Persaingan saudara, pertengkaran, pertengkaran, dan pertengkaran. Tentu saja hal ini dapat membuat anda sebagai orang tua frustrasi dan merasa lelah secara mental ketika anak-anak anda terus-menerus bertengkar satu sama lain. Saat anda berusaha memisahkan mereka dan ternyata mereka memohon untuk bermain bersama lagi, itu membuat keseluruhan situasi menjadi lebih membingungkan.

Anda tidak sendirian dalam situasi ini. Kebanyakan orang tua menilai pertengkaran anak satu sama lain sebagai salah satu masalah di keluarga. Selain itu, situasi ini sulit untuk dicegah agar tidak terjadi.

Meskipun hal itu membuat anda capek dan bahkan tertekan, secara tidak langsung perselisihan antara saudara mengajari anak bagaimana menangani dan menyelesaikan konflik pada usia dini. Ini akan membantu mereka menangani konflik dalam hubungan di luar keluarga dekat mereka seiring bertambahnya usia.

Ada banyak cara yang telah disarankan dari waktu ke waktu oleh orang tua dari seluruh dunia untuk menangani pertengkaran antar saudara. Ada beberapa cara yang dituliskan disini untuk mengatasi pertengkaran adik kakak yang sering terjadi.

Biarkan Mereka Tahu Mereka Bersama-sama

Sangat mudah untuk menyadarkan bahwa mereka adalah saudara kandung. Yang lebih tua dimaksudkan untuk lebih bertanggung jawab dan menjaga adik mereka. Yang lebih muda mungkin merasa frustasi karena mereka tidak bisa melakukan apa yang bisa dilakukan oleh yang lebih tua. Mereka selalu berada di urutan kedua (atau ketiga, atau keempat…).

Sebagai orang tua, anda perlu mengambil langkah untuk memberi tahu anak-anak bahwa mereka berada dalam situasi yang sama. Mereka adalah anak-anak dan anda adalah orang tua. Jika anda menempatkan anak tertua pada posisi bertanggung jawab, anda tidak dapat menyalahkan mereka ketika mereka berpikir mereka dapat mengatur si kecil.

Jadi, meskipun ada yang berperan lebih tua dan lebih muda, beritahukan mereka bahwa mereka semua sama di mata anda. Semua berhak mengemukakan pendapat. Jikalau yang muda salah, anak yang muda harus menyatakan kesalahan. Sedangkan jikalau anak yang lebih tua salah, dia harus berani mengakui kesalahannya juga.

Setara tapi Berbeda

Meskipun merupakan satu kesatuan, kita tahu bahwa semua anak adalah individu sama seperti anda. Oleh karena itu, penting untuk mulai mengajari mereka sejak awal bahwa “setara dan adil” tidak selalu berarti diperlakukan dengan cara yang sama.

Setiap anak harus diperlakukan dengan adil dan sebagai individu. Jika anak-anak merasa ada sesuatu yang tidak adil – dengarkan mereka. Akui bahwa mereka merasa seperti itu tetapi luangkan waktu anda untuk menjelaskan mengapa memperlakukan mereka dengan adil dapat berarti memperlakukan mereka secara berbeda.

Lalu, jelaskan mengapa ada perbedaan. Mungkinkah mereka mendapat sepeda baru ketika mereka seumuran? Mungkinkah saudara yang berumur 6 tahun sama-sama boleh menggunakan komputer seperti kakaknya yang berumur 10 tahun?

Memberikan Anak Waktu

Anak-anak butuh waktu. Mereka juga, pada dasarnya memiliki keegoisan diri. Oleh karena itu, salah satu hadiah terbesar yang dapat anda berikan kepada mereka berkaitan dengan hubungan mereka satu sama lain adalah memberi mereka waktu satu lawan satu yang teratur dan tidak terbagi.

Meskipun kehidupan modern dapat membuat hal ini sulit untuk dilakukan, ini sangat penting. Di saat sedang bersama, berikan diri anda sepenuhnya untuk kebutuhan anak anda. Beri tahu mereka bahwa anda peduli terhadap anak-anak anda dengan apapun jenis pendekatan yang anda lakukan.

Membuat Peraturan

Jika perlu, anda dapat membuat peraturan untuk anak-anak anda. Anda bisa menuiskan peraturannya dan menempelkan di area anak-anak bermain. Isi peraturan tersebut adalah tentang larangan bertengkar dan memberikan sanksinya jika peraturan itu dilanggar.

Pastikan sebagai orang tua, anda menerapkan sanksi yang positif dan mendidik. Misalnya, sanksi membersihkan pekarangan rumah bersama-sama, pemotongan uang saku, time out (memikirkan kesalahan mereka bersama dengan berdiri secara terpisah, diam, dan melakukan refleksi atas kesalahan mereka), dll. Peraturan ini dibuat agar mereka mengingatnya saat mereka bertengkar. Jika mereka bisa tidak melanggar aturan secara konsisten, pujilah mereka. Sehingga mereka merasa dihargai.

Ajarkan Anak Memecahkan Masalah Bersama

Jika anda melihat pertengkaran saudara muncul, anda tergoda untuk masuk dengan pendekatan orang dewasa dan menyelesaikan masalah sebelum masalah itu dimulai. Namun, anda melewatkan kesempatan mereka belajar hal penting dari saudara kandung, yakni belajar menyelesaikan masalah.

Sebaliknya, beri tahu anak-anak bahwa anda mengetahui perkelahian yang sedang berlangsung. Beritahukan mereka bahwa anda tahu bahwa mereka mampu memecahkan masalah mereka dengan hebat dan anda akan kembali lagi dalam beberapa menit kepada mereka untuk mendengar solusi mereka.

Hal ini memberikan tanggung jawab kepada mereka untuk menyelesaikan masalah mereka. Ketika anda kembali, dengarkan solusi yang telah mereka coba buat bersama. Periksa apakah kedua sisi senang. Kemudian puji mereka atas pendekatan mereka. Jika tidak berhasil, anda bisa memberikan solusi yang anda buat untuk mereka.

Rayakan Perbedaan

Sangat wajar untuk melihat perbandingan di antara anak-anak anda. Tapi simpanlah ini untuk dirimu sendiri. Rayakan apa yang dilakukan setiap individu dan berhati-hati untuk tidak melabeli mereka. Jika anda memberi label pada anak-anak anda, misalnya, ‘yang cerdas’ atau ‘yang sporty’, secara tidak langsung anda sudah membatasi potensi mereka dan juga potensi saudara mereka yang merasa tidak bisa bersaing, dan ‘tidak baik’ di bidang itu.

Satu hal penting lainnya adalah, jangan pernah memulai kalimat dengan “Mengapa kamu tidak bisa melakukan X seperti saudaramu…”. Tentu saja ini akan membuat anak anda semakin tertekan dan merasa tidak mampu. Ini akan menghilangkan kepercayaan diri mereka jika mereka sering mendengarkan pernyataan seperti ini dari anda.

Jika anda dapat mencegah pertengkaran saudara dengan menerapkan langkah-langkah di atas, anda telah mengajarkan hal-hal baik kepada anak-anak anda. Saudara kandung selamanya dan mereka bisa menjadi teman baik seumur hidup. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan bantuan untuk membangun fondasi yang tepat, yakni dengan strategi anda sebagai orang tua.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Temukan 4 cara pada artikel ini yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk memantau anak anda tanpa membuat batasan ekstrim yang dapat membuat hubungan anda dengan anak menjadi kurang baik.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300