Sebagai orang tua, anda merupakan guru pertama dan terpenting bagi anak anda. Ketika orang tua terlibat dalam setiap langkah sang anak, mereka akan membentuk sang anak untuk memilih hal-hal yang baik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mendukung anak dalam proses persiapannya untuk sukses di masa mendatang.

Atas dasar itu, orang tua akan melakukan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Mulai dari fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan anak, gizi, endidikan formal, dan hal-hal lainnya. Seorang anak yang sukses juga adalah cerminan didikan yang sukses dari orang tua.

Ada beberapa hal yang dapat anda ajarkan bagi anak sebagai orang tua agar mereka dapat membentuk kebiasaan baik di masa ini untuk menciptakan kehidupan yang sukses di masa depan.

  1. Mengajarkan Budaya Membaca

Membaca adalah ensiklopedia seseorang. Presiden Barack Obama pernah mengatakan bahwa membaca merupakan pintu gerbang keterampilan yang memungkinkan semua pembelajaran lainnya berhasil. Membaca membuat kita memperkaya diri akan pengetahuan.

Dalam tumbuh kembang anak, mereka belum mengetahui banyak hal yang terjadi di seluruh dunia. Oleh sebab itu, mengajarkan budaya untuk membaca bagi anak akan menjadi kebiasaan yang baik bagi mereka untuk terus belajar tentang banyak hal.

Orang tua dapat mengajarkan anak membaca dengan mulai memperkenalkan buku-buku yang menarik bagi sang anak. Buku menarik yang juga memuat pengetahuan di dalamnya. Contohnya buku ensiklopedi yang memuat gambar-gambar menarik.

Selain itu, orang tua juga perlu menjadi role model bagi sang anak untuk menerapkan kebudayaan membaca di rumah. Disini anak akan melihat bahwa anda sebagai orang tua juga menerapkan budaya ini. Anak akan menyimpulkan bahwa membaca itu merupakan hal yang baik dan mereka akan mengikuti anda.

  1. Mengajarkan Kreativitas dalam Berpikir dan Bertindak

Kreativitas seorang anak dapat kita ajarkan sejak dini untuk membantu mereka sukses di masa depan. Kreativitas seseorang dapat membawa dampak positif dalam kehidupan.

Untuk melatih kreativitas anak, anda perlu memberikan kebebasan dalam upaya mereka melakukan aktivitas apa pun yang mereka dapat lakukan sendiri. Kunci utama dalam pembelajaran tindakan kreatif adalah proses dimana anak belajar mengekspresikan diri.

Pengalaman kreatif dapat membantu anak-anak mengekspresikan dan mengatasi perasaan mereka. Aktivitas kreatif anak dapat membantu anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mungkin dipikirkan anak. Kreativitas juga membantu pertumbuhan mental anak dengan memberikan mereka kesempatan untuk mencoba hal baru, serta cara berpikir dan memecahkan masalah sesuai kemampun mereka.

Untuk mengajarkan anak memiliki kreativitas, anda sebagai orang tua harus mendukung anak anda dalam proses kreatif mereka. Hargai setiap pemikiran dan hasil yang mereka kerjakan sendiri. Anda juga bisa menawarkan dukungan untuk mengoptimalkan upaya anak dalam berpikir dan menghasilkan hal kreatif.

  1. Mengajarkan Kemampuan Bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi merupakan salah satu faktor terpenting bagi perkembangan anak. Interaksi sosial yang positif memiliki banyak manfaat baik fisik maupun mental, termasuk peningkatan kemampuan kognitif, kesehatan mental yang baik, keterampilan komunikasi, kemandirian, dan masih banyak hal positif lainnya.

Mengajarkan kemampuan bersosialisasi bagi anak sejak dini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan mereka. Oleh sebab itu, membawa mereka ke lingkungan yang tepat dapat membantu anak mengembangkan keterampilan bahasa, kreativitas, empati, komunikasi, dan kepercayaan diri yang kuat.

Anda dapat mengajarkan kemampuan ini dengan membiarkan anak berinteraksi dengan teman-temannya dan mempelajari banyak hal. Hal ini akan melatih anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandiriannya, yang kedepannya dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. 

  1. Mempelajari Musik

Howard Gardner, seorang psikolog mengatakan bahwa kecerdasan music memiliki peranan penting seperti kecerdasan logis dan emosional seseorang. Hal ini dilandaskan karena music memiliki peranan untuk memperkuat hubungan antara tubuh dan otak agar dapat bekerjasama sebagai tim.

Mempelajari musik bagi anak akan membantu mereka dapat mengontrol emosi dan pemikiran mereka sehingga membuat kedua hal ini tersinkronisasi dan menghasilkan kepribadian yang dapat lebih tenang. Ketika anak memiliki banyak tugas dan tanggung jawab dari sekolah, musik bisa membantu mereka melepaskan penat dan merilekskan tubuh mereka lagi.

Hal inilah yang akan mempengaruhi perkembanganya sang anak. Mereka cenderung tidak mudah stres saat menghadapi situasi yang cukup menegangkan karena musik dapat menjadi salah satu obat penenang.

  1. Membantu Mengembangkan Bakat Anak

Bakat seseorang akan membantu anak di masa depan. Kita tahu bahwa saat ini banyak perusahaan atau pekerjaan yang melihat lebih dari sekedar kemampuan akademis, salah satunya melihat apa saja yang dapat dilakukan seseorang dan mengikuti perkembangan yang ada.

Oleh sebab itu, bakat merupakan hal yang perlu anda asah dalam perkembangan sang anak untuk masa depan mereka. Ketika anak anda berbakat dalam satu bidang, pastikan mereka benar-benar menguasai bakat tersebut sehingga kedepannya itu dapat memberikan efek positif bagi kehidupan anak.

Sebagai orang tua, perlu bagi anda untuk mengetahui bakat anak sedari kecil. Anda bisa memperkenalkan banyak hal pada anak sewaktu mereka kecil. Ketika anda melihat bahwa anak tertarik akan satu atau 2 hal, anda bisa membantu mereka mempelajari hal tersebut agar hal ini dapat menjadi bakat mereka. Contohnya bakat dalam berolahraga, bermain musik, berbahasa asing, dll.

Dengan memberikan kebiasaan-kebiasaan baik di atas bagi anak saat ini, anda membantu anak untuk mempersiapkan masa depan yang cerah. Mereka menerapkan kebiasaan yang baik dalam kehidupannya, dan inilah yang menjadi gerbang kesuksesan anak di masa mendatang.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300