Salah satu kemampuan anak kecil yang menjadi tantangan bagi anda orang tua atau calon orang tua adalah memberikan pertanyaan, bahkan pertanyaan yang cukup sulit untuk anda jawab.

Ketika anak memberikan pertanyaan, terkadang anda akan merasa kesulitan untuk menjawab, apalagi jika pertanyaan mereka termasuk pertanyaan yang cukup sensitif karena membutuhkan jawaban yang rumit. Jadi, bagaimana anda dapat menangani pertanyaan tersebut? Apalagi ketika anda merasa anda tidak mampu menjawabnya?

Anda tidak perlu takut. Semua orang tua pasti pernah berada pada situasi ini. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika mendapatkan pertanyaan yang menantang dari anak anda. Mari kita lihat sama-sama di bawah ini:

Alasan Mereka Bertanya

Banyak hal yang dapat memicu pertanyaan menantang dari anak, seperti melihat dari berita, buku cerita, mimpi, informasi dari orang sekitar yang dia dengar, dll. Anda bisa bertanya alas an mengapa mereka bertanya tentang hal ini.

Jikalau anda memiliki jawabannya, pastikan anda menjawab dengan jawaban yang singkat namun jelas bagi anak anda. Tetaplah berikan jawaban yang jujur namun mudah dipahami oleh anak kecil.

Contohnya ketika anak bertanya, “mengapa rokok itu berbahaya?” anda bisa bertanya kenapa mereka menanyakan hal tersebut. Selanjutnya, anda bisa memberikan pemahaman singkat dan jelas tentang kandungan rokok dan efeknya bagi tubuh manusia.

Bertanya Pendapat Anak

Ketika dia bertanya, anda bisa terlebih dahulu menanyakan kepada anak anda “Bagaimana menurut kamu?” sebelum menjawab pertanyaannya agar anda lebih paham dengan baik tentang apa yang sebenarnya ingin anak tanyakan dan apa yang mungkin dia pahami.

Ketika kita paham pertanyaan dan pemikiran anak anda sebelum menjawab pertanyaan mereka, kita bisa melihat pemahaman mereka tentang hal yang menjadi pertanyaan. Ini yang membekali kita mengetahui jawaban atas pertanyaan menantang anak.

Pahami Pertanyaan Sebelum Menjawab

Ketika anda mendapat pertanyaan sulit, pastikan anda benar-benar paham apa yang ditanyakan oleh anak anda. Jangan terburu-buru menjawab ketika anda mendapatkan pertanyaan sulit. Ini memunculkan resiko anda menjawab secara asal atau kurang tepat.

Ambil waktu untuk berpikir sambal meminta klarifikasi dari anak dengan mengulngi pertanyaannya. Ini akan membantu anda beberapa hal. Pertama, ini memberi waktu bagi anda untuk mengatur kata-kata lebih hati-hati. Selain itu, ini menghindari anda memberikan jawaban yang kurang tepat.

Memberikan Jawaban Fakta Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Apapun pertanyaan anak, anda harus paham bahwa mereka akan memproses jawaban informasi dari jawaban anda sedikit demi sedikit. Hal ini memberikan kemungkinan bahwa jenis pertanyaan yang sama mungkin akan muncul kembali. Oleh sebab itu, pastikan anda selalu memberikan jawaban yang sesuai dengan fakta menggunakan bahawa yang mudah anak pahami.

Lebih mudah bagi kita mengatakan jawaban sesuai dengan fakta. Karena anak akan beberapa kali menanyakan hal yang sama untuk mendapatkan kejelasan di pikiran mereka. Ketika kita selalu memberikan jawaban yang berbeda dengan fakta, ada kemungkinan kita akan memberikan jawaban yang cenderung berbeda setiap kali anak memberikan jenis pertanyaan yang sama di waktu yang berbeda.

Mengajak Anak Mencari Jawabannya Bersama

Ketika anak memberika pertanyaan yang bagus namun anda kurang yakin dengan jawaban tepatnya, ini merupakan respon yang tepat anda berikan kepada mereka. Respon saat ini harus anda siapkan ketika mendapatkan pertanyaan kompleks yang tidak sesuai dengan bidang anda, misalnya sejarah, sains, politik, dll.

Ketika pertanyaan sulit muncul, anda bisa mengajak mereka mencari jawabannya bersama bisa melalui buku, film, atau melalui internet. Jikalau bisa, berikan jawaban dengan kegiatan yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, sehingga mereka bisa belajar sekaligus mengalami informasi yang mereka tanyakan.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Temukan 4 cara pada artikel ini yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk memantau anak anda tanpa membuat batasan ekstrim yang dapat membuat hubungan anda dengan anak menjadi kurang baik.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300