Semua orang merasakan emosi, termasuk anak. Normal untuk setiap anak untuk merasa sedih atau memiliki pemikiran negatif. Perasaan yang mereka rasakan juga merupakan bagian dari pertumbuhan. Anak harus melalui berbagai perasaan untuk belajar bagaimana menghadapinya di kemudian hari.

Namun, beberapa anak cenderung lebih sering emosional. Mereka lebih sering memiliki perasaan negatif seperti marah, takut, bahkan depresi. Depresi pada anak sebenarnya memiliki gejala yang serupa dengan orang dewasa, tetapi terkadang depresi pada anak terlihat dalam bentuk yang berbeda. Anak yang mengalami depresi tidak selalu terlihat sedih, tetapi juga dapat menjadi agresif dan mudah kesal.

Untuk mengatasi perasaan seperti ini kepada anak, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk menghadapi emosi anak.

  1. Emosi Bukan Kelemahan

Banyak orang tua merasa malu dengan anak yang emosional. Kecenderungan ayah merasa malu mungkin lebih besar ketika melihat putranya menangis saat kalah dalam pertandingan atau permainan. Dear parents, menunjukkan emosi bukan hal yang buruk. Tidak apa-apa bagi anak untuk memiliki perasaan yang kuat.

Menjadi emosional tidak membuat seorang anak lemah. Namun, peran anda sebagai orang tua adalah mengajarkan anak untuk mengenali dan memahami emosi mereka. Kesadaran emosi mereka dapat membantu anak untuk menjadi kuat secara mental. Ini juga akan membantu mereka memiliki keterampilan untuk menguasai emosi yang bisa berdampak dalam hidup mereka.

  1. Mengajari Anak Tentang Emosi

Ini merupakan lanjutan dari cara diatas. Penting bagi anda untuk mengenalkan anak tentang perasaan yang dirasakannya. Mulailah mengajari dia tentang emosinya dengan menyebutkan namanya. Saat dia sedang sedih, anda bisa mengatakan “Kamu terlihat sedih saat ini.”

Anda juga bisa menunjukkan emosi yang anda rasakan misalnya, “Mama sedih karena melihat kamu sedih nak”.

Selain itu, anda juga dapat membicarakan tentang perasaan dengan membicarakan tokoh-tokoh di buku atau film anak yang mereka sukai. Anda bisa mengajarkan tentang emosi dengan memberikan pertanyaan seperti, “Menurut kamu, bagaimana perasaan dia saat ini?”. Dengan latihan, kemampuan anak untuk mengenal emosi dan menguasainya akan meningkat sehingga mereka tahu cara menunjukkan emosi dengan tepat.

  1. Ingatkan Anak Bahwa Perasaan Akan Berlalu

Saat kita merasa sedih atau depresi, kita merasa bahwa perasaan itu tidak akan pernah berakhir. Tapi, seperti semua perasaan, kesedihan akan berlalu. Oleh sebab itu, anda perlu memberitahukan anak bahwa kesedihan tidak berlangsung selamanya. Ada saatnya kita akan merasa sedih, namun ada juga saat dimana kita merasa senang.

Beritahukan anak bahwa dia juga akan merasa bahagia setelah kesedihan hilang. Jikalau anak anda sudah mulai paham, anda bisa memberikan contoh perasaan itu sama seperti musim. Musim akan datang dan pergi, sama halnya dengan perasaan bahagia atau sedih.

  1. Meluangkan waktu dengan anak

Meluangkan waktu bersama anak membantu orang tua untuk mengetahui apa yang anak alami, rasakan, dan pikirkan, bahkan menjadi obat mengatasi jenis depresi pada anak. Dengan menciptakan waktu bersama anak, anda akan memberikan suasana hati yang positif bagi mereka.

Luangkan waktu anda dengan melakukan beberapa aktivitas seperti mengajak mereka bermain, makan bersama, memasak, dan lain-lain. Ini akan membantu anak untuk melihat bahwa tidak hanya perasaan sedih yang ada pada diri, namun perasaan senang juga.

  1. Ingatkan Anak Mereka Baik dan Berharga

Merasakan kesulitan dalam mengontrol emosi atau perasaan bukanlah hal yang buruk. Depresi juga bukan hal yang buruk. Hanya saja, saat sedang emosional, kita tidak selalu membuat pilihan terbaik.

Anak mungkin akan membuat pilihan yang buruk, tetapi begitulah cara mereka bertindak, bukan menunjukkan siapa mereka. Ini adalah pernyataan yang sangat penting ketika anda melatih emosi anak.

Penelitian telah membuktikan dengan memberi tahu anak bahwa mereka baik dan berharga cenderung menenangkan dan membawa dampak positif bagi mereka. Anda perlu memberitahukan anak bahwa tidak peduli bagaimana perasaan mereka, mereka tetaplah baik dan berharga.

Ini juga akan membantu anak menjalin relasi dengan orang disekitarnya. Anak menyukai kategori dan label. Sadara tau tidak, mereka mungkin melabeli anak lain sebagai “buruk” karena sesuatu yang dilakukan anak lain. Oleh sebab itu, memberikan kata-kata positif untuk penerimaan diri anak merupakan hal penting untuk dipelajari.

  1. Memenuhi Kebutuhan Anak

Depresi anak juga dapat diatasi dengan melihat beberapa aspek kebutuhannya. Orang tua perlu memastikan anak mengonsumsi makanan yang sehat, memiliki waktu istirahat yang cukup, dan memiliki aktivitas yang membuat mereka aktif sepanjang hari.

Hal ini akan membantu mereka untuk merasakan perasaan positif dengan kebutuhan yang tercukupi dari orang tua.

Kapan Saatnya Anda Perlu Mencari Bantuan Profesional?

Mungkin ada waktu dimana anda melihat bahwa tingkat emosional anak anda benar-benar sedih dan berlangsung berhari-hari. Meskipun anda tidak perlu khawatir berlebihan, ada bisa mencari bantuan profesional. Anda juga dapat meminta bantuan profesional untuk anak ketika emosinya menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-harinya.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300