Beraktivitas di luar rumah bagi anak-anak tentu saja menyenangkan. Selain itu, banyak penelitan yang telah menunjukkan banyak dampak positif dari beraktivitas di luar rumah, seperti mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, melatih aktivitas fisik sehingga tetap sehat dan bugar, belajar sambil mengobservasi alam sekitar, bersosialisasi, dll.

Banyaknya dampak positif saat beraktivitas di luar rumah membuat anda saat ini untuk berpikir mengajak anak anda bermain di luar dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, disini penulis telah mendaftar 6 ide yang dapat anda lakukan bersama anak untuk beraktivitas di luar bersama anak dengan menyenangkan. Semuanya bisa dilakukan diluar rumah dengan aman dan nyaman bahkan di tengah situasi pandemi!

  1. Berkemah/Piknik

Saat di luar sedang cerah, anda bisa mengajak anak untuk berkemah atau melakukan piknik. Saat berkemah atau berpiknik, siapkan hal-hal yang dibutuhkan sehingga aktivitas menjadi lebih menyenangkan. Misalnya, memasak bersama (membawa panggangan) atau berolahraga bersama dengan membawa alat untuk berolahraga. Tetap memakai masker ya dalam perjalanan ke daerah piknik! Pilihlah area yang jarang bahkan tidak ada orang lain disana.

  1. Mengendarai Sepeda

Saat ini aktivitas bersepeda di Indonesia sudah mulai ramai. Selain ini merupakan cara seseorang berolahraga, anak anda juga akan menikmati waktu bersepeda bersama anda sambil melihat alam sekitar atau suasana sekitar rumahnya. Selain itu, bersepeda juga dapat dilakukan dengan aman karena tidak perlu bertemu dengan banyak orang. Selama anda tidak mengajak tetangga untuk ikut juga ya…

Bersepedalah bersama anak! Anak tidak bosan di rumah, anda bisa menunjukkan tempat lingkungan anda tinggal terhadap anak, dan bahkan secara tidak langsung menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Jangan lupa pakai maskernya ya!

  1. Bermain Layang-Layang

Saat ini permainan ini mulai kembali ramai. Ini merupakan permainan zaman dahulu ketika anak-anak menerbangkan laying-layang menggunakan senar. Saat menerbangkan layang-layang, anak bisa bermain sambil belajar kesabaran dan mengontrol.

Selagi bermain layangan, anda bisa bermain dengan anak sambil bercerita, dan bahkan berkompetisi bersama mereka dengan cara yang menyenangkan. Layang-layang juga merupakan permainan sederhana dan tidak mahal untuk dibeli maupun dibuat.

Dari segi keamanan, anda dan anak bisa menikmati permainan outdoor ini tanpa harus mengajak banyak orang untuk bisa menyenangkan. Tetap gunakan masker saat sedang di luar ya meskipun keadaan sedang sunyi untuk tetap berhati-hati.

  1. Menanam Tanaman

Kegiatan luar ruangan untuk anak-anak tidak selalu harus hanya kesenangan dan permainan. Anda bisa mengajarkan mereka cara berkebun dengan menanam tanaman. Mereka bisa menyapu, menggali, menanam, atau menyiram tanaman baru. Dan menariknya, hal ini bisa lakukan ini di pekarangan rumah anda.

Tidak perlu keluar jauh bukan? Pernakah anda mencoba aktivitas ini dengan anak? Kalau belum, coba yuk!

  1. Berburu Serangga

Jika di sekitaran rumah anda memiliki taman atau dekat dengan taman ataupun hutan kecil, anda bisa mengajak anak untuk berburu serangga. Hal ini dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak. Selain itu juga mampu memunculkan jiwa petualang dan kemandirian mereka.

Anda hanya perlu menyiapkan jaring dan botol kecil untuk menyimpan serangga yang tertangkap. Serangga ini juga bisa anda keluarkan kembali dari botol setelah perburuan serangga selesai.

  1. Bermain Air

Semua anak suka bermain air! Ada banyak cara kreatif untuk keluar bermain dan bersenang-senang dengan air di luar rumah dengan aman dan aman. Anda bisa mencoba kegiatan seperti mencuci mobil, menyirami taman/tanaman, dan membuat kolam renang tiupan.

Terlihat sepele? Jangan salah! Kegiatan bermain air dapat membuat anak sangat bersemangat untuk bermain. Siapkan tenaga anda untuk bermain ini bersama anak. Konon katanya, permainan ini membuat anak tidak ingin berhenti!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Sering kehilangan kontrol saat mengasuh anak di rumah? Artikel ini memberikan beberapa hal yang dapat dilakukan dengan mudah bagi semua orang tua untuk melatih diri agar tetap tenang saat mengasuh anak.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300