Banyak anak yang bertanya kepada guru matematika mengapa mempelajari konsep atau keterampilan matematika itu penting. Hal ini dikarenakan banyak anak yang mengalami kesulitan untuk menyukai mata pelajaran ini.

Ketika membantu anak-anak mengerjakan PR, banyak orang tua yang mungkin bertanya-tanya hal yang sama. Studi yang dilakukan oleh Mark H. Karwan, dekan di Universitas Buffalo menunjukkan bahwa sikap orang tua, baik itu positif atau negatif dapat memengaruhi sikap anak-anak tentang matematika, sehingga berpengaruh pada kinerja matematika mereka.

Oleh sebab itu, penting bagi anda sebagai orang tua untuk mendorong anak berprestasi atau setidaknya memahami bidang ini. Ada 4 manfaat yang anak dapatkan dengan mereka memahami konsep matematika.

Melatih Pemikiran Logis dan Kritis

Matematika mengajarkan logika dan keteraturan. Saat belajar matematika, anak belajar untuk menemukan hasil yang dapat diprediksi yang harus diikuti dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai hasil tersebut. Disiplin pikiran yang dikembangkan anak di kelas ini dapat terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak perusahaan yang menerapkan pembelajaran matematika. Oleh sebab itu mereka akan mempekerjakan jurusan matematika berdasarkan anggapan bahwa siswa yang mampu memahami konsep matematika dengan mudah telah belajar cara berpikir.

Matematika juga menyediakan sarana untuk mempraktikkan dan menyempurnakan keterampilan berpikir kritis. Contoh berpikir kritis matematis adalah ketika siswa diminta untuk menjelaskan bagaimana mereka mendapatkan jawaban untuk suatu pertanyaan yang kompleks atau untuk mendeskripsikan ide-ide di balik rumus atau proses yang digunakan saat menjawab.

Disinilah peran matematika yang membantu anak berpikir kritis juga logis dalam kehidupannya.

Mengajar Keterampilan Hidup

Akan sulit bagi kita menjalani kehidupan mandiri tanpa keterampilan matematika dasar. Sejak kecil, anak-anak mulai belajar tentang uang di awal sekolah dasar. Pada kelas-kelas berikutnya anak belajar menghitung persentase dan pecahan.

Orang-orang harus memiliki keterampilan matematika dasar untuk mampu melakukan keterampilan hidup lainnya. Contohnya mampu belajar memasak mengikuti resep, mengevaluasi apakah suatu barang yang sedang dibersihkan itu bagus atau tidak, dan mengatur anggaran.

Matematika dapat berguna untuk mengatur keuangan anak di masa depan. Contohnya dalam mengatur rekening bank anak kedepannya, ini merupakan kecakapan hidup penting yang membutuhkan matematika untuk mengurangi saldo.

Oleh karena itu, anak yang memahami matematika cenderung tidak berhutang/memiliki hutang yang sedikit di masa depan karena mereka tahu berapa banyak uang yang mereka miliki versus berapa banyak uang yang mereka belanjakan.

Mendukung Pendidikan dan Karir Berkelanjutan

Hampir semua Pendidikan dan karir membutuhkan keterampilan matematika dasar. Anak yang terampil dalam matematika dan yang mencari gelar yang lebih tinggi akan menemukan bahwa pekerjaan bergaji tinggi seperti teknik, kedokteran maupun wirausaha akan memberikan peluang besar. Oleh sebab itu, menguntungkan bagi anak ketika mereka memiliki keterampilan matematika.

Kemampuan membaca angka dan data

Di masa-masa pandemi seperti ini, mungkin kita lebih sering melihat angka dan data. Mau tidak mau kita harus melihat tabel data dengan banyak parameter serta berderet grafik statistik.

Kemampuan matematis akan mempermudah kita membaca angka dan data. Oleh sebab itu, membiasakan anak belajar matematika akan memampukan mereka terbiasa dan mampu mengolah angka dan data yang mereka temui, baik di sekolah, di dunia kerja, maupun di kehidupan sehari-harinya.

Oleh sebab itu, perlu bagi kita sebagai orang tua untuk mendorong anak memahami dan menyukai matematika. Mulailah memperkenalkan matematika pada anak sejak usia dini, karena matematika adalah pelajaran yang akan selalu ditemui di sepanjang jalan hidupnya kedepan.

Hindari menunjukkan keputusasaan saat anda melihat kegagalan kecil yang dilakukan sang anak saat belajar matematika. Karena proses belajar matematika adalah stimulasi otak. Dan butuh beberapa waktu untuk mempelajari ini.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bingung memilih tempat investasi untuk anak? Melalui artikel ini, anda dapat melihat dan membandingkan 4 alternatif investasi yang dapat anda pilih sebagai investasi pendidikan anak dengan menyesuaikannya pada kondisi keuangan anda sebagai orang tua.
Apakah anda familiar dengan kurikulum sekolah anak ? Jikalau tidak, pelajari fungsi kurikulum sekolah melalui artikel ini untuk pemahaman anda yang lebih baik bagi sistem pendidikan sekolah anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300