Makanan manis. Orang tua sering tergoda untuk menghargai perilaku baik anak dengan memberikan hal ini. Orang tua sering tergoda memberikannya ketika anak sudah terlihat sedih dan menangis untuk mendapatkan ini. Kakek nenek juga sering memberikan  makanan manis untuk melihat wajahceria cucu mereka.

Apakah gula seburuk itu untuk anak-anak Anda? Apa yang salah dengan pemberian makanan manis untuk anak?

Gula bisa menimbulkan efek ketagihan. Jika anak sering banyak makan makanan manis, ia jadi punya kebiasaan mengonsumsi makanan manis melebihi takaran yang baik untuknya.

Berikut ini efek negatif yang terjadi pada anak jika sering mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.

  1. Menekan Sistem Kekebalan Anak. Gula dapat menekan sistem kekebalan anak dan merusak pertahanannya terhadap penyakit menular. Hal ini berarti bahwa anak anda bisa mudah terserang segala macam penyakit, pilek, flu, dll.
  2. Kerusakan gigi. Pasti banyak dari orang tua termasuk anda yang sudah tahu bahwa makanan manis bisa menyebabkan rusaknya gigi anak.
  3. Menyebabkan Hiperaktif dan Menurunkan Tingkat Konsentrasi. Gula dapat menyebabkan peningkatan adrenalin yang cepat pada anak yang selanjutnya akan menyebabkan anak mengalami hiperaktif, gelisah, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah.
  4. Gula melemahkan penglihatan. Jika anak anda banyak mengonsumsi gula, ini akan meningkatkan gula darahnya. Selanjutnya, hal ini menyebabkan lensa mata membengkak yang akan mengubah kemampuan melihat. Begitu anak anda berhenti mengonsumsi gula atau setidaknya tidak mengonsumsi gula dalam jumlah besar, penglihatannya bisa kembali normal.
  5. Gula Menyebabkan Diabetes pada Anak Usia Muda. Ketika anak-anak makan terlalu banyak gula, hal itu dapat menyebabkan penurunan sensitivitas insulin mereka yang menyebabkan kadar insulin tinggi secara tidak normal dan akhirnya diabetes. Penyakit ini mengerikan dan dapat merusak pembuluh darah, ginjal, saraf, dan mata mereka. Ini adalah salah satu efek negatif gula yang paling melemahkan pada kaum muda.

Cara Membantu Anak Mengurangi Konsumsi Makanan Manis:

  • Ajarkan Anak Bahaya Mengonsumsi Makanan Manis

Mengajari anak-anak anda nilai-nilai sejak awal adalah penting. Ajarkan kepada anak anda apa manfaat gula bagi kesehatan mereka. Setelah itu, berikan mereka contoh langsung dan jelaskan dengan sabar mengapa mereka harus mengurangi gula. Beritahukan efek dari mengonsumsi makanan manis dengan penjelasan yang mudah dimengerti.

Dengan penjelasan yang baik dari anda, anak akan lebih mudah paham dan akan berusaha untuk mengurangi konsumsi makanan manis dari diri mereka sendiri. Ingat, semuanya butuh proses.

  • Menikmati Makanan Manis dalam Jumlah Sediki dan Waktu Tertentu

Anak-anak dapat menikmati makanan dan minuman manis dalam jumlah kecil sebagai ‘suguhan’ sesekali. Cobalah seperti menawarkan porsi kecil makanan tinggi gula bersama dengan makanan sehat. Atau, menabutkan sekop kecil es krim dengan buah atau coba puding cokelat sebagai saus untuk pisang untuk membantu anak anda makan lebih sedikit gula.

  • Mengganti Gula

Orangtua perlu mencari pengganti gula karena kita tahu anak akan tertarik dengan makanan yang dimakan teman sebayanya. Jadi daripada memberi es krim, bekukan yogurt plain dan tambahkan buah segar.

  • Mengurangi Jus Kemasan

Meski jus kemasan menuliskan “100 persen jus,” “organik,” atau “tanpa tambahan gula,” tidak berarti ini jadi pilihan yang sehat. Faktanya jus kemasan mengandung 22 gram gula. Sebagai alternatif, tawarkan air putih dan tambahkan irisan timun, berry, atau jeruk sebagai penambah rasa. Atau, anda sendiri yang bisa membuatkan jus dari rumah tanpa gula atau sedikit gula.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bingung memilih tempat investasi untuk anak? Melalui artikel ini, anda dapat melihat dan membandingkan 4 alternatif investasi yang dapat anda pilih sebagai investasi pendidikan anak dengan menyesuaikannya pada kondisi keuangan anda sebagai orang tua.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300