Ekspektasi yang paling sering mungkin orang tua harapkan kepada anak mereka di sekolah adalah belajar dengan baik dan menghasilkan nilai-nilai di atas rata-rata. Tetapi ada banyak keterampilan yang sama pentingnya selain keterampilan di bidang akademis.

Studi menunjukkan bahwa keterampilan yang penting lainnya yang perlu anak pelajari  adalah keterampilan sosial: bagaimana mereka kerja sama, mengontrol diri, menunjukkan kepercayaan diri, kemandirian, rasa ingin tahu, empati, dan komunikasi.

Keterampilan sosial merupakan keterampilan yang digunakan ketika kita membangun relasi dan berinteraksi dengan sesama. Keterampilan ini akan berkembang seiring bertambahnya usia seseorang, termasuk anak anda.

Mengembangkan keterampilan sosial anak akan mempersiapkan mereka untuk memiliki interaksi yang sehat bagi orang sekitarnya. Menunjukkan kesopanan, berkomunikasi secara efektif, memperhatikan perasaan orang lain dan mengungkapkan kebutuhan pribadi merupakan komponen penting dari keterampilan sosial.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua membantu anak anda mengembangkan keterampilan ini penting. Anda membutuhkan serangkaian strategi yang berbeda di setiap tahap perkembangan.

Bagi beberapa anak, secara alami mereka akan lebih mudah bersosialisasi daripada anak lain. Ini adalah tipe orang yang disukai orang lain. Seperti keterampilan lainnya, keterampilan sosial dapat dipelajari. Namun, yang penting adalah anak mau membentuk ikatan yang baik dengan orang lain, dapat berempati dan berinteraksi dengan tepat, dan memiliki keterampilan untuk beradaptasi dalam segala situasi.

Anda dapat memulai menanamkan keterampilan sosial sejak bayi. Bayi tidak dapat memberi tahu apa yang mereka inginkan secara langsung. Artinya, anda perlu memperhatikan isyarat yang diberikan bayi. Saat anda tahu apa yang dibutuhkan bayi anda, berikanlah kepada mereka. Jika itu tidak berhasil, anda mungkin telah salah menafsirkan kebutuhan mereka, dan anda harus mencoba yang lain.

Orang dewasa terkadang membuat kesalahan dengan menganggap bahwa waktu bermain anak hanyalah untuk mengisi waktu luang. Faktanya, anak memperoleh banyak keterampilan melalui bermain. Begitulah cara mereka menjelajahi dunia di sekitar mereka, dan itu harus didorong untuk mereka mempelajari keterampilan baru saat bermain.

Saat masih bayi, mereka menjelajahi dunia mereka melalui permainan, dan mereka dapat mempelajari keterampilan baru. Anda sebagai orang tua dapat memilih untuk memperkuat keterampilan tertentu dengan memberikan umpan balik positif kepada bayi anda. Ini membuat bayi anda menumbuhkan rasa percaya diri.

Secara umum, anak-anak akan mengembangkan keterampilan sosial dan isyarat sosial tertentu pada usia berikut:

Anak usia 2 hingga 3 tahun

Mulai mampu mencari perhatian dari orang lain. Pada tahapan ini, mereka memulai kontak sosial dengan orang lain baik secara lisan (mengatakan “Hai” dan “Bye”) dan secara fisik, melihat orang yang sedang berbicara, memiliki kemampuan untuk bergiliran berbicara , dan menertawakan objek dan peristiwa lucu.

Anak usia 3 hingga 4 tahun

Anak sudah bisa belajar bergiliran saat bermain game, bermain dengan boneka, dan memulai komunikasi verbal dengan kata-kata yang sebenarnya.

Anak usia 4 hingga 5 tahun

Disini anak sudah dapat menunjukkan lebih banyak kerja sama dengan anak-anak lainnya dengan menggunakan permintaan langsung (seperti “Berhenti”). DIsini mereka juga lebih sering melakukan interaksi dan berpura-pura bermain.

Anak usia 5 hingga 6 tahun

Disini anak sudah mampu menyenangkan hati teman-temannya, contohnya dengan mengatakan kata-kata seperti “Maaf,” “Tolong,” dan “Terima kasih,”. Selain itu, mereka juga semakin strategis dalam tawar-menawar, memainkan permainan kompetitif, dan memahami permainan yang adil dan baik.

Oleh sebab itu, waktu bermain adalah bagian penting dari pertumbuhan. Jadwalkan waktu bermain anak anda bersama anda sekeluarga maupun dengan teman sebayanya. Ini adalah cara yang bagus untuk mengenalkan anak anda pada konsep menggunakan aturan ketika seorang teman datang dan untuk mengajarinya bagaimana bersikap sopan kepada tamu.

Ada hal-hal lain yang juga dapat membantu meningkatkan perkembangan sosial anak anda lebih jauh:

Mengajarkan empati: Jalankan melalui skenario yang berbeda dengan menanyakan anak Anda bagaimana perasaan orang lain ketika hal-hal tertentu terjadi, dan gantikan situasi yang berbeda setiap kali.

Menjelaskan tentang ruang pribadi: Beri tahu anak Anda bahwa penting bagi setiap orang untuk memiliki ruang pribadi agar merasa nyaman, dan praktikkan cara yang dapat diterima untuk berinteraksi dengan seseorang selama waktu bermain.

Berlatih ajakan sosial: Ajari anak cara yang tepat untuk memulai percakapan, mendapatkan perhatian seseorang, atau bergabung dengan sekelompok anak yang sudah bermain bersama. Ini semua adalah situasi yang dapat didiskusikan dan dipikirkan di meja makan, atau di dalam mobil dalam perjalanan ke sekolah atau kegiatan.

Lakukan secara bergiliran: Duduklah dengan anak Anda setidaknya selama satu jam sehari dan bermain dengannya untuk menjelaskan apa artinya menunggu, bergiliran, dan berbagi.

Untuk membangun hubungan antarmanusia yang memuaskan, penting bagi anak-anak untuk belajar dan memiliki kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan sosial yang dianggap sesuai oleh masyarakat. Penting untuk mengajari anak-anak berperilaku dengan cara yang memungkinkan mereka mengembangkan hubungan dengan orang lain.

Seiring bertambahnya usia sebagian besar anak, mereka semakin banyak berinteraksi dengan orang-orang dalam situasi di mana pengawasan langsung oleh orang tua tidak memungkinkan. Mengambil dari apa yang telah mereka pelajari di rumah dan sekolah tentang bersosialisasi, mereka bisa belajar berteman dalam kelompok sebaya mereka.

Persahabatan ini penting untuk dikembangkan semua anak. Teman memiliki fungsi penting untuk anak-anak yang tidak dapat digantikan posisinya oleh orang tua, dan mereka memainkan peran penting dalam membentuk keterampilan sosial anak dan identitas mereka.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300