Belajar berpikir kritis mungkin merupakan salah satu keterampilan terpenting yang dibutuhkan anak-anak untuk masa depan. Di dunia yang saat ini berubah dengan cepat, anak harus mampu melakukan lebih dari sekadar mengulang atau mengingat informasi. Anak harus belajar menghasilkan pemikiran kritis sehingga pada akhirnya mereka dapat memahami informasi, menganalisis, membandingkan, membedakan, membuat kesimpulan, dan menghasilkan keterampilan berpikir kritis.

Tidak benar-benar ada strategi yang dapat mendukung dan mengajari anak cara berpikir kritis. Namun, sebagai orang tua, kita dapat berperan mendukung pemikiran kritis anak dengan mengajukan pertanyaan terbuka untuk memandu proses berpikir mereka.

Hal lain yang mungkin dapat kita coba lakukan juga adalah membiarkan anak anda bereksperimen dan menyempurnakan teorinya tentang apa yang menyebabkan sesuatu terjadi. Membimbing proses berpikir kritis anak anda dapat berdampak positif pada keterampilan pemecahan masalahnya.

Berikut beberapa ide yang dapat anda lakukan untuk membantu anak membangun landasan berpikir kritis:

Memberikan Pertanyaan Terbuka

Pernahkah anda membacakan buku kepada anak anda? Jika pernah, ada kemungkinan besar anda mungkin pernah memberikan pertanyaan pemahaman. Tapi apakah pertanyaan itu pertanyaan ya atau tidak? Apakah mereka membutuhkan lebih dari satu kata tanggapan? Setiap pertanyaan yang bisa dijawab dengan satu kata adalah tanpa mengasah pemikiran merupakan pertanyaan tertutup.

Pertanyaan jenis ini mampu mengecek pemahaman anak tentang informasi yang dia peroleh, namun tidak membantu dalam mengembangkan pemikiran kritis. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mengajukan pertanyaan terbuka, yang membuat anak memikirkan informasi itu.

Sebagai guru, saat anak sudah paham tentang suatu materi, biasanya guru akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang melebihi materi yang dipelajari. Misalnya saat belajar planet. Setelah mengetahui bahwa manusia tinggal di planet bumi, guru bisa bertanya pertanyaan seperti: “Apakah memungkinkan jika kita pindah ke planet lain?” “Apakah planet lain memiliki kehidupan?”.

Pertanyaan seperti ini akan memaksimalkan proses berpikir anak sehingga dia tidak hanya mengambil informasi, tetapi juga mengolah, mengidentifikasi, dan menyimpulkan informasi ang mereka dapatkan. Berikan waktu kepada anak anda untuk memproses informasi saat memberikan dia pertanyaan terbuka.Anda harus bersabar saat menunggu jawaban mereka. Jika mereka kesulitan menjawab pertanyaan anda, anda bisa menuntun mereka dengan mereka petunjuk untuk membimbing mereka ke pemikiran yang benar dan kritis.

Memberikan Kesempatan Bermain

Pembelajaran dapat berlangsung tidak hanya pada saat belajar di sekolah atau di rumah saat mengerjakan tugas. Bermain juga berperan penting bagi anak untuk mengembangkan pemikiran kritis. Saat bermain, anak akan mengeksplorasi dunia sekitarnya dan menghasilkan pernyataan sebab dan akibat. Contohnya pertanyaan seperti “Bagaimana saya bisa menyeimbangkan semua blok ini agar tetap berdiri tegak?” atau “Apa yang terjadi ketika saya menuangkan minyak di dalam air?”

Dengan menyediakan waktu untuk anak bermain baik di luar atau dalam ruangan, anda memberikan kesempatan terbuka bagi anak anda untuk mencoba sesuatu dan mengamatinya. Pengalaman langsung sepeti ini memberikan mereka landasan untuk berpikir kritis kedepannya.

Ciptakan Suasana Anak Tidak Takut Melakukan Kesalahan

Mengajar berpikir kritis itu penting, namun hambatan yang sering dirasakan anak dalam berpikir kritis adalah ketakutan mereka untuk bergabung dalam diskusi dan membagikan opini mereka karena. Seringkali, anak enggan untuk berbagi ide mereka di rumah maupun di sekolah karena mereka takut bagaimana mereka akan dinilai jika mereka menjawab dengan salah.

Sebaliknya, untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, anak tidak boleh takut saat kesalahan terjadi. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk menciptakan lingkungan keluarga yang interaktif dan penuh diskusi dimana anak merasa bebas untuk berpikir secara mendalam tanpa takut ditertawakan atau melakukan kesalahan.

Beritahukan kepada anak bahwa terkadang tidak apa-apa melakukan kesalahan dan tidak ada orang yang selalu benar. Beritahukan nilai penting kehidupan bahwa manusia belajar paling banyak kmelalui kesalahan yang pernah terjadi dalam kehidupan.

Pastikan anda juga menjalin hubungan yang kuat dengan anak anda sehingga mereka percaya bahwa anda peduli kepada anak anda, sehingga mereka cenderung berani mengambil risiko, seperti memberikan ide dan jawaban secara sukarela, meskipun mungkin mereka melakukan kesalahan.

Bantu Anak Membuat Strategi

Penting bagi anda orang tua untuk tidak selalu mencampuri tugas dan tanggung jawab anak anda. Orang tua yang membantu anak mengerjakan PR atau mengatur tidak membantu anak berlatih pemikiran kritis saat menemukan masalah. Pada akhirnya, mereka cenderung kesulitan dalam hal mencari solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

Walaupun mungkinterlihat sulit bagi anak anda, hindari menyelesaikan atau melakukan tugas untuk mereka. Anda bisa melakukan hal lain yang bersifat mendukung naun tetap menekankan perkembangan anak anda. Anda dapat bertanya kepada anak apa yang menurutnya akan menjadi solusi yang baik saat menemukan masalah.

Jika anak masih saja kesulitan, anda boleh membantu membimbing dia untuk menjawab, namun tidak memberikan jawaban. Hanya membantu mereka berpikir dengan mempertanyakan hal-hal yang membantu anak berpikir tentang masalah yang ditemukannya.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300