Setiap anak akan tumbuh dan berkembang dari tahapan bayi, balita, anak-anak, remaja, dan dewasa. Salah satu tahapan yang memiliki tantangan cukup bersama dalam perkembangan anak adalah di masa masa remaja mereka. Tahapan remaja adalah masa dimana anak mulai memasuki tahapan pubertas.

Pubertas adalah tanda ketika anak akan mulai memasuki usia remaja dan beranjak meninggalkan masa kanak-kanaknya. Dalam masa transisi ini, anak akan mengalami berbagai perubahan, seperti perubahan fisik, pemikiran, emosional, social, dll.

Dengan banyaknya perubahan yang muncul dalam tahapan remaja anak anda, anda akan memiliki tantangan untuk menjaga komunikasi anda dan anak untuk tetap terhubung. Aktivitas di sekolah, minat baru, dan kehidupan sosial yang berkembang menjadi lebih penting bagi anak yang sedang berada pada tahapan remaja.

Namun ingat, orang tua harus tetap berperan penting dalam perkembangan anak saat ini dengan memberikan cinta, bimbingan, dan dukungan. Hubungan anda dengan anak akan memberikan rasa aman dan membantu membangun ketahanan yang dibutuhkan mereka dalam menghadapi kehidupan.

Pastikan anda mempertahankan hubungan yang baik bersama anak remaja anda. Banyak hal-hal kecil dan sederhana yang dapat memperkuat hubungan. Ada beberapa tips yang penulis sarankan untuk anda dalam menghadapi masa remaja anak.

  1. Mempunyai jadwal rutin makan bersama keluarga. Makan bersama keluarga akan memberikan waktu bersama yang berharga bagi seluruh anggota keluarga termasuk anak remaja anda. Memiliki rutinitas seperti ini menunjukkan kepedulian anda terhadap keharmonisan keluarga. Anda juga dapat mengatur jadwal yang melibatkan semua orang dalam persiapan dan pembersihan. Hal ini membantu membangun kedekatan keluarga anda.
  2. Ucapan selamat malam. Jika setiap malam anda menyempatkan diri untuk berbicara dengan anak remaja anda, ini akan membawa dampak positif dalam hubungan kedekatan anda bersama anak. Sediakan waktu beberapa menit sebelum tidur datang ke kamarnya, mengajak ngobrol hal-hal yang mungkin sedang dia pikirkan atau rasakan. Jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat malam kepadanya.
  3. Tentukan Play-Date. Ajaklah anak remaja anda untuk jalan bersama-sama. Anda bisa membiarkan anak anda yang memilih tempat untuk dikunjungi. Aktivitas ini memberikan anda kesempatan untuk menikmati kebersamaan satu sama lain. Anda juga mengizinkan anak anda untuk lebih terbuka kepada anda melalui aktivitas jalan bersama-sama ke tempat yang dia sukai.
  4. Konsisten menunjukkan kasih sayang. Ini hal yang secara konsisten perlu anda tunjukkan, baik dalam bentuk verbal maupun Tindakan. Tunjukkan bahwa anda sangat menyayangi mereka dala setiap pemikiran, keputusan, dan hal-hal yang anda tunjukkan kepada mereka. Melakukannya memastikan bahwa anak-anak merasa aman dan dicintai. Tetap pastikan kasih sayang yang anda tunjukkan tidak terlalu berlebihan apalagi di depan umum karena mereka akan merasa minder di usia mereka.
  5. Mengelola penggunaan elektronik. Seiring bertambahnya usia anak, mereka cenderung memiliki dan sering menggunakan tablet, laptop, atau ponsel mereka sendiri. Berikan anak anda pemahaman bahwa penggunaan elektronik yang berlebihan dapat membawa efek negatif. Terlebih bagi keluarga anda, hal ini mengurangi kualitas waktu keluarga. Diskusikan batasan waktu yang konsisten bersama anak remaja anda dalam penggunaan elektronik.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Mencari cara mengatur waktu yang baik untuk keluarga dan pekerjaan anda? Artikel ini memberikan langkah-langkah strategis yang dapat anda coba untuk meminimalisir kekacauan yang mungkin datang ketika mencoba menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300