Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam melewati proses perkembangan mereka melalui interaksi di lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah perilaku pemalu sang anak.

Banyak orang menganggap “menjadi pemalu” merupakan kesalahan atau sifat perilaku negatif yang perlu diubah. Orang tua juga menjadi gelisah ketika anak mereka tumbuh menjadi anak yang pemalu. Kenyataannya, rasa malu bukanlah kesalahan atau hal negatif. Rasa malu hanyalah ciri kepribadian yang mendefinisikan anak anda.

Contoh yang kita temukan dalam kehidupan anak pemalu adalah melihat seorang bayi yang mungkin menempel pada orang tuanya dan menangis dalam situasi sosial. Pad anak balita, mungkin anda melihat beberapa dari mereka atau mungkin anak anda sendiri tidak ingin berbicara ketika orang asing berbicara dengannya.

Untuk anak usia sekolah, mereka cenderung menghindari menjawab pertanyaan di kelas, kurang aktif dalam diskusi kelas, kesulitan berteman, dan lebih memilih melakukan aktivitas yang cenderung dapat dilakukan mandiri.

Kita hidup dalam pola masyarakat yang menghargai kepribadian ekstrovert. Kita cenderung menerima orang yang aktif dalam sosial lebih mudah dan cenderung menghakimi orang yang terlihat diam baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebagai orang tua, kita harus menghilangkan pemikiran diatas. Apalagi jika anda memiliki anak yang berpkepribadian pemalu. Orang tua dapat melihat situasi ini sebagai kesempatan. Anda dapat untuk memberi tahu anak bahwa tidak apa-apa untuk berbicara banyak atau sedikit selama mereka merasa nyaman.

Andrea Nair, seorang pendidik parenting dari London, Ontario, mengatakan orang tua perlu menghapus penilaian dan rasa malu. Dia mengatakan bahwa kita perlu berempati dengan sifat anak yang lebih tertutup dan memberi tahu mereka bahwa kita memahami perasaannya.

Dari perspektif seorang guru, murid yang cenderung diam di kelas bukan berarti tergolong anak yang sulit belajar. Murid tipe pemalu biasanya akan melakukan banyak observasi terhadap orang di sekitarnya dan lebih berhati-hati dalam sikap. Tidak ada efek yang benar-benar negatif yang ditimbulkan ketika anak punya kepribadian pemalu.

Cara Mendukung Anak dengan Tipe Pemalu

Rasa malu bukanlah perilaku yang mudah hilang seiring berjalannya waktu, tetapi anak-anak dapat belajar lebih percaya diri dan nyaman berinteraksi dengan orang lain. Ada beberapa tips yang dapat membantu anda sebagai orang tua untuk mendukung anak anda yang pemalu.

  • Tips untuk bayi dan anak kecil:
  • Beri waktu yang cukup bagi anak anda untuk merasa nyaman. Jangan membuatnya langsung menjadi pelukan orang dewasa yang tidak dikenal. Hal pertama yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan mereka dengan orang baru adalah bermain dengan mainan yang ada menggunakan suara yang tenang.
  • Tetap bersama anak anda dalam situasi sosial, seperti kelompok bermain atau kelompok orang tua, sambil mendorongnya untuk bereksplorasi. Saat anak sudah merasa lebih nyaman, orang tua dapat secara bertahap menjauh untuk waktu yang singkat. Misalnya, duduk di kursi bersama orang dewasa lainnya saat anak anda bermain di lantai. Anda dapat kembali ke anak jika perlu.
  • Menenangkan anak anda dan memberitahukan bahwa bahwa perasaannya akan baik-baik saja dan anda sebagai orang tua akan membantunya. Misalnya, ‘Tidak apa-apa nak. Mari kita lihat bersama-sama ‘.
  • Hindari terlalu menghibur anak anda. Penghiburan yang berlebihan mengirimkan pesan bahwa menurut anda ini adalah situasi yang menakutkan. Perhatian ekstra secara tidak sengaja dapat mendorong perilaku malu anak anda.
  • Puji perilaku ‘berani’ sang anak ketika mereka mau membuka diri seperti menanggapi orang lain, menggunakan kontak mata, mencoba sesuatu yang baru, atau menjauhi Anda.
  • Menjadi contoh yang baik bagi anak dalam interaksi sosial anda. Ini akan membuat anak dapat belajar dari anda. Misalnya, saat seseorang menyapa, anda akan langsung menyapa kembali.
  • Jika orang lain mengatakan anak anda ‘pemalu’ di depan anak anda, anda boleh menjelaskan dengan lembut di depan anak anda. Misalnya, ‘Anak saya membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan mengenal lingkungannya. Setelah dia merasa nyaman, dia akan senang bermain ‘. Ini mengirimkan pesan bahwa anda memahami perasaan anak anda.

 

  • Tips untuk anak usia sekolah
  • Membiarkan anak anda menghabiskan waktu untuk bermain dengan teman sebayanya. Jika anak anda diundang ke rumah teman, dia mungkin merasa lebih nyaman jika pergi bersamanya terlebih dahulu.
  • Melatih keterampilan anak dalam melakukan presentasi contohnya dengan mendorong sang anak menjelaskan keseariannya di sekolah. Ini akan membantu anak merasa lebih nyaman ketika dia harus berdiri di depan kelasnya.
  • Mendorong anak mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan perilaku sosial – misalnya olahraga, drama, dll.
  • Menghindari membandingkan anak anda dengan orang sekitarnya yang terlihat lebih percaya diri.
  • Tidak menyebut anak anda sendiri pemalu di hadapan umum karena tanpa sadar anda mengajak orang lain memberikan label pemalu kepada anak anda.
  • Sering melibatkan anak untuk berinteraksi dengan orang sekitar, termasuk dengan orang-orang yang tidak ia kenal, misalnya meminta anak anda membayar belanjaan di took untuk melatih keberanian anak di tempat umum.
  • Ketika anak gagal melakukan sesuatu, jangan pernah memarahi atay menghukumnya dengan perkataan yang buruk. Tetap berikan dukungan dan meyakinkan anak bahwa anda akan terus mendukung dan

Terimalah anak anda dan pahamilah bahwa sifat pemalu hanyalah sebuah kepribadian yang membantu membentuk anak. Mengurangi perhatian pada rasa malu mereka memberi anda kesempatan untuk melihat mereka berkembang.

Tetap berada di samping anak anda dan dukunglah mereka dalam setiap perilaku dan perkembangan yang mereka tunjukan.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300