Di hari pertama anak masuk sekolah, pendampingan anda sebagai orang tua merupakan hal yang baik untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi anak anda yang baru saja merasakan lingkungan yang baru. Selain dapat menciptakan momen dengan anak di hari pertama, anda juga dapat membangun lingkungan baru dengan berinteraksi dengan pihak sekolah dan orang tua murid lain.

Berinteraksi dengan pihak-pihak yang terlibat dengan anak anda secara langsung merupakan tidak langsung merupakan hal penting. Termasuk dengan interaksi antar sesama orang tua murid. Ada 4 manfaat yang anda dapatkan ketika anda menjalin komunikasi yang baik antar orang tua murid di sekolah, yakni:

Mendapatkan Informasi Terkini di Sekolah

Mengajak orang tua murid yang anda temui untuk mengobrol merupakan langkah awal yang baik untuk membangun komunikasi yang baik antar sesama orang tua. Saling mengobrol, meminta nomor telepon, dan jika ada, bergabung di grup chat yang diikuti para orang tua terutama yang memiliki anak sekelas dengan anak anda.

Manfaatkan media ini untuk mengenal sesama orang tua murid. Dengan begitu, anda akan dengan mudah menanyakan atau mendapatkan info terbaru tentang sekolah atau sekadar memastikan kembali info yang anda dapatkan dari anak.

Memiliki Hubungan Baik Antar Sesama Orang Tua

Membangun komunikasi yang baik antar sesama orang tua tentu saja dapat membangun hubungan yang baik. Anda secara sadar maupun tidak sadar akan membagikan dan mendapatkan informasi terbaru seputar pola asuh yang dilakukan orang tua lain terapkan. Selain itu, anda juga tidak akan tertinggal informasi atau foto dari kegiatan di sekolah.

Ada saatnya mungkin anda tidak setuju dengan semua aturan dan kepercayaan orang tua anak lain ketika anda telah menjalin hubungan yang baik satu dengan yang lain. Apapun perbedaan yang anda miliki, tetap saling menghormati privasi pola asuh orang tua satu sama lain.

Jika anda yang merasakan bahwa privasi anda telah dilanggar, cobalah untuk tetap tenang. Anda mungkin bisa sekedar mengingatkan satu dengan yang lain bahwa setiap orang tua memiliki tantangan yang berbeda-beda mengingat setiap anak tumbuh dan berkembang dengan keunikan mereka masing-masing.

Menjadi Contoh bagi Anak Memiliki Interaksi Sosial yang Benar

Hormati sesama orang tua. Tampaknya sangat sederhana, namun tidak selalu terjadi. Anda mungkin tidak cocok dengan semua orang. Ini terjadi hampir setiap kali kita berada pada sekelompok besar orang yang berkumpul bersama berulang kali.

Anda tidak harus menyukai semua orang dan semua orang tidak harus menyukai anda, tetapi menjadi panutan yang baik adalah kunci dalam membesarkan anak-anak yang penuh hormat dan toleran.

Meskipun Anda tidak memiliki rasa kecocokan yang baik dengan seseorang atau merasa tidak menyukai mereka, tetaplah bersikap hormat dan sopan, terutama di depan anak-anak. Inilah yang akan anak anda pelajari bagaimana anda berinteraksi dengan orang luar.

Turut Serta Meningkatkan Kualitas Sekolah

Orang tua murid yang sudah saling mengenal dan memiliki hubungan yang baik karena anak akan memiliki rasa solidaritas yang kuat. Kedekatan tersebut membuka kesempatan bagi orang tua untuk bertemu, mengenal, dan mendiskusikan banyak hal dengan pihak sekolah terutama soal peningkatan kualitas dari sekolah.

Melalui hal ini, orang tua bisa ikut terlibat dalam kegiatan di sekolah. Orang tua dapat memberikan ide kepada pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik lagi. Orang tua juga dapat memberikan banyak bantuan seperti mengadakan parents meeting untuk mendiskusikan tentang kegiatan yang berkaitan dengan pertumbuhan dengan perkembangan anak di sekolah.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300