Saat ini teknologi telah membuat dunia kita semakin modern. Teknologi banyak membawa dampak positif dalam kehidupan, yakni mengerjakan sesuatu dengan lebih produktif, efisien, dan mengembangkan keterampilan-keterampilan baru. Ini juga dirasakan kepada anak-anak saat ini.

Sayangnya, teknologi tidak saja membawa dampak positif, tetapi juga dampak negatif. Anak yang cenderung sering diberikan waktu menggunakan gadget  dapat menyebabkan kecanduan penggunaan gadget.

Kecanduan gadget membawa banyak dampak negatif bagi anak. Diambil dari jurnal “Depression and Anxiety”, dampak negatif dari kecanduan gadget adalah:

  • Kecenderungan terjadi penundaan bicara atau bahasa
  • Kesulitan untuk fokus
  • Kecenderungan mengalami belajar
  • Muncul tanda-tanda kegelisahan
  • Depresi masa kecil
  • Membawa dampak negatif pada karakter

Karena itu, sebagai orang tua, anda perlu mewaspadai tanda-tanda dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuat anda terhindar dari kecanduan gadget.

  1. Menjadi Contoh Bagi Anak

Anak cenderung belajar dengan cepat dengan melihat contoh dari orang sekitarnya. Jika mereka melihat anda menghabiskan banyak waktu untuk gadget, maka mereka cenderung akan melakukan hal yang sama. Oleh sebab itu, bimbinglah anak anda dalam penggunaan gadget dengan menjadi contoh mereka.

Fokuskan diri anda untuk membantu anak menumbuhkan kebiasaan sehat untuk diri anda seperti berolahraga, membaca, dll. Ini dapat mendorong anak mengikuti kebiasaan baik anda.

  1. Menjadi Orang Tua yang Paham Teknologi

Anak-anak saat ini mahir dan mudah menggunakan teknologi. Itulah yang menyebabkan peluang mereka kecanduan akan gadget semakin besar. Kebanyakan dari mereka tahu lebih banyak tentang elektronik daripada orang dewasa. Oleh sebab itu, aorang tua harus selalu mengikuti perkembangan aplikasi, game, dan media sosial, serta tren terbaru.

Anda harus mengetahui semua perkembangan teknologi agar dapat mengajari anak anda mengenai risiko dari penggunaannya itu. Contohnya, anda harus mempelajari terlebih dahulu tentang media sosial sebelum anda mengatakan kepada anak anda secara langsung apa bahayanya. Sehingga, anda sudah mempelajari dan mengalaminya terlebih dahulu dan memberitahukan anak dampak dari kecanduan gadget bagi pertumbuhan mereka.

  1. Menetapkan Jadwal

Anda dapat mengatur durasi dan waktu harian tertentu anak diizinkan bermain gadget seperti HP, laptop, atau TV sebagai hiburan. Hal ini akan sangat cocok dan berdampak besar pada anak yang lebih muda. Mereka dapat belajar tentang rutinitas dari jadwal penggunaan gadget.

Sistem seperti ini perlu disesuaikan bagi anak usia sekolah. Anda bisa mencoba menggunakan sistem token, di mana anda memberikan misalnya empat token dimana setiap token memiliki durasi 30 menit untuk penggunaannya.

Jadi akan lebih bijak untuk menggunakan token yang mereka miliki untuk penggunaan keperluan penting mereka. Jika mereka punya token tersisa, bisa mereka gunakan untuk hiburan. Untuk jumlah token dan durasi waktunya, anda sebagai orang tua yang dapat menentukan hal ini dan juga lakukan diskusi bersama anak anda.

Kunci sukses melakukan kedua hal diatas adalah konsistensi. Anak terutama seiring bertambahnya usia, pasti akan mencari celah. Ketika anda membuat celah untuk mereka mencari letak kesalahan penerapan sistem ini dengan ketidakonsistennya anda, anda membuat sistem ini menjadi lemah setiap harinya.

  1. Membuat Zona “Tanpa-Teknologi” di Rumah

Tetapkan zona di rumah anda yang melarang penggunaan segala jenis perangkat elektronik. Anda bisa menerapkan hal ini misalnya di ruang makan atau ruang keluarga di rumah anda. Gunakan ruang tanpa teknologi ini untuk makan dan melakukan kegiatan bersama keluarga.

Dengan begitu, anak juga menghargai waktu luang bersama keluarga dan belajar menggunakan perangkat berbau teknologi dengan Batasan yang telah ditentukan dan disepakati bersama.

  1. Siapkan Pilihan Non-Teknologi yang Menarik

Banyak eksplorasi diri anda dengan banyaknya media atau alat yang dapat anda gunakan untuk mengurangi waktu bermain anak anda dengan gadget. Contohnya, mempersiapkan permainan tradisional yang menarik, seperti lompat tali. Ajarkan anak anda cara bermain dan ikut terlibat dalam permainan mereka.

Untuk anak yang lebih besar, anda bisa memberikan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti kegiatan menggambar/melukis, belajar alat musik, berolahraga, membaca buku, atau kegiatan lainnya yang dapat mengembangkan keterampilan anak anda namun tetap membuat mereka menikmati waktu tanpa gadget.

Daripada anda berusaha sebesar mungkin mencoba menghilangkan teknologi saat ini dari kehidupan anak, anda bisa memnuculkan alternatif baru, konkrit, dan menarik, sehingga anak anda pada akhirnya bisa terhindar dari kecanduan gadget.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Pernakah anda membantu anak mengerjakan PR? Bacalah artikel ini untuk mengetahui dampak mengerjakan PR anak dan anda bisa melihat batasan bantuan seperti apa yang bisa anda berikan di kemudian hari bagi kebaikan anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300