“Strong-willed children become adults who can change the world as long as we can hang on for the ride and resist the temptation to tame the spirit out of them”. – Sarah Stogryn

Kebanyakan orang tua mengeluh terhadap sifat anak mereka yang keras kepala. Keras kepala dikaitkan erat dengan hal negatif sehingga banyak orang tua yang mencari cara untuk membuat sang anak menghilangkan sifat tersebut.

Ternyata, sifat keras kepala anak tidak selalu negatif. Ini juga menjadi tanda positif bagi pertumbuhannya. Melansir dari Jurnal Developmental Psychology, anak yang keras kepala cenderung sukses di kemudian hari. Mengapa demikian?

Dari segi psikologi, keras kepala merupakan tanda memiliki tekad yang kuat. Hal ini berarti seorang anak yang keras kepala bisa jadi memiliki tekad yang kuat ketika menginginkan atau mempercayai sesuatu.

Dia akan mencoba dan bernegosiasi dengan Anda, untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Ketika sang anak mampu melewati hal-hal ini dengan anda, ini merupakan tanda kecerdasan yang pasti dalam diri sang anak.

Melihat dari perspektif sebagai guru, anak yang keras kepala di dalam kelas cenderung memiliki kepercayaan diri dalam tampil dan mengemukakan pendapat mereka di depan banyak orang. Anak seperti ini juga akan cenderung banyak bertanya ketika ada yang mengganjal di pikiran mereka.

Melihat dari sebuah studi yang dilakukan, hasil yang ditemukan menjelaskan bahwa anak yang keras kepala serta sering menentang orang tua mereka, cenderung lebih sukses dengan pencapaian-pencapaiannya di masa depan.

Dalam studi ini, tidak dijelaskan hubungan erat antara anak yang keras kepala dan kesusksesannya di masa depan. Namun dari hasilnya, terlihat bahwa anak-anak yang cenderung berani mengemukakan pendapatnya akan lebih berani dalam pengambilan keputusannya di masa depan.

Mereka mungkin lebih menuntut sebagai orang dewasa. Mereka berani mengambil keputusan, berani mengemukakan pendapatnya yang mungkin tidak disukai banyak orang, dan berani menuntut hal yang dirasa perlu didapatkannya di masa mendatang. Anak-anak seperti ini akan berani mengambil resiko atas keinginannya yang kuat.

Hal inilah yang membuat mereka memiliki kesempatan besar dalam memperoleh keberhasilan dalam karir mereka.

Ketika anda sebagai orang tua dapat memotivasi dan mengubah dorongan sang anak yang keras kepala ini untuk berprestasi baik di sekolah atau untuk masa depannya, anak-anak ini dapat menjadi pemimpin yang akan melakukan hal yang benar dan membawa dampak besar bagi lingkungannya.

Sekarang anda semua menginginkan anak keras kepala anda menjadi sukses bukan? Pertanyaan sekarang adalah, bagaimana Anda bisa memaksimalkan kemampuan sang anak ke jalan yang benar?

Hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menjaga komunikasi. Komunikasikan semua hal secara terbuka antara anak dan orang tua. Dengarkan sang anak menjelaskan pandangannya. Mereka mungkin juga melihat kekurangan ide mereka. Disinilah tugas anda sebagai orang tua melengkapi informasi ide mereka.

Jika mereka tetap berkeras kepala dan bahkan memberikan kasus, lakukanlah negosiasi dengan mereka. Disini mereka akan belajar berpikir kritis dalam melihat sesuatu.

Contohnya, ketika mereka memberikan kasus nilai mereka tetap baik sekalipun mereka selalu memegang gadget. Dalam kondisi ini, berikan mereka kesempatan untuk melakukannya dengan negosiasi yang disepakati. Misalnya, nilai tetap baik dan rutinitas setiap hari terjalankan. Buat sang anak juga menetapkan konsekuensi ketika dia melanggar.

Mungkin ini akan menjadi tugas yang sulit bagi anda sebagai orang tua jika ini pertama kalinya anda melakukan hal seperti ini.

Tugas orang tua memang sulit. Tetapi ketika kita melewati semua ini dengan pendekatan yang benar dengan sang anak, kita lah yang sebenarnya akan menang karena telah membesarkan anak yang kelak dapat menjadi pemimpin masa depan.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Bagaimana perkelahian orang tua dapat mempengaruhi perkembangan sang anak? Artikel ini memuat 4 contoh dampak negatif yang muncul dari perkelahian orang tua bagi anak sehingga anda bisa melihat dampaknya dan menghindari untuk melakukannya di depan anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300