Memilih sekolah di jenjang pertama anak anda yakni TK untuk belajar merupakan hal yang sangat krusial bagi orang tua. Hal ini dikarenakan kehidupan anak akan mendapatkan pengaruh dari sekolah pertamanya. Sekolah akan membentuk perkembangan anak secara menyeluruh, baik dalam aspek kognitif, sosial, maupun emosional untuk membentuk fondasi yang kuat bagi kehidupan anak selanjutnya.

Oleh sebab itu, banyak pertimbangan yang harus dilakukan ketika memilih sekolah Taman kanak-kanak.

Sebelum anda melakukan pencarian sekolah yang tepat, akan lebih baik jika anda telah memiliki garis besar sekolah seperti apa yang anda inginkan untuk anak anda. Karena setiap sekolah memiliki visi dan misi yang berbeda, maka penting bagi anda mencari sekolah dengan keinginan anda. Contohnya, anda ingin lingkungan sekolah yang tenang agar anak anda boleh beradaptasi secara perlahan.

Setelah memiliki garis besar sekolah seperti apa yang anda inginkan, disinilah anda sudah bisa mulai menyaring sekolah-sekolah yang ada. Selain itu, ada beberapa aspek lagi yang yang dapat anda pertimbangkan untuk memilih sekolah, yaitu:

  • Kurikulum Sekolah

Setiap sekolah TK menerapkan pendekatan yang berbeda-beda bagi siswa yang masuk, sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Contohnya kurikulum High Scope, yaitu pendekatan yang mengedepankan pembelajaran yang aktif bagi siswa sehingga komunikasi secara interaktif akan dibangun. Ada juga kurikulum play-based dimana anak akan belajar sambil bermain dimana prosesnya telah dirancang oleh sekolah sesuai dengan keompok umur anak. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua mengetahui jenis kurikulum yang diterapkan oleh sekolah yang diminati.

  • Kualitas Guru

Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik bersama dengan kualitas guru yang memadai. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui kualitas guru di dalam sekolah tersebut. Anda dapat mencoba melihat kualitas guru di sekolah dengan menanyakan langsung kepada staff di sekolah tersebut. Selain itu, anda dapat melakukan survei saat jam belajar. Biasanya sekolah akan mengadakan 1 sampai 2 kali open house setiap tahunnya dan disitu anda dapat melihat proses pembelajaran yang terjadi di kelas bersama dengan guru.

  • Jumlah murid dan guru pengajar

Jumlah guru dan siswa berpengaruh dalam proses belajar anak. Sesuai dengan Permendikbud tentang standar PAUD di Indonesia, untuk anak usia 2-4 tahun, rasio ideal yang harus dipenuhi guru dan siswa maksimal adalah 1:8. Namun, kondisi ini bisa berubah tergantung dari lingkungan dan kebutuhan anak itu sendiri.

Guru yang mengajar dengan jumlah siswa lebih sedikit akan berpengaruh pada kualitas belajar mengajar. Oleh sebab itu, jumlah guru dan siswa harus seimbang agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan maksimal.

  • Lingkungan sekolah

Sempatkan diri anda untuk berkeliling sekolah TK pilihan anda untuk melihat lingkungan keseharian yang anak anda akan rasakan ketika dia masuk ke sekolah tersebut.  Pastikan lingkungan sekolah yang tercipta adalah lingkungan yang memfasilitasi kebersihan, keamanan, dan sarana prasarana yang baik. Hal ini akan membantu untuk proses perkembangan anak baik secara menyeluruh.

  • Dana yang Anda siapkan

Pilihlah sekolah yang sesuai dengan dana yang anda siapkan. Jangan memaksakan diri untuk memilih sekolah yang melebihi budget pendidikan anak anda. Sekolah TK yang sesuai dengan keinginan anda tidak harus memiliki biaya yang mahal. Oleh sebab itu, ketiga aspek diatas akan membantu anda dalam pemilihan sekolah anak anda.

Sekolah TK apa pun yang anda pilih nanti,  fokuskanlah terhadap kecocokkan dengan karakter anak anda dan sesuai dengan keinginan yang telah anda pikirkan yang dapat membawa anak anda bertumbuh dan berkembang semakin baik.

Pertanyaan yang sering diajukan para orangtua: Kapan waktu yang tepat untuk memasukkan anak saya ke sekolah?

Orangtua dapat memasukkan anak ke sekolah berapa pun usianya pada taman kanak-kanak. Tidak ada keharusan ataupun tes untuk memastikan anak anda siap atau tidak untuk masuk ke sekolah. Sebagai orangtua, anda sendiri yang akan menentukan waktu yang tepat bagi anak anda untuk masuk ke sekolah.

Sekolah TK sudah menyiapkan tingkatan tertentu, biasanya dibagi atas umur. Usia 2-3 tahun akan masuk ke tingkat nursery (belum semua sekolah memiliki tingkatan ini), usia 3-4 tahun ke tingkat TK 1/kindergarten 1, dan 4-5 tahun untuk TK 2/kindergarten 2.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengecek apakah anak anda sudah siap menghadapi lingkungan sekolah. Contohnya dari segi sosial, anda dapat memantau cara anak anda bermain dengan teman sebayanya di lingkungan rumah sekitar. Jika anda masih ragu akan ketidakmampuan anak anda untuk mendengarkan guru, anda bisa memulai menerapkan aturan-aturan kecil di rumah dan memainkan permainan yang memiliki cara bermain yang harus diikuti oleh anak.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Apakah anda familiar dengan kurikulum sekolah anak ? Jikalau tidak, pelajari fungsi kurikulum sekolah melalui artikel ini untuk pemahaman anda yang lebih baik bagi sistem pendidikan sekolah anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300