Anak-anak saat ini kebanyakan menghabiskan waktu di rumah selama pandemi. Apa tempat favorit anak di rumah? Apakah lemari es? Mengambil makanan atau minuman manis?

Saat ini, semakin banyak pilihan minuman yang terjual bebas dimana-mana. Banyak pilihan yang terlihat sehat untuk diminum, tetapi terkadang penampilan minuman itu dapat menipu kita terutama tubuh anak kita.

Jika kita sebagai orang tua tidak teliti, ada banyak sekali minuman yang mengandung bahan-bahan yang tidak kita duga, misalnya banyaknya jumlah gula yang terkandung.

Saat ini, penulis sering melihat kecenderungan anak-anak menghabiskan uang jajannya untuk mengonsumsi yang manis, termasuk minuman dengan alasan karena enak tentunya.

Beberapa diantara mereka juga pernah ditanyakan tentang kebiasaan mengonsumsi gula di rumah dan menjawab bahwa mereka diizinkan oleh orang tua untuk mengonsumsi asal tidak lebih dari satu.

Terdengar sedikit, tetapi sudahkah anda melihat bahan yang terkandung dari 1 minuman itu jika dikonsumsi setiap hari? Mari kita lihat 4 efek berbahaya mengonsumsi minuman manis bagi pertumbuhan anak.

  1. Gigi Berlubang dan Rusak

Bahaya pertama ketika anak berlebihan konsumsi gula adalah risiko gigi berlubang dan rusak semakin besar. Mengonsumsi minuman manis berlebihan akan menyebabkan kerusakan gigi.

Walaupun anak-anak menerapkan pola kebersihan mulut yang baik seperti menyikat gigi minimal dua kali, tindakan ini akan sia-sia jika anda masih membiarkan anak anda mengonsumsi minuman manis secara berlebih.

  1. Obesitas

Anak yang sering mengonsumsi gula berlebih akan berisiko terkena obesitas. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi gula berlebihan akan mengalami obesitas atau kegemukan. Dampak obesitas ini dapat menyebabkan penyakit jantung, hati, diabetes, juga masalah tulang.

  1. Mudah Lapar

Anak yang mengonsumsi minuman gula berlebih cenderung mudah merasa lapar. Hal ini disebabkan karena adanya glukosa berlebih yang tersimpan di dalam tubuh yang menghambat hormon leptin yang berfungsi memberi sinyal pada tubuh bahwa tubuh telah kenyang. Hal ini tentu saja mengganggu jalur pertumbuhan sang anak.

  1. Lemah Otak

Anak yang mengonsumsi gula berlebih bisa mengalami resiko melemahnya fungsi otak. Konsumsi gula berlebih pada anak cenderung membuat mereka kesulitan menangkap pelajaran dengan cepat.

Bahkan, dampak lain yang mengikuti hal ini adalah perubahan emosi yang signifikan kepada sang anak. Mereka akan lebih mudah marah, emosi dan depresi. Perasaan anak dengan konsumsi gula berlebihan pasalnya sangat sulit dikontrol agar lebih tenang.

Meskipun anda sebagai orang tua tidak dapat terus memantau piihan minuman yang anak anda konsumsi 7 x 24 jam, anda bisa melatih selera anak anda dalam memilih minuman yang alami dan tidak terlalu manis.

Dengan latihan yang teratur, anak akan cenderung terbiasa dengan minuman sehat dan memilih meminumnya. Mengajarkan anak untuk membuat pilihan ini akan mengurangi asupan gula berlebih dan mendorong anak anda melakukan kebiasaan ynag sehat demi pertumbuhan yang baik.

Mari melatih gaya hidup sehat bagi pertumbuhan maksimal anak anda, dear parents!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Dalam artikel ini, anda akan menemukan 7 jenis camilan sehat untuk anak pengganti makanan manis yang bisa anda berikan untuk anak agar mereka tetap bisa menikmati cemilan dengan tetap mempertimbangkan kesehatan mereka.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300