Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang menjadi perhatian orang tua bagi anak-anak mereka. Pendidikan menjadi pengalaman bagi anak untuk mempersiapkan masa mudanya untuk masa depan. Salah satu komponen penting dalam pendidikan yang perlu diketahui adalah kurikulum.

Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Perlunya orang tua untuk memahami kurikulum sekolah akan membantu memonitor perkembangan belajar anaknya. Orang tua bisa secara aktif terlibat dalam perkembangan anak di sekolah dengan kurikulum. Singkatnya, kita akan mengetahui kemana arah pembelajaran yang akan  diterima di sekolah tersebut.

Di Indonesia, telah terjadi beberapa kali pergantian kurikulum. Tentunya dari berbagai pergantian tersebut ada sisi positif maupun negatif.

Disini kita akan meihat 4 fungsi kurikulum bagi orang tua, siswa, pendidik, dan sekolah. Fungsi kurikulum sendiri secara luas adalah rangkaian yang dibuat untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kurikulum bagi Orang tua

Orang tua berperan penting dalam pendiidkan anaknya sebagai pendidik utama anak. Oleh sebab itu, orang tua perlu bekerjasama dengan sekolah dalam pembentukan karakter maupun pembelajaran pengetahuan bagi anak. Itulah pentingnya orang tua untuk mengetahui kurikulum yang dipakai oleh sekolah anaknya. Karena pada akhirnya, orang tua juga perlu mendampingi anak belajar sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

Fungsi lain kurikulum bagi orang tua adalah sebagai gambaran bagaimana anaknya belajar dan apa saja yang didapatkan anaknya selama di sekolah. Saat orang tua paham akan kurikulum, orang tua memiliki jawaban atas pertanyaan seperti “Apa yang dipelajari anak saya? Proses pembelajaran apa yang dilakukan? Bagaimana anak saya dinilai?”. Jadi, orang tua juga bisa mengevaluasi anak dan sekolah melalui kurikulum.

Kurikulum bagi Siswa

Fungsi kurikulum bagi siswa adalah menjadi sarana untuk mereka mengukur kemampuan diri. Adanya target yang dirancangkan di dalam kurikulum membuat siswa dapat mudah memahami berbagai materi ataupun melaksanakan proses pembelajaran setiap harinya dengan mudah.

Selain itu, fungsi lain kurikulum adalah mempermudah siswa untuk merancang jadwal yang akan siswa buat. Dengan jadwal, siswa dapat membagi waktu untuk mengerjakan tugas yang harus dikerjakan sesuai dengan tuntunan oleh guru nantinya.

Kurikulum mempermudah siswa memetakan apa yang perlu untuk dilakukan seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat disesuaikan dengan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam 3 atau 6 bulan sekali.

Kurikulum bagi Pendidik

Bagi tenaga pendidik, kurikulum akan membantu dalam menentukan penerapan cara mengajar di kelas. Kurikulum membantu pendidik mengajar mengikuti struktur yang telah dirancangkan di dalam kurikulum untuk menyampaikan materi maupun evaluasi yang dilakukan terhadap siswa.

Kurikulum juga berperan sebagai pedoman kerja pendidik. Dengan adanya kurikulum, pendidik dapat mengadakan evaluasi terhadap perkembangan siswa dalam memahami pengetahuan yang sudah diberikan.

Kurikulum Bagi Sekolah dan Dinas Pendidikan

Bagi sekolah, kurikulum berperan untuk menyamakan pengetahuan yang diterima dalam suatu kelompok, yakni dalam ruang lingkup sekolah. Hal ini tentunya dapat ditentukan setelah melakukan beberapa pertimbangan dan keputusan untuk pembelajaran efektif yang berlangsung di sekolah.

Kurikulum juga dapat digunakan untuk menyesuaikan pendidikan yang memang dibutuhkan di sebuah tempat. Setiap negara memiliki perbedaan letak geografis, keadaan sosial, dan budaya. Indonesia sendiri memiliki berbagai ragam budaya yang tentunya menjadi pertimbangan. Oleh sebab itu, kurikulum akan menyesuaikan rancangan pendidikan sesuai dengan kebutuhan tempat tertentu.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300