Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipelajari untuk mendidik anak, mulai dari cara merawat hingga mengajarkan anak tentang cara dia berperilaku agar tumbuh pribadi yang baik untuk masa depan dan sekitarnya.

Banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mempelajari cara menjadi orang tua yang baik dan mendidik bagi anaknya. Salah satunya dengan membaca buku parenting. Untuk membantu anda sebagai orang tua, berikut ini 4 buku yang penulis rekomendasikan dari sudut pandang guru.

1) Teach Like Finland – Mengajar Seperti Finlandia

Buku ini sempat booming beberapa waktu. Hal ini dikarenakan konten yang ditulis oleh Timothy Walker, penulis buku ini sangat menarik minat pengajar, baik orang tua, guru, maupun institusi pendidikan. Buku ini menuliskan bagaimana cara sistem pendidikan di negara Finlandia bisa sukses bagi anak-anak.

Buku ini dapat menjadi buku rekomendasi bagi anda sebagai orang tua untuk mendapatkan strategi yang mudah anda terapkan untuk mendidik anak anda tanpa memberikan penekanan bagi mereka.

2) How To Talk So Little Kids Will Listen – Seni Berbicara Pada Anak

Ini juga merupakan salah satu buku terjemahan yang baik untuk anda. Buku ini ditulis oleh Joanna Faber dan Julie King yang keduanya merupakan ahli sebagai pendidik orang tua untuk parenting.

Buku ini memberikan strategi awal yang dapat orang tua lakukan ketika menghadapi  tantangan atau kesulitan saat berkomunikasi dengan anak. Sesuai dengan judul bukunya, komunikasi merupakan hal terpenting dalam buku ini. Orang tua membutuhkan seni berbicara yang memiliki strategi agar terjalinnya pemahaman yang baik antara orang tua dan anak.

Buku ini juga memuat tips yang sesuai dengan situasi nyata, seperti langkah-langkah yang dapat anda lakukan ketika sedang marah dan cara mendisiplinkan anak dengan efektif.

3) Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas

Mungkin beberapa dari anda mengenal penulis buku ini, yaitu Mona Ratuliu. Dalam buku ini, dia menceritakan pengalaman pertamanya menjadi orang tua. Penulis menuliskan buku ini sesuai dengan pengalamannya sendiri dengan putri pertamanya.

Buku ini juga menjelaskan berbagai situasi dan fenomena yang sering dirasakan anak-anak dan bagaimana seharusnya kita sebagai orang tua bersikap dan mengambil tindakan selanjutnya.  Ada banyak tips dan trik yang dituliskan disini bagi anda para orang tua dalam membesarkan anak

Poin lain yang didapatkan oleh buku ini adalah penulis menggunakan gaya bahasa yang ringan dan santai. Inilah yang menjadikan buku ini dapat mudah dipahami dan menjadi pilihan para orang tua.

4) The Danish Way of Parenting – Rahasia Orang Denmark Membesarkan Anak

Ini juga merupakan salah satu rekomendasi buku parenting yang sering menjadi pilihan orang tua untuk belajar tentang parenting. Buku ini ditulis oleh Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissing Sandahl yang merupakan pakar parenting.

Buku ini memberikan cara bagaimana para orang tua di Denmark membesarkan anak-anak mereka.

Denmark memiliki peringkat di atas rata-rata hampir di semua aspek kehidupan masyarakatnya, seperti aspek sosial, ekonomi, rumah tangga, work-life balance, termasuk pendidikan. Data inilah yang menjadi acuan tingkat kebahagiaan masyarakat Denmark, termasuk anak-anak.

Buku ini mengajarkan tentang pola pengasuhan anak bagi orang tua menggunakan strategi yang diambil dari beberapa kata sehingga terbentuk menjadi kata “PARENT”. PARENT merupakan singkatan dari “P” untuk play, “A” untuk authenticity, “R” untuk reframing, “E” untuk emphaty, “N” untuk no ultimatum, dan “T” untuk togetherness dan hygge.

Prinsip “PARENT” inilah yang menjadi rahasia orang Denmark untuk membesarkan dan berhasil dalam mendidik anak-anak mereka.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300