“Life is either a daring adventure or nothing at all.” – Helen Keller

Anak-anak membutuhkan petualangan. Sifat berpetualang dapat mempengaruhi perkembangan mereka ke arah yang baik. Anak perlu merasakan pengalaman baru dan menantang sesuai dengan usia mereka karena otak mereka terbentuk, tumbuh, dan berubah setiap menit.

Ini merupakan tantangan khusus bagi para orang tua, yang secara alami berusaha memberikan situasi yang aman bagi anak sehingga meminimalisir jiwa petualangan mereka.

Hidup penuh dengan banyak tantangan. Beberapa diantarnya mengantar kepada petualangan dan kesuksesan. Disisi lain, itu juga menghasilkan kegagalan dan pelajaran yang didapat.

Meskipun kita sebagai orang tua ingin melindungi anak agar dia tetap aman, pada kenyataannya anak tidak akan selalu berada pada posisi aman di dunia nyata. Disini anda tidak membantu perkembangan anak melihat bagaimana dunia sebenarnya bekerja. Oleh sebab itu, berikanlah pengalaman bagi anak untuk memiliki jiwa berpetualang.

Berikut ini merupakan empat hal yang dapat dilakukan orang tua yang ingin membesarkan anak memiliki jiwa berpetualang:

  • Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Anak Bereksplorasi

Para orang tua yang ingin membantu anaknya memiliki jiwa berpetualang pastikan menciptakan lingkungan yang aman di rumah secara maksimal. Anak tentu saja penasaran akan banyak hal. Itulah mengapa penting memiliki lingkungan rumah yang sangat aman bagi anak terutama bagi anak kecil

Lingkungan rumah yang aman akan menghindari hal-hal yang dapat menyakiti anak secara ekstrem tanpa pengawasan.

  • Membiarkan anak mengeksplorasi hal sekitarnya

Ketika anak berusia di usia balita, anda sebagai orang tua harus secara aktif mendorong anak untuk menjelajahi lingkungan di sekitar dengan asumsi bahwa lingkungan tersebut, sudah aman bagi mereka. Meskipun dengan pengawasan orang tua, anda harus berusaha untuk tidak mengatakan “tidak” ketika anak melakukan sesuatu yang merujuk pada rasa keingintahuan mereka.

  • Tidak bereaksi berlebihan saat anak terluka

Sulit untuk kita sebagai orang tua untuk menahan diri tidak langsung pergi dan meolong anak kita ketika mereka melukai diri sendiri. Namun, goresan kecil pada anak bukanlah masalah besar. Anak akan jatuh, tersandung, tergores saat berlari dan terkadang itu akan menyakitkan.

Tetapi, kita sebagai orang tua perlu menahan diri saat anak kita sedang terluka, apalagi hanyalah luka atau goresan kecil. Pada tahapan ini, orang tua harus menunggu untuk melihat bagaimana reaksi anak mereka terhadap rasa sakit. Apakah mereka tipe anak yang akan langsung berdiri atau menangis terlebih dahulu.

Jika pada akhirnya anak datang kepada anda, tenangkanlah dia dan beritahu bahwa itu hanyalah goresan kecil dan tidak apa-apa untuk mengalaminya. Ketika mereka tidak lagi menangis atau sedih, anda bisa memuji mereka.

  • Memperkenalkan anak pada hal yang mereka takuti

Untuk menumbuhkan jiwa petualangan anak, orang tua dapat memperkenalkan anak pada hal-hal yang dia takuti. Misalnya, jika anak takut pada kegelapan, anda bisa memberikan situasi gelap dan melewati waktu bersamanya di kegelapan tersebut. Di saat itu juga, anda bisa menjelaskan bahwa tidak ada hal yang perlu ditakuti saat kegelapan terjadi selama dia berada pada situasi yang aman.

Hal seperti ini akan mengajarkan anak membangun ketahanan yang dapat menjadi sifat utama pada anak petualang. Selain itu, hal ini akan membantu anak menyadari bahwa hal yang ditakuti itu ternyata tidak semenakutkan yang mereka pikirkan.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Setiap anak itu berbeda dan unik. Mereka berkembang secara berbeda sehingga membutuhkan jenis dukungan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan diri masing-masing. Pelajari artikel ini lebih lanjut untuk memahami perbedaan setiap anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300