Kebanyakan orang tua berpikir apakah mereka harus mengajarkan anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Bukankah sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengurus rumah tangga? Dan bukankah anak membutuhkan kesempatan untuk mereka menikmati kehidupan ‘menjadi anak-anak’ karena mereka memiliki sisa hidup untuk mengkhawatirkan pekerjaan rumah?

Selain itu, mungkin kebanyakan anak juga memiliki jadwal yang sibuk. Mereka bergegas dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya dengan sedikit waktu untuk membersihkan rumah atau memotong rumput.

Terlepas dari banyak kekhawatiran diatas, memberi anak pekerjaan rumah tangga dapat menjadi salah satu hal terpenting yang pernah Anda lakukan.

Tidak ada kata terlalu cepat untuk melibatkan anak-anak membantu pekerjaan rumah tangga. Anak dengan usia 2 atau 3 tahun dapat belajar dasar keterampilan yang akan berguna untuk masa depan. Mereka akan belajar bahwa melakukan pekerjaan seperti ini merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan bahwa setiap orang memiliki peran dalam menjalankan rumah tangga.

Ada 6 alasan yang dapat anda pertimbangkan mengapa anak-anak harus membantu pekerjaan rumah tangga:

  1. Pekerjaan rumah membantu mengajarkan keterampilan hidup. Meskipun saat ini mereka masih muda, mereka tidak akan menjadi anak-anak selamanya! Memasak, membersihkan, dan pekerjaan rumah lainnya hanyalah beberapa keterampilan yang dibutuhkan anak di masa depan. Ini juga merupakan hal-hal yang tidak sepenuhnya diajarkan sekolah, sehingga penting bagi anda orang tua untuk mengajarkannya di rumah.
  2. Pekerjaan rumah membantu anak-anak belajar tanggung jawab dan kemandirian. Memberikan tugas rutin bagi anak-anak untuk pekerjaan di rumah membantu mereka belajar bertanggung jawab. Tugas secara pribadi dapat memengaruhi anak anda, seperti membersihkan kamar atau mencuci alat makan sendiri. Ini membantu mereka meningkatkan kemandirian.
  3. Pekerjaan rumah membantu mengajarkan kerjasama tim. Menjadi anggota tim yang produktif dapat menjadi teladan bagi anak melalui pekerjaan rumah. Anggota “tim” dalam keluarga bertanggung jawab satu sama lain, dan ada konsekuensi jika kita tidak memenuhi harapan satu sama lain. Mempelajari pelajaran ini di rumah, di mana kesalahan lebih mudah dimaafkan, dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kerja tim yang kuat untuk digunakan di sekolah atau tempat kerja.
  4. Pekerjaan rumah mengajarkan rasa hormat. Memberikan tugas rumah kepada anak dapat membantu mereka mendapatkan rasa hormat terhadap banyak hal lebih cepat. Anak akan lebih sadar akan kekacauan yang mereka buat jika mereka ditugaskan untuk membersihkan rumah, dan lebih menghargai pekerjaan yang dilakukan untuk memelihara rumah maupun hal lainnya di masa mendatang.
  5. Pekerjaan rumah membantu membangun etos kerja yang kuat. Sifat ini akan menjadi warisan yang kuat bagi anak anda kelak di masa depan. Anak akan mendapatkan penghargaan dari masyarakat ketika memiliki etos kerja yang kuat, seperti dihadapan guru, atasan kerja, dan rekan kerja. Jadi mengapa tidak menanamkan etos kerja pada anak sejak usia muda? Ajarkan mereka melakukan pekerjaan rumah yang rutin sehingga merek terbiasa memiliki etos kerja yang kuat.
  6. Pekerjaan rumah memberi keluarga kesempatan untuk terikat. Banyak orang sering mengeluh bahwa pekerjaan rumah menyita waktu untuk menghabiskan waktu bersama anak atau cucu mereka. Tapi pekerjaan rumah justru dapat menciptakan momen spesial antara anak-anak dan orang dewasa. Anak kecil yang selalu ingin membantu akan merasa penting dan menerima dorongan harga diri ketika mengerjakan pekerjaan rumah tangga bersama keluarga. Selain itu, remaja yang murung mungkin memutuskan untuk terbuka ketika memiliki waktu Bersama dengan keluarga saat sedang mengerjakan pekerjaan rumah.

Pekerjaan Rumah yang Sesuai dengan Anak

Ada beberapa daftar di bawah ini yang dapat menjadi pedoman anda sebagai orang tua tentang kapan kebanyakan anak siap untuk tugas tertentu. Semua anak akan membutuhkan pengajaran dan dukungan pada awalnya. Beberapa anak mungkin siap untuk tugas ini lebih awal atau lebih lambat dari yang ditunjukkan.

2 sampai 5 Tahun

  • Meletakkan pakaian kotor di keranjang tempat pakaian kotor
  • Meletakkan mainan di kotak mainan
  • Mencari dan menemukan pakaiannya sendiri
  • Berpakaian sendiri

5 sampai 9 tahun

  • Mulai membantu mencuci piring
  • Secara mandiri menjaga kebersihan diri
  • Merapikan tempat tidur setelah beraktivitas di tempat tidur
  • Menyediakan makanan sederhana bagi diri sendiri dan anggota keluarga

9 sampai 12 Tahun

  • Bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan rumah secara rutin
  • Memastikan kamar sendiri bersih dan rapih
  • Melipat dan mengatur cucian
  • Membantu membuat makanan untuk keluarga

Sebagai orang tua, kita cenderung jatuh pada satu ekstrim. Mungkin beberapa dari kita memberikan terlalu banyak kebebasan terlalu cepat, atau membatasi pertumbuhan anak kita terlalu lama. Melepaskan kendali terhadap anak secara bertahap akan memberikan anak kemandirian yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan mempersiapkan keterampilan bagi anak anda untuk masa depannya.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Mencari cara mengatur waktu yang baik untuk keluarga dan pekerjaan anda? Artikel ini memberikan langkah-langkah strategis yang dapat anda coba untuk meminimalisir kekacauan yang mungkin datang ketika mencoba menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300