Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk keluarganya, termasuk memberi mereka awal yang terbaik dalam hidup. Anda sebagai orang tua ingin memfasilitasa perkembangan mereka dengan biaya endidikan yang terbaik, kebutuhan fasilitas yang mencukupi, menikah atau membeli rumah.

Jika ingin mewujudkan impian ini, anda harus memulai dengan membuat rencana keuangan untuk keluarga anda. Mengatur keuangan apalagi untuk rumah tangga memang tidak mudah. Anda perlu memikirkan strategi dan mengatur penghasilan yang and dapatkan agar dapat anda Kelola dengan baik sehingg bisa memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga.

Beberapa hal dibawah ini merupakan cara tepat yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga anda.

Memantau Pengeluaran Keluarga

Jikalau anda tidak memantau pengeluaran keluarga anda, sangat mudah untuk kehilangan jejak ke mana semua uang anda pergi. Jika anda ingin berpegang pada anggaran yang sesuai dengan penghasilan sekeluarga, pantaulah pengeluaran anda. Anda dapat melakukan ini dengan menggambar spreadsheet sederhana di computer atau anda bisa membuatkan buku pengeluaran anda dan mencatatnya setiap hari.

Untuk memulai pemantauan pengeluaran harian anda, anda bisa mulau mencobanya dengan memasukkan bagian-bagian di bawah ini:

Tanggal – hari pembayaran sesuatu

Jumlah – berapa banyak uang yang dibayarkan

Item – apa yang kamu beli

Metode – cara Anda membayar (dengan kartu atau uang tunai)

Alasan – apakah pembelian itu merupakan kebutuhan atau barang mewah?

Catatan – komentar tambahan (mungkin jika ini adalah pembelian biasa atau tidak)

Anda dapat mencatat hal-hal seperti belanja makanan mingguan yang (beberapa barang) sebagai satu item. Dengan mencatat pengeluaran, lebih mudah bagi anda untuk tahu apa yang keluar dari akun anda setiap hari setiap bulan.

Membuat Tujuan Keuangan

Ketika anda berjuang dari bulan ke bulan hanya untuk membayar tagihan, menabung terlihat sangat sulit untuk dilakukan. Apakah anda ingin menabung untuk biaya kuliah anak atau ingin menyisihkan uang untuk masa pensiun anda, membuat tujuan keuangan adalah langkah penting dalam melindungi masa depan keluarga.

Oleh sebab itu, sesulit apapun, anda harus memulai membuat tujuan keuangan dan berusaha mengikuti untuk tujuan itu. Anda bisa mencapai tujuan keuangan anda dengan cara menabung atau menambah sumber penghasilan anda dengan berbagai cara yang ada, misalnya bisnis sampingan maupun investasi.

Membebaskan Diri dari Hutang

Berhutang bisa membuat anda kewalahan, apalagi jika hutang anda sudah menumpuk. Namun, mengelola hutang itu mudah jika hnda menetapkan tujuan yang realistis. Rencana pengelolaan utang dapat dimasukkan ke dalam anggaran anda sehingga dapat melunasi kartu kredit, hipotek, dan menghilangkan utang anda secara keseluruhan yang tentu membutuhkan beberapa waktu.

Anda mungkin tidak dapat melunasi semua hutang secara langsung, tetapi anda bisa memulainya denan membuat rencana yang realistis untuk berusaha melunasi hutang yang ada. Anggaran yang anda buat akan menunjukkan ke mana uang anda pergi. Anda dapat melihat pengeluaran yang tidak perlu sehingga kemudian dapat mengidentifikasi ke mana uang anda benar-benar perlu untuk dipakai dan yang bisa dikurangi.

Kontrol Pengeluaran untuk Makanan

Makanan merupakan salah kebutuhan terpenting bagi semua orang. Sehingga terkadang, banyak keluarga yang menyepelekan menghitung anggaran makann karena berpikir bahwa itu penting dan memaklumi tingkat pemborosan terhadap makanan. Padahal, dengan mengontrol pengeluaran makanan, anggaran keuangan keluarga anda dapat terbantu.

Anda dapat mengurangi biaya makanan keluarga anda dengan anggaran makanan yang sudah terencana dengan baik. Hemat uang untuk belanjaan dengan daftar belanjaan siap pakai dari resep favorit keluarga anda. Diskusikan bersama dengan pasangan apa yang perlu dibeli untuk makanan sehari-hari dan yang perlu selalu tersedia di rumah.

Dengan melakukan hal ini, anda akan selalu tahu apa yang anda butuhkan. Dapur anda akan tetap terisi tanpa harus menghamburkan uang. Pikirkan juga tempat atau toko yang menjual bahan makanan yang lebih murah.

Menyimpan Dana Darurat

Susun anggaran anda dengan benar dan siapkan dana untuk menghadapi situasi darurat. Anda dapat memilih untuk melakukan pembayaran ke dana darurat anda, memperlakukannya seperti tagihan bulanan.

Ada banyak alasan mengapa anda yang sudah berkeluarga atau akan berencana berkeluarga dalam waktu dekat membutuhkan dana darurat, termasuk:

  • Jika anda kehilangan pekerjaan dan masih membutuhkan cara untuk membayar sesuatu
  • Sesuatu yang mahal di rumah anda rusak (seperti barang elektronik atau mobil)
  • Seseorang di keluarga anda membutuhkan perawatan medis yang mendesak
  • Anda sekeluarga terpaksa pindah tempat tingga karena pekerjaan

Dana darurat tidak hanya untuk hal buruk yang terjadi. Terkadang anda juga dapat menggunakan dana darurat untuk hal positif, misalnya mencari atau membuat pekerjaan baru.

Memiliki Tabungan untuk Hiburan Keluarga

Selain membuat dana darurat, anggaran yang baik dan terencana dapat membantu anda memiliki tabungan untuk hiburan keluarga. Anda dapat menggunakan uang berlebih untuk menghibur sekeluarga anda baik dalam waktu dekat atau untuk jangka panjang.

Tabungan uang di bagian ini dapat digunakan untuk:

  • Liburan keluarga
  • Hari keluarga
  • Barang-barang rumah untuk keluarga, seperti TV atau komputer baru
  • Makan bersama di luar

Terkadang kita lupa bahwa anggaran tidak harus selalu tentang pengeluaran yang membosankan. Menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan bersama keluarga sama pentingnya dengan memastikan keadaan keuangan anda stabil.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bingung memilih tempat investasi untuk anak? Melalui artikel ini, anda dapat melihat dan membandingkan 4 alternatif investasi yang dapat anda pilih sebagai investasi pendidikan anak dengan menyesuaikannya pada kondisi keuangan anda sebagai orang tua.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300