“Every son quotes his father, in words and in deeds.” – Terri Guillemets

Peran ayah dalam kehidupan anak tidak dapat diisi oleh orang lain, termasuk oleh ibu. Hasilnya, ibu dan ayah mempunyai gaya pola asuh yang berbeda dalam tumbuh kembang anal. Peran ayah dapat berdampak besar pada seorang anak. Perannya dapat membantu membentuk sang anak menjadi seperti apa mereka nantinya, khususnya anak laki-laki.

Kita harus menghargai bahwa ayah memainkan peran yang krusial dan tak tergantikan dalam membentuk karakter anak laki-lakinya. Tentu saja anda sebagai orang tua menginginkan anak laki-laki yang baik, pekerja keras, pintar, dan karakter positif lainnya. Tetapi lebih penting lagi, anda ingin menjadikan anak lelaki anda sebagai seorang lelaki yang sebenarnya. Disini, para ayah lah yang dapat membantu mewujudkan hal ini.

Oleh sebab itu, penting bagi para ayah untuk mempertimbangkan sosok ayah seperti apa yang anda ingin tunjukkan bagi anak laki-laki anda untuk membantu dia dalam perjalanan hidupnya sebagai seorang lelaki.

Sepenting itukah peran ayah terhadap anak lelakinya? Apa sajakah pembelajaran yang dapat ayah berikan bagi anak lelakinya?  Ada 3 pengajaran yang hanya seorang ayah dapat ajarkan bagi sang anak lelaki.

Seorang Ayah Bukanlah Seorang Ibu

Ketika anda membaca poin ini, mungkin anda mengatakan “ya ini sudah jelas!”. Ya, ini memang terlihat cukup jelas dari pandangan mata, tetapi ini sangat penting. Inilah poin yang sering ayah ajarkan bagi anak laki-lakinya. Seorang peneliti, Dr. Kyle dari Yale University melaporkan pentingnya peran ayah untuk perkembangan anak yang sehat, menjelaskan bahwa bayi sejak dini belajar membedakan antara ibu dan ayah.

Peran ibu sangatlah penting, namun faktor yang paling berpengaruh dalam kesehatan emosional anak laki-laki dipengaruhi oleh seberapa terlibat sang ayah dalam mengasuh anaknya. Ayah menunjukkan semua dunia lelaki.  Dimulai dari perbedaan suara, tangan, cara bermain ayah yang lebih fisikal dan menantang, serta cara berpikir yang harus mampu menyelesaikan masalah. Para ayah akan mengajari anak laki-laki mereka bahwa dunia lelaki berbeda dengan dunia perempuan.

Cara ayah mengekspresikan cintanya kepada anak laki-laki juga mempengaruhi dia di masa mendatang. Ketika ayah secara konsisten menunjukkan kasih sayangnya, kehidupan anak laki-lakinya di masa depan hanya akan mendapatkan lebih sedikit masalah dalam bidang sosial, akademik, maupun tingkah lakunya.

Ayah Mengajarkan Kepercayaan Diri Seorang Lelaki

Kepercayaan diri anak laki-laki berasal dari sang ayah. Ini karena para ayah lebih cenderung mendorong putra mereka untuk mengambil risiko. Contohnya adalah ketika bermain, ayah cenderung membuang bayinya ke udara, terutama anak laki-lakinya. Ini adalah permainan yang dapat membangun kepercayaan diri. Mungkin pertama kali melakukan hal itu sang anak sangat takut. Tetapi ayah memastikan bahwa dia akan jatuh kembali ke tangan sang ayah.

Di situlah sang anak laki-laki itu mulai terbiasa dan bahkan menginginkan itu lagi. Sang ayah mengajarkan sensasi yang menantang dan mendebarkan. Seorang ayah membantu anak mengembangkan rasa percaya diri dengan mengambil kesempatan dan melakukan hal-hal yang menantang dan mendebarkan.

Contoh lain adalah saat anak pertama kali belajar bersepeda. Saat ibu yang mengajarkan, dia akan terus menahan pergerakan anak dengan sepeda sampai dia yakin kalau anak sudah bisa mengayuh sepeda itu dengan baik, baru melepaskan pegangannya.

Apa yang terjadi ketika sang ayah yang mengajarkan anak bersepeda? Dia akan mendorong anaknya melewati batas. Dia akan melepaskan pegangannya untuk mengajarkan anak bersepeda lebih cepat dan berani mengambil resiko. Ketika sang anak  akhirnya berhasil, dia menjadi tahu bahwa dia memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang sulit.

Sang ibu menciptakan situasi yang nyaman dan aman, sedangkan sang ayah mengajarkan situasi yang tidak terduga dan memiliki tantangan. Hal ini penting bagi anak laki-laki. Ini membuat mereka belajar membangun kepercayaan diri yang dia perlukan dalam memecahkan masalah, mencari pekerjaan dan menjadi pemimpin di masa depan.

Seorang Ayah Mengajarkan Ketekunan

Anak laki-laki belajar untuk tekun dan mengatasi rintangan hidup dari sang ayah. Mereka memperhatikan ayah mereka, baik dalam kebiasaan sehari-hari maupun saat-saat krisis. Melihat cara ayah yang berhasil untuk menghadapi masalah dalam kehidupan.

Para ayah mengajari putra mereka nilai-nilai ketekunan melalui contoh yang dia lakukan. Ketika putranya mengerjakan sesuatu yang sulit, ayah akan tetap mendorong mereka untuk tidak menyerah. Seorang ayah akan membuat putranya untuk tetap berpikir tenang dan mencari tahu masalahnya sehingga dapat terselesaikan.

Dalam proses seperti inilah sang anak pada akhirnya belajar tentang ketekunan dan nilai-nilai lainnya pun mengikutinya, seperti kesabaran dan keterampilan.

Ayah mendapatkan posisi penting dalam kehidupan sang anak laki-laki. Dia menunjukkan putranya jalan menghadapi dunia. Kunci dari keberhasilan sang anak laki-laki ada di perlakuan dan contoh sang ayah baginya. Jadilah ayah yang dapat menjadi role model.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bingung memilih tempat investasi untuk anak? Melalui artikel ini, anda dapat melihat dan membandingkan 4 alternatif investasi yang dapat anda pilih sebagai investasi pendidikan anak dengan menyesuaikannya pada kondisi keuangan anda sebagai orang tua.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300