Orang tua memiliki banyak ketakutan yang membuat mereka meminimalisir anak untuk bermain di luar rumah. Misalnya, takut anak tertular penyakit oleh orang dari luar rumah atau mungkin karena resiko yang lebih tinggi ketika membawa anak bermain di luar rumah.

Dari perspektif seorang guru, anak-anak saat ini cenderung banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka terhibur dengan adanya televisi, smartphone, atau permainan canggih lainnya. Hal ini sungguh berbeda ketika kita melihat kembali di masa lalu dimana anak-anak senang berlarian, bermain bersama teman, dan bereksplorasi lingkungan di sekitarnya.

Sebenarnya, bermain di luar rumah justru membawa beberapa dampak positif bagi anak. Disini ada 3 manfaat positif yang anak dapatkan saat bermain di luar rumah (outdoor). 3 manfaat positif ini tentu saja dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak di masa mendatang.

  1. Membangun Kesehatan Fisik Anak

Ketika anak bermain di luar rumah, mereka akan terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari ini dapat membantu tubuhnya merangsang produksi vitamin D. Vitamin berperan dalam perkembangan tulang hingga sistem kekebalan tubuh sang anak.

Selain itu, mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup setiap hari akan membantu anak memiliki jam pola tidur yang sehat dan membangun suasana hati yang baik. Ini disebabkan karena tubuh kita bekerja dengan ketika mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap hari.

Walaupun begitu, orang tua tetap harus menetapkan durasi bermain anak di uar saat terpapar matahari untuk menghindari kulit anak yang terbakar akibat terpapar sinar matahari terlalu lama(sunburn).

  1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan Eksplorasi

Bermain di luar rumah membantu anak-anak belajar untuk bersosialisasi dengan teman lainnya. Mereka belajar cara bermain secara bergiliran, berbagi, dan mengembangkan keterampilan perilaku positif lainnya.

Di samping itu, mereka juga akan menjelajahi dan belajar tentang dunia di sekitar dan menggunakan kemampuan diri mereka. Kemampuan mereka bereksplorasi semakin terlatih dan mereka belajar untuk mempergunakan pemikiran mereka secara alami.

Menghirup udara segar dan mengeksplorasi permainan bebas dari luar juga mampu meningkatkan suasana hati sang anak.

  1. Membuat Anak Belajar Menghargai Alam Sekitar

Ketika anak hanya menghabiskan waktu di dalam rumah dengan komputer, televisi, atau gadget lain, mereka cenderung kurang memiliki penghargaan terhadap alam yang ada di sekitarnya.

Oleh sebab itu, bermain di luar rumah penting untuk menarik perhatian anak-anak terhadap kekayaan dan keanekaragaman alam di sekitarnya. Lingkungan luar akan menawarkan banyak hal yang dapat menarik perhatian anak.

Rumput, batu, bunga, tanah, dll., dapat mereka ekplor dengan rasa ingin tahu mereka sehingga mereka bermain dengan hal-hal yang mereka temukan di luar. Penggunaan unsur-unsur alam dalam permainan anakjuga melatiha daya piker anak menjadi kreatif. Mereka memikirkan cara untuk bermain dengan unsur-unsur alam yang ada.

Berada di luar memberi mereka kesempatan untuk mempraktikkan kecakapan hidup yang penting ini.

Permainan luar ruangan memberi anak-anak kesempatan untuk mengalami lingkungan mereka menggunakan indra mereka.

Masih banyak manfaat-manfaat yang dapat anda temukan ketika memberikan anak waktu untuk bermain diluar rumah. Berilah anak-anak anda waktu untuk menghabiskan waktu mereka bermain di luar dan mengeksplor hal-hal disekitarnya!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Mencari cara mengatur waktu yang baik untuk keluarga dan pekerjaan anda? Artikel ini memberikan langkah-langkah strategis yang dapat anda coba untuk meminimalisir kekacauan yang mungkin datang ketika mencoba menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan anda.
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300