Di tengah pandemi saat ini, kebanyakan dari kita telah bekerja dari rumah. Pasti menjadi tantangan tersendiri bagi anda orang tua yang jarang bekerja dari rumah, ditambah anak anda pun sedang berada di rumah

Itulah sebabnya anda yang bekerja di rumah perlu mencari cara untuk menemukan hal-hal yang menyenangkan untuk anak lakukan saat di rumah. Tentu ini bukanlah hal yang mudah apalagi saat anda sedang menngejar menyelesaikan pekerjaan, sementara anak terus mencari perhatian anda.

Oleh sebab itu, saat ini penulis dari sudut pandang seorang guru memberikan beberapa strategi yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengalihkan perhatian anak dari anda. Bagaimana caranya?

Melukis

Proyek seni dapat membuat anak sibuk selama berjam-jam. Perluas aktivitas dengan menyediakan berbagai objek yang bisa mereka gunakan untuk melukis. Mereka bisa mencoba daun, kapas, atau jari!

Ketika anda memberikan aktivitas ini untuk anak, pastikan anda dapat meninggalkan mereka dengan alat dan bahan yang aman (kids friendly) dan berikan aturan-aturan yang jelas untuk memastikan mereka aman saat bermain. Tetap ambil waktu untuk anda mengecek anak saat sedang melukis.

Memberi Buku Bacaan atau Activity Book

Saat anak anda mendatangi anda saat sedang bekerja, anda bisa mengalihkan perhatian mereka dengan memberikan buku bacaan yang menarik atau sekedar activity book. Berikanlah buku yang sesuai dengan umur mereka.

Mencuci mainan

Aktivitas ini terlihat mudah, namun ini adalah salah satu aktivitas yang dapat membantu anak anda tetap sibuk saat anda bekerja.

Anda bisa menyiapkan ember yang berisi air, handuk, dan kotak berisi mainan anak (mainan elektronik tidak perlu dimasukkan dalam aktivitas ini). Sebelum aktivitas ini, beritahu anak anda pentingnya menjaga kebersihan mainan mereka, apalagi di tengah pandemi saat ini.

Setelah itu, anda bisa membiarkan mereka membersihkan mainan mereka dengan meletakannya di air, dibersihkan, dan dikeringkan menggunakan handuk. Anda bisa memberi contoh terlebih dahulu sebelum mereka melakukannya.

Berdandan

Ini dapat dilakukan terlebih bagi anak perempuan. Jika anda memiliki kotak pakaian atau kardus, anda sudah bisa melakukan ini. Anda bisa menyediakan beberapa kotak atau kardus dan mengisinya sesuai dengan kategori yang anda inginkan. Misalnya, 1 kardus untuk pakaian, 1 kardus untuk aksesoris, dll.

Anda bisa membiarkan anak belajar mengeksplorasi cara mereka berpenampilan. Mungkin saat melakukan hal ini, akan ada saat dimana anak akan mendatangi anda untuk membantu dia menggunakan pakaian atau sekedar menunjukkan penampillannya. Yang terpenting adalah anda memberikan anak anda aktivitas selagi anda bekerja.

Berkemah

Jikalau anda mau, anda bisa menyiapkan tenda dengan membelinya atau membuat tenda anda sendiri bagi anak (menggunakan kain dan beberapa alat lainnya sesuai kreativitas anda). Biasanya tenda dijual seharga 150 ribuan.

Di dalam tenda anak, siapkan beberapa barang untuk mereka bermain di dalam kemah. Anda juga bisa mengatur bantal dan selimut di dalam tenda sehingga mereka nyaman dalam tenda itu.

Anda juga dapat menyiapkan makanan ringan yang sehat. Masukkan juga beberapa buku yang dapat menemani anak anda di kemahnya. Di dalam kemah ini, anak anda akan memiliki waktu bermain sendiri dengan beberapa barang yang telah anda sediakan.

Bahkan, anak dapat tertidur sendiri setelah meresa asik bermain di tendanya. Tetap pantau anak anda saat bermain di tenda selagi anda bekerja dari rumah.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Setiap anak itu berbeda dan unik. Mereka berkembang secara berbeda sehingga membutuhkan jenis dukungan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan diri masing-masing. Pelajari artikel ini lebih lanjut untuk memahami perbedaan setiap anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300