Pendidikan adalah kunci masa depan anak anda. Mewujudkan mimpi anak melalui pendidikan terbaik yang anda mampu berikan merupakan investasi yang tidak dapat dibeli dengan uang.

Memilih instrumen investasi merupakan salah satu langkah penting dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Langkah ini yang akan menentukan apakah tujuan atau target dana pendidikan anda bisa tercapai atau tidak.

Tempat berinvestasi untuk pendidikan anak: Jika anda berencana menabung untuk kebutuhan pendidikan anak, anda harusnya memulainya dari sekarang dan menghindari segala jenis penundaan sebelum terlambat. Biaya pendidikan meningkat dengan kecepatan yang jauh lebih cepat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk merencanakan investasi untuk pendidikan terbaik anda anda di masa depan. Disini, ada 4 alternatif yang dapat anda pilih untuk gunakan sebagai investasi Pendidikan anak anda. Sesuaikan pemilihan ini dengan kondisi keuangan anda sebagai orang tua.

#1 Tabungan Pendidikan

Investasi untuk dana pendidikan anak yang pertama yakni tabungan pendidikan anak. Tabungan pendidikan, atau dengan sebutan lain tabungan rencana, termasuk dalam tabungan berjangka yang merupakan produk keuangan. Ini menjadi pilihan yang paling banyak dipilih oleh orang tua.

Tabungan berjangka ini biasanya memiliki jangka waktu 2 tahun ke atas. Prinsipnya adalah anda akan menyetorkan sejumlah dana sesuai dengan yang anda pilih setiap bulannya secara rutin hingga waktu jatuh temponya berakhir.

Namun, jika melihat segi keuntungannya, bunga tabungan pendidikan hanya 2%-3% per tahun sehingga kurang menguntungkan untuk investasi jangka Panjang. Hal ini karena biaya Pendidikan terus meningkat setiap tahunnya yang mencapai 10%-15%.

#2 Deposito

Jenis investasi aman lainnya yang banyak dipilih orang tua adalah deposito. Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja sesuai kesepakatan penyetor dan pihak bank.

Deposito biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan uang dingin, karena tidak dapat dicairkan kapan saja. Periode penyimpanan tergantung pada pada bank, namun umumnya berkisar antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Deposito memiliki bunga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan tabungan yaitu 4%-6% per tahun. Bunga yang didapatkan pada bulan berikutnya akan ditambahkan ke dana deposito, sehingga setiap bulan dana dan bunga deposito langsung bertambah.

Namun, seperti tabungan, deposito masih belum cukup untuk dijadikan investasi dana pendidikan jangka panjang karena bunga keuntungan yang berada di angka 4%-6%.

#3 Reksadana

Reksadana disebut-sebut sebagai salah satu alternatif investasi dana pendidikan anak karena cukup aman. Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang merupakan pola pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa perlu pusing akan instrumen investasi yang tersedia di pasar.

Di investasi ini, anda dapat memilih menggunakannya dalam jangka pendek atau panjang.

Ada berbagai macam jenis reksa dana yang dapat dipilih untuk berinvestasi, tergantung profil risiko investasi yang dimiliki dan jangka waktunya. Untuk anda yang cukup konservatif, anda dapat memilih reksa dana dengan pendapatan tetap atau reksa dana campuran. Sedangkan untuk anda yang lebih berani silahkan memilih reksa dana saham.

Kelebihan lain dari reksadana adalah likuiditas tinggi, yaitu bentuk investasi ini dapat dicairkan/dijual kapan saja dengan menggunakan harga NAB yang berlaku saat penjualan.

#4 Emas

Emas juga merupakan salah satu jenis investasi untuk mempersiapkan sekolah anak yang anda bisa pilih. Investasi emas sangat disarankan bila anda memiliki tujuan keuangan dalam jangka waktu 3 hingga 6 tahun. Emas juga dapat anda beli dengan modal yang rendah, sehingga cocok bagi anda yang masih memiliki banyak waktu dan baru memulai investasi dana pendidikan.

Ketika anda telah memiliki simpanan atau tabungan logam mulia emas, anda bisa menjual atau menggadaikan emas untuk dapat digunakan sebagai biaya sekolah anak di masa depan.

Memulai investasi sejak dini untuk pendidikan anak anda akan membantu kondisi keuangan anda yang stabil dari saat ini hingga di masa depan nanti. Ada banyak pilihan lain dari investasi yang bisa anda pilih untuk tujuan tabungan pendidikan anak. Sesuaikan semuanya dengan kondisi keungan anda sebagai orang tua.

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Pernakah anda membantu anak mengerjakan PR? Bacalah artikel ini untuk mengetahui dampak mengerjakan PR anak dan anda bisa melihat batasan bantuan seperti apa yang bisa anda berikan di kemudian hari bagi kebaikan anak anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300