“A big business starts small.” – Richard Branson

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentu saja menjadi prioritas utama ketika anda sudah berkeluarga. Anda memiliki suami dan anak-anak yang perlu anda urus. Anda juga perlu membersihkan rumah. Kegiatan ini akan banyak mengambil waktu dan tenaga anda sehingga anda tidak memiliki ruang untuk melakukan hal lain seperti bekerja mencari uang.

Perkembangan teknologi saat ini akan membantu anda memiliki penghasilan tambahan sebagai ibu rumah tangga. Anda dapat berbisnis dari rumah sebagai ibu rumah tangga. Ada beberapa cara di bawah ini yang mungkin sesuai dan dapat anda coba sebagai ibu rumah tangga untuk memulai bisnis.

  1. Menyediakan Bimbingan Belajar

Jika Anda memiliki kemampuan akademis yang baik untuk pelajaran tertentu dan memiliki keterampilan untuk mengajar, anda bisa mencoba membuka usaha menjadi guru privat. Anda bisa memulai usaha ini dengan menawarkan jasa les privat anda kepada orang-orang di lingkungan sekitar.

Dalam memulai usaha ini, anda hanya perlu menyediakan beberapa meja, kursi, papan tulis, atau alat lain yang bisa anda pergunakan untuk mengajar seperti komputer atau laptop.

Ketika awal memulai usaha ini, mungkin akan bisa memulai seorang diri dengan harga yang terbilang terjangkau. Seiring dengan berkembangnya usaha dan jumlah murid yang terus meningkat karena mendapatkan kepercayaan dari murid dan orang tua, anda bisa mencari guru tambahan dan mulai menaikkan biayana tergantung dengan harga pasar saat itu.

  1. Memulai Bisnis Katering

Bagi anda seorang ibu yang gemar dan pandai memasak, anda bisa memanfaatkan keterampilan ini untu memulai karir anda dengan membuka bisnis Katering. Jenis usaha katering terkenal aman melihat dari resiko kerugian karena anda hanya perlu memasak apabila ada pesanan masuk.

Anda bisa mencoba memulai bisnis ini di tetangga sekitar anda. Anda bisa memperkenalkan cita rasa masakkan anda kepada mereka dan ketika respon mereka positif, anda bisa memulai membuka usaha katering ini.

  1. Membuka Usaha Cemilan

Saat ini banyak sekali orang mencoba dan memulai bisnis ini. Mengapa? Karena bisnis makanan memang tidak aka nada habisnya! Semua orang menyukai makanan, terlebih cemilan.

Jika anda memiliki keterampilan dalam membuat kue atau anda bisa mengatur penjualan kue, silahkan anda memulai bisnis ini. Pastikan ketika anda memulai usaha ini, rasa, kemasan, dan harga sesuai dengan cemilan yang anda jual. Anda bisa memulai bisnis ini dengan memberikan sampel cemilan kepada teman-teman anda dan melalui media sosial.

  1. Jasa penulis online

Bekerja freelance sebagai penulis online adalah pekerjaan yang tidak akan menguras tenaga bagi anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis. Pekerjaan ini tidak menyita waktu banyak, terlebih bisa anda kerjakan saat waktu luang anda karena pekerjaan jenis seperti ini dikerjakan hanya dalam kurun waktu tertentu mengikuti ketersediaan kita.

Untuk melatih kemampuan ini, anda bisa belajar banyak dari internet dengan melihat teknik menulis dan mengolah kata-kata. Semakin berkualitas tulisan anda, semakin banyak orang yang akan tertarik menggunakan jasa anda. Ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Anda bisa mulai memperkenalkan kemampuan anda ini dengan banyak memposting tulisan-tulisan yang bagus dari anda di media social atau website. Anda juga bisa mendaftar menjadi freelancer penulis melalui banyak websites yang ada.

  1. Bisnis Online

Bisnis online merupakan pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Apalagi saat ini banyak orang mempergunakan online untuk membeli barang karena situasi saat ini.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, memilih untuk berjualan produk tertentu secara online akan membantu anda untuk tetap produktif sebagai ibu rumah tangga dan mampu menghasilkan uang tambahan dalam keluarga.

Ada banyak produk yang dapat anda jual dalam berbisnis online. Anda bisa memulai dengan menentukan produk yang ingin anda jual melihat dengan tingkat consumer dari produk tersebut.

Anda bisa memanfaatkan platform online yang sudah ada dan telah tersedia secara gratis untuk memulai bisnis ini seperti shoppe, tokopedia, olx, dll. Siapkan uang yang cukup untuk mempersiapkan produk yang ingin anda jual dan lakukan promosi yang menarik sehingga anda dapat menarik banyak pembeli dari usaha ini.

Inilah 5 bisnis yang dapat anda Kelola dari rumah sebagai ibu rumah tangga. Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan menggunakan waktu yang ada untuk menghasilkan uang tambahan.

Anda dapat mencari ide-ide bisnis lain yang dapat anda lakukan dari rumah. SIlahkan gunakan kreativitas anda untuk berusaha memulai bisnis. Selamat mencoba, parents!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Temukan 4 cara pada artikel ini yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk memantau anak anda tanpa membuat batasan ekstrim yang dapat membuat hubungan anda dengan anak menjadi kurang baik.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300