemampuan yang ada, kita tidak boleh membandingkan hal yang anak kurang sukai dengan hal yang anak lain sukai.

Banyak sekolah yang sudah memahami konsep bahwa setiap anak berbeda tetapi tetap menginginkan setiap anak selalu berhasil dalam bidang akademik. Untuk itu, kita perlu memahami adanya Multiple Intellegences yang ditemukan oleh Gardner. Dimana setiap orang, termasuk anak-anak, memiliki kemampuan yang berbeda dalam perkembangannya.

Hanya karena anak anda tidak seperti yang anda pikirkan, bukan berarti mereka tidak berharga dan tidak berarti bahwa anda telah gagal dalam peran sebagai orang tua. Mari kita mengubah pernyataan ini dengan pernyataan positif seperti “anak saya mungkin tidak akademis tetapi mereka memiliki keterampilan lain”, “semua orang itu unik termasuk anak saya atau “saya adalah orang tua normal yang mengalami pemikiran umum di antara orang tua lainnya”.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300