Love takes of masks that we fear we cannot live without and know we cannot live within. -James Baldwin

Kita semua pasti sedang menjalani kehidupan yang sibuk dan penuh tantangan sebagai orang tua. Namun, satu hal yang tidak boleh kita lupakan saat menjalani kehidupan sebagai orang tua adalah memberikan kasih sayang yang besar kepada anak.

Cara yang sangat berpengaruh untuk menunjukkan kasih sayang adalah dengan menunjukan hubungan kasih yang erat antara anda dan pasangan di depan anak anda. Penelitian yang telah membuktikan bahwa hubungan antara kasih sayang orang tua yang ditunjukkan pada anak berpengaruh pada kesehatan dan kebahagiaan mereka di masa depan.

Kita tidak perlu malu menunjukkan hubungan kita terhadap pasangan di hadapan anak. Hal ini menumbuhkan ikatan kekeluargaan lebih erat. Ada 3 alasan penting yang membuat kasih sayang antara pasangan di hadapan anak perlu untuk diterapkan.

Anak Belajar Melalui Observasi Langsung

We learn best by watching.

Anda mungkin sering mendengar kalimat diatas. Pembelajaran yang dapat anak observasi secara langsung merupakan pembelajaran bermakna. Ketika anak-anak menyaksikan sesuatu, mereka akan lebih mudah mengingatnya, kemudian itu dapat menjadi patokan mereka tentang apa yang harus dilakukan.

Dalam menunjukkan kasih sayang kepada pasangan anda di depan anak, anda mengajarkan mereka bagaimana hubungan yang penuh perhatian itu. Anda mengajarkan nilai untuk saling mengasihi satu sama lain dan secara terbuka menunjukkan cinta, penghargaan, dan rasa hormat kepada orang yang paling anda sayangi.

Disini anak belajar bahwa menunjukkan kasih sayang kepada orang lain dan orang lain menunjukkan kasih sayang kepada anda merupakan hal yang normal dan baik untuk dilakukan.

Membangun Anak Menciptakan Keluarga Harmonis

Setiap kali anak-anak melihat orangtua menunjukkan rasa cinta satu dengan yang lain, mereka akan merasakan keamanan dalam keluarga. Di dalam keluarga, tentu saja akan terdapat konflik. Namun, konflik yang dibarengi dengan kasih sayang, seperti tetap memanggil pasangan dengan panggilan sayang adalah konfirmasi bahwa hubungan anda dan pasangan baik-baik saja.

Mengajarkan Setiap Orang Layak Mendapatkan Kasih

Menunjukkan kasih sayang antara pasangan kepada anak merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Terutama setelah pertengkaran di antara pasangan, yang terkadang tidak bisa kita hindari terjadi di depan anak.

Namun, inilah cara yang paling tepat untuk mengungkapkan bahwa kita terus saling mencintai dan layak untuk dicintai. Tentu saja ini menjadi harapan setiap orang tua untuk menciptakan pemikiran kepada anak bahwa mereka layak untuk terus dicintai dalam situasi apapun, termasuk ketika terjadi pertengkaran.

Keluarga merupakan tempat anak belajar seperti apa hubungan yang penuh kasih. Meskipun anda perlu menunjukkan kasih sayang kepada pasangan di depan anak anda, anda harus memastikan bahwa kasih sayang yang anda tunjukkan itu sederhana dan dan masih sesuai untuk dilihat anak.

Ada beberapa contoh hal yang dapat anda lakukan di depan anak yang menunjukkan kasih sayang antar pasangan dengan sederhana dan sesuai di depan anak, yakni:

  • Sering memberi pelukan kepada pasangan untuk memberi tahu anak bahwa anda saling mencintai.
  • Mengatakan dengan jelas kepada pasangan anda bahwa anda menyayanginyadi depan anak-anak. Ini mengungkapkan perasaan anda satu sama lain, serta menunjukkan seperti apa komunikasi terbuka dalam hubungan keluarga yang harmonis.
  • Memberikan ciuman di kening, pipi, atau bibir yang masih sesuai untuk ditunjukkan di depan anak sebagai ekspresi sayang.
  • Sering berpegangan tangan, baik di rumah atau di depan umum.
  • Menunjukkan cara-cara untuk mengekspresikan rasa cinta, contohnya dengan meninggalkan catatan cinta satu sama lain di sekitar rumah.
  • Saling memuji antara pasangan di depan anak ketika pasangan anda melakukan hal yang baik.

Kasih sayang merupakan kebutuhan dasar manusia. Oleh sebab itu, wajar bagi anda dan pasangan untuk menunjukkan kasih sayang anda di depan anak. Kasih sayang yang ditunjukkan di depan anak menjadi patokan mereka untuk bagaimana menunjukkan kasih kepada orang lain di kemudian hari dan mengembangkan keterampilan sosial-emosional mereka. Do not be shy, show your affection more, dear parents!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Temukan 4 cara pada artikel ini yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk memantau anak anda tanpa membuat batasan ekstrim yang dapat membuat hubungan anda dengan anak menjadi kurang baik.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300