Beberapa tahun awal kehidupan anak merupakan masa emas perkembangan otak mereka. Inilah yang kita sering dengar dengan kata usia emas anak atau golden age. Kurang lebih sebanyak 80% perkembangan otak anak terjadi selama periode ini, yakni di usia anak sebelum 5 tahun. Otak seseorang akan terus berkembang seiring mereka bertambah dewasa, namun tidak secepat saat umur keemasan anak.

Usia emas anak adalah saat dimana mereka akan mengalami perkembangan secara kognitif, fisik, sosial dan emosional dengan pesat. Oleh sebab itu, sebagai orang tua anda perlu secara maksimal membantu anak dalam pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang optimal untuk tumbuh kembang anak yang benar pada masa emas ini.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan anak, adalah:

  • Glukosa. Otak membutuhkan glukosa untuk menjalankan fungsinya dengan sempurna. Tanpa glukosa, anak akan kesulitan dalam memproses dan menyimpan informasi baru. Glukosa bisa didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, dll.
  • Protein dan Serat. Makanan yang mengandung banyak protein dan serat seperti sereal yang disajikan dengan susu dapat meningkatkan kinerja otak anak dan cenderung memperkuat kemampuan daya ingat mereka.
  • Kolin. Nutrisi ini berguna untuk meningkatkan penyimpanan memori, kemampuan berpikir, bahasa, dan gerak motoric anak. Contoh makanan yang mengandung kolin adalah telur.
  • Asam Lemak Esensial. Nutrisi terpenting dalam pembentukan dan pengaturan sel saraf adalah omega-3 (ALA, EPA, dan DHA) dan omega-6 (asam linoleat). ALA dapat ditemukan dalam biji rami, kenari, dan kedelai. EPA dan DHA terkandung dalam salmon, mackerel, dan sarden. Omega-6 bisa didapatkan dari minyak jagung, minyak biji bunga matahari, dan minyak kedelai.
  • Yodium. Ini merupakan mineral yang akan membantu dalam perkembangan sel saraf otak anak yang dapat ditemukan dalam garam, yogurt, dan kentang.

Selain pemenuhan kebutuhan nutrisi, orang tua juga perlu memberikan beberapa stimulasi yang tepat dalam masa emas anak. Contoh stimulasi yang dapat anda lakukan adalah:

  1. Perkembangan Motorik

Perkembangan motorik anak perlu anda stimulasi dalam masa ini. Untuk bayi, stimulasi bisa dilakukan dengan cara meletakkannya pada tengkurap agar bisa berlatih mengangkat kepalanya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat otot leher.

Selain itu, anda juga dapat memberikan mainan dengan warna yang menarik dan dapat mengeluarkan suara sehingga anak dapat menggerakkan tangan dan kakinya untuk meraih mainan tersebut. Seiring bertambahnya usia, tingkatkan tingkat kesulitan rangsangan, seperti meminta mereka untuk miring ke kanan atau kiri, berdiri, berjalan.

Untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak, anda dapat mengajarkan mereka untuk memahami sesuatu, misalkan memasukkan makanan ke dalam mulut mereka, mengambil barang, dan mencoret-coret di atas kertas.

  1. Perkembangan Bahasa

Stimulasi penting lainnya dalam masa perkembangan ini adalah meningkatkan perkembangan bahasa mereka dengan sering mengajak anak anda berbicara. Pada awalnya, mereka pasti tidak mengerti apa yang anda katakana. Lama-kelamaan percakapan anda akan merangsang mereka untuk mengenali suara dan meningkatkan kosakata mereka secara tidak langsung. Anda bisa memberikan stimulasi lain seperti mendengarkan musik, bernyanyi, atau membacakan cerita bagi anak.

  1. Perkembangan Emosional

Untuk mengoptimalkan perkembangan emosi anak, anda harus membangun komunikasi yang baik bersama anak anda. Anda harus belajar merasakan dan mendengarkan perasaan mereka, meresponi setiap Tindakan mereka dengan kasih saying. Anda juga dapat mendukung mereka dengan memberikan beberapa kalimat positif.

  1. Perkembangan Kognitif

Kecerdasan anak dapat anda stimulasi juga melalui permainan. Pilihlah jenis permainan yang sesuai dengan tahapan usia mereka. Anda dapat memulainya dengan aktivitas anak untuk mengenali bentuk, warna, nama objek. Selanjutnya, anda juga dapat meningkatkan aktivitas ke tahapan yang lebih seperti membuat mereka memahami tentang fungsi suatu objek, cara memecahkan masalah, dan sejenisnya.

Periode emas anak-anak tidak akan terulang kembali. Oleh sebab itu anda sebaai orang tua perlu untuk memanfaatkan periode ini sebaik-baiknya dengan pemberian stimulasi dan nutrisi yang tepat dalam tumbuh kembang mereka.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300