Salah satu tanggapan orang tua yang paling sering diungkapkan ketika ditanyakan sifat apa yang mereka inginkan ada pada anak adalah “bertanggung jawab”. Ini adalah istilah luas yang berarti banyak hal berbeda. Bertanggung jawab merupakan kunci kesukesesan anak baik di sekolah maupun di dunia yang lebih besar ketika mereka beranjak dewasa.

Jadi, pertanyaan saat ini adalah bagaimana kita sebagai orang tua dapat membesarkan anak untuk bertanggung jawab atas pilihan mereka dan memberikan dampak yang baik bagi masa depannya?

Berikan tugas yang sesuai dengan usia

Berikanlah tugas yang dapat dilakukan anak anda sesuai dengan usia mereka tanpa terlalu banyak kesulitan, sehingga dia cenderung berhasil. Ketika memberikan tugas itu, berikan anak anda instruksi yang jelas tentang apa yang anda ingin dia lakukan, sehingga dia tahu persis apa yang diharapkan darinya.

Berikan tugas yang spesifik. Contohnya, daripada mengatakan bersihkan kamar, anda bisa memintanya untuk mengatur pakaian di lemari, merapikan tempat tidur, dan permainannya. Tugas seperti ini akan terlihat jelas dan spesifik sehingga anak tahu apa yang harus dia kerjakan.

Tunjukkan dan Beritahukan

Saat Anda memberi anak tugas yang harus dilakukan, jelaskan dengan istilah sederhana dengan menunjukkan contoh. Contohnya, ketika anda meminta anak untuk menyiapkan meja, mulailah dengan menetapkan sendiri satu tempat: “Lihat nak, bagaimana mama meletakkan satu piring di atas meja, di depan kursi.”

Ketika sang anak mendapatkan contoh dan dijelaskan dengan spesifik, ini akan memudahkan anak untuk paham dan melakukan tugasnya dengan baik.

Bekerja dan Bermain

Meskipun anak Anda masih memiliki rentang dalam memberikan fokus perhatian yang dalam, anda dapat mulai mengajarinya untuk menyelesaikan tugas sebelum bersantai atau bersenang-senang. Dia akan mendapatkan pesan ketika kita berkata, “Oke kita akan bermain bersama! Tapi pertama-tama, kita harus merapikan permainan kamu dulu setelah makan siang.”

Tunjukkan kepada anak anda bahwa anda tidak ingin memerintah, hanya mengharapkan dia untuk berperilaku bertanggung jawab dan tetap dapat bersenang-senang.

Cara yang baik untuk menjelaskan hal ini kepada anak adalah dengan menggunakan aturan “kapan-kemudian”. Misalnya, anda dapat mengatakan, “Kalau kita sudah memberishkan meja, kita bisa bermain-main bersama”.

Buatlah pekerjaan rumah menjadi menyenangkan

Kita semua lebih menikmati tugas saat menyenangkan dan bersosialisasi. Anak juga akan suka menghabiskan waktu bersama anda dan mungkin tidak akan menganggap mengosongkan mesin pengering sebagai tugas ketika anda melakukan interaksi yang aktif dengannya.

Akan menyenangkan ketika anda dapat melakukan pekerjaan rumah bersama anak anda dengan melakukan candaan-candaan kecil! Contoh kecil yang dapat dilakukan adalah misalnya ketika anda merapikan mainan dengan anak, anda bisa mengadakan balapan untuk melihat siapa yang bisa merapikan paling banyak mainan.

Menghindari Ancaman

Sebagai orang tua, anda perlu menjelaskan bahwa dia harus mengikuti aturan tertentu, tetapi jelaskan dengan cara yang positif, tanpa mengeluarkan banyak ancaman. Jika anak berkata, “Saya ingin biskuit,” tanggapi dengan, “Saat kamu duduk di meja, kamu bisa mendapatkan biskuit.”

Menjadi contoh yang baik

Tunjukkan pada anak Anda tanggung jawab apa dengan menjaga barang Anda sendiri dan ruang Anda sendiri. Letakkan kunci mobil Anda di kait tempatnya, bukan di meja, dan ambil pakaian dari lantai kamar tidur Anda. Jelaskan mengapa Anda melakukannya juga, sehingga anak Anda belajar mengapa penting untuk bertanggung jawab. Misalnya, “Saya akan meletakkan kunci mobil saya di tempat yang benar, sehingga saya dapat menemukannya lagi dengan mudah saat kita pergi keluar.”

Fokus pada usaha, bukan hasil

Berfokuslah pada usaha yang anak anda lakukan saat sedang belajar bertanggung jawab. Bahkan ketika anak anda belum melakukannya dengan benar. Jangan mengkritiknya atau mengambil alih. Itu dapat menurunkan kepercayaan dirinya dan mengurangi keinginannya untuk membantu.

Cobalah untuk mengatur tugas yang ada menjadi beberapa bagian yang bisa diatur. Anda dapat membantunya dengan bagian yang sulit, dan memberikan tugas yang lebih mudah ke anak.

Tetap Realistis

Anak tidak akan selalu mengikuti hal yang anda ingin dia lakukan. Jika anak anda melakukan hal yang mungkin anda kurang suka, cobalah untuk tetap mengontrol diri dan sabar. Ingatkan dia dengan tenang, “Ingat loh, kamu perlu belajar merapikan kembali mainan kamu selesai bermain dengan mereka.”

Jika dia kelelahan, anda boleh memberikan dia sedikit bantuan ekstra. Dia mungkin menghabiskan sepanjang hari mengikuti aturan dan ingin sedikit istirahat.

Berikan pujian terhadap perilaku positif

Kapanpun anak mencoba untuk menunjukkan tanggung jawab, bahkan ketika dia tidak berhasil, berikan dia pujian dan perhatian yang positif. Hal ini akan menunjukkan anak bahwa usahanya penting dan dihargai.

Tunjukkan dengan tepat bagaimana usahanya telah membantu orang lain, seperti: “Wah, sekarang kamu sudah belajar meletakkan sendok di atas meja, kita semua bisa minum the bersama!”

Cara yang paling efektif untuk mengajarkan tanggung jawab adalah mencontohkan sendiri perilaku kita. Apakah kita adalah orang tua yang bertanggung jawab? Apakah anda terus-menerus menyelesaikan tugas dengan baik? Anak belajar melalui menonton, bukan mendengarkan. Jika anda sebagai orang tua belajar untuk memperbaiki kebiasaan anda sendiri, anak anda akan mengikuti hal baik ini.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300