Praise, like sunlight, helps all things to grow.”– Croft M. Pentz

Semua orang tua memiliki cara mendidik anak yang berbeda untuk mengembangkan hal-hal positif bagi sang anak. Akan tetapi, masih banyak orang tua yang belum memahami bahwa pemberian pujian merupakan hal yang penting bagi anak.

Tidak peduli usia anak anda, pujian dan dorongan yang anda berikan akan membantu mereka merasa nyaman dengan diri mereka. Pujian membantu mereka meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Menurut Elizabeth Hartkey-Brewer dalam Raising and Praising Boys (2005), memberikan pujian kepada anak merupakan bagian penting dalam pola pengasuhan anak. Hal ini karena efek pujian orang tua bagi anak membantu mereka mengembangkan diri menjadi individu yang menghargai diri sendiri.

Selain itu, pujian juga mendorong anak bermotivasi tinggi, dan selalu melakukan hal terbaik dalam hidupnya baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya. Namun, beberapa jenis pujian lebih bermanfaat daripada yang lain.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis pujian membuat anak menjadi ragu terhadap kemampuan mereka. Mengatakan hal-hal seperti, “Kamu luar biasa pintar!” atau “Kerja bagus!” memang terlihat bagus, tetapi ada cara yang lebih baik untuk memberdayakan anak-anak melalui pujian.

Oleh sebab itu,untuk memberikan dampak pujian yang baik bagi perkembangan anak anda, pujian ini harus dilakukan dengan cara, tempat, dan waktu yang tepat. Saat memberikan pujian kepada anak, cobalah untuk melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Menyatakan pujian dengan tulus. Anak-anak akan merasakan ketika pujian orang tua bersifat tulus. Ketika pernyataan ujian terdengar tidak tulus, anak dapat mempertanyakan pujian itu di dalam pemikiran mereka mengapa Anda tidak mengatakan yang sebenarnya. Bahkan, untuk anak-anak yang memiliki pemikiran yang lebih berkembang dapat membuat mereka merasa seperti anda sebagai orang tua berpikir bahwa mereka tidak dapat melakukan yang lebih baik.
  • Pujian tersampaikan jelas dan spesifik. Jelaskan pujian yang anda berikan dengan bahasa yang jelas dan sehingga pujian dapat tersampaikan. Hindari penyampaian pujian yang tidak jelas untuk anak seperti “Kamu anak yang sangat baik”. Penyampaian pujian seperti ini bersifat kurang jelas karena anak akan bingung apa yang mereka lakukan sehingga mereka dikatakan anak baik hari ini. Dalam pembelajaran di sekolah misalnya, guru akan menyampaikan pujian dengan jelas. Contohnya seperti “Pendapat yang Adel sampaikan sangatlah baik bahwa kalian adalah calon penggerak Indonesia di masa depan.” Atau seperti “Gambaran kamu bagus sekali Celine. Dari gambaran ini Ibu bisa melihat jelas urutan planet di dalam sistem tata surya kita”.

Pujian seperti ini terlihat jelas dan tersampaikan kepada anaksehingga membantu mereka untuk termotivasi mengerjakan sesuatu dengan baik.

  • Pujian berfokus pada kemajuan. Ketika kita menyampaikan pujian yang berfokus pada pujian, pujian ini akan membantu anak melihat bahwa upaya mereka sedang dalam proses bahkan sudah membuahkan hasil. Itu bisa membuat motivasi mereka tetap terjaga. Misalnya: “Mama/Papa benar-benar melihat kegigihan kamu dalam berlatih bermain sepak bola. Anda lebih baik dalam mengontrol bola dari tahun sebelumnya”.
  • Mendiskusikan bahwa tindakan baik dapat memengaruhi orang lain. Contohnya, anda bisa berkata, “Terima kasih telah membantu Mama menyiapkan piring-piring untuk makan malam kita. Mama sangat menghargai bantuan kamu, Nak“. Ini juga menunjukkan kepada anak-anak bahwa mereka adalah anggota keluarga atau komunitas yang berharga dan dapat membawa dampak.
  • Bantu anak-anak mengekspresikan perasaan. Terkadang anak-anak membutuhkan bantuan untuk mengekspresikan emosi mereka dan menunjukkan pencapaian mereka. Misalnya, ketika anda melihat bahwa anak anda bekerja keras dalam pembelajaran matematika, anda dapat mengatakan: “Kamu pasti sangat bangga karena semua kerja keras dan hasil usaha kamu membuat perbedaan besar dalam pembelajaran matematika”.

Pemberian pujian yang dilakukan dengan cara, tempat, dan waktu yang tepat seperti 5 cara diatas akan membantu mengoptimalkan dampak positif pujian bagi perkembangan anak. Semoga berhasil, dear parents!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Setiap anak itu berbeda dan unik. Mereka berkembang secara berbeda sehingga membutuhkan jenis dukungan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan diri masing-masing. Pelajari artikel ini lebih lanjut untuk memahami perbedaan setiap anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300