Pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi pengalaman berharga bagi setiap orang tua. Kedua hal ini akan menjadi informasi penting bagi orang tua dalam mengetahui keadaan kesehatan dan kecukupan anak dalam seluruh aspek.

Ketika seorang anak bertumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat, pertumbuhannya akan mengikuti atau mirip dengan pertumbuhan dan perkembangan secara umum bagi seorang anak pada usia tertentu. Kedua hal ini terjadi secara bersamaan dengan tingkatan yang beragam.

Dalam perkembangan kognitif seorang anak, menurut Piaget, seorang ahli psikolog perkembangan anak mengelompokkan beberapa tahapan anak berdasarkan umur. Melalui perspektif seorang guru, artikel ini akan menggunakan 2 tahapan Piaget untuk membantu anda sebagai orang tua untuk mengenali dan membantu pertumbuhan dan perkembangan. Tidak dari segi kognitif saja, tetapi melihat keseluruhan aspek anak anda.

Tahapan 1: Bayi-Balita (0-2 tahun)

Pada tahapan ini, seorang anak akan bertumbuh dengan cepat. Anda sebagai orang tua akan menikmati setiap pertumbuhan dan perkembangan anak anda dalam berbagai aspek. Sang anak akan belajar melalui refleks dan menggunakan seluruh inderanya.

Anak akan mulai belajar untuk meniru orang-orang yang ada di sekitarnya, terlebih khusus orang tua. Dia juga akan mudah mengingat segala sesuatu yang terjadi terlebih jika itu terjadi secara konsisten.

Ada beberapa hal penting yang dapat anda lakukan sebagai orang tua dalam tahapan ini. Dalam perkembangan fisik anak, berikan aktivitas yang dapat memicu perkembangan fisik sang anak, seperti:

  • Mengajak sang anak jalan-jalan atau sekedar berkeliling.
  • Membiarkan sang anak bermain sambal berlari di tempat yang aman seperti playground, namun tetap dalam pengawasan.
  • Memberikan anak aktivitas yang melatih kemampuan motorik, seperti menggambar, Menyusun balok/puzzle, bermain dengan benda berbahan lentur seperti karet, plastisin, dll.
  • Belajar menggunakan alat makan.

Selain itu, pemberian makanan yang bernutrisi dan ASI juga menjadi kunci utama dalam memaksimalkan tumbuh kembang sang anak. Dalam segi sosial, anda dapat melatih kemampuan sang anak dengan mengajaknya berbicara bahkan di saat sang anak belum bisa berbicara. Membacakan dongeng dengan ekspresif dapat membantu anak menangkap informasi.

Tahapan 2: Balita-Anak-anak (2-7 tahun)

Pada tahapan ini, anak sudah menguasai kemampuan motoriknya dan tahu memaksimalkan penggunaan alat inderanya. Fisik seorang anak disini sudah dalam tahapan yang baik dalam proses pertumbuhannya.

Hal yang menjadi tugas penting bagi anda sebagai orang tua di umur ini adalah membantu segi emosional-sosialnya. Di umur ini, anak yang selalu menginginkan kemenangan (egosentris). Disini anak mulai memiliki pandangannya sendiri terhadap dunia dan sekitarnya. Hal ini terjadi karena alam bawah sadar mereka mengajarkan bahwa setiap orang membagikan perasaan dan pemikirannya masing-masing.

Contohnya adalah ketika anak anda melihat temannya menangis karena takut melihat serangga. Hal yang mungkin anak anda pikirkan adalah semua anak takut melihat serangga, sehingga dia mungkin akan mengikuti temannya menangis.

Tidak perlu takut! Ada 3 hal yang dapat anda lakukan bagi sang anak dalam tahapan ini, yaitu:

  • Memberikan instruksi/pengarahan pendek. Menggunakan beberapa detil seperti gerakan akan sangat membantu pemahaman sang anak.
  • Membantu anak melihat bahwa setiap orang dapat memiliki pandangan yang beragam. Misalnya ketika anak anda merusak barang sang kakak. Anda bisa mengatakan hal seperti “Coba pikirkan bagaimana perasaan kakakmu ketika kamu merusak barang kesayangannya?”
  • Menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik di rumah, yang dapat membantu sang anak berkembang dari segala aspek. Contohnya, berbagi makanan dengan saudaranya mengajarkan “berbagi dengan sesama”.

Pastikan anda melakukan ketiga hal diatas menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Melalui 2 tahapan anak diatas, pentingnya orang tua dalam keterlibatan tumbuh dan berkembangnya anak dapat terlihat dengan jelas. Pelajari dan selamat menikmati proses sebagai orang tua, dear parents!

November 14, 2020

Check out other Versions of this Article!
Check out other Versions of this Article!
Welcome to friscaonora.com
Enter your email to sign in or sign up.
or
By clicking a ‘Continue with’ button above, I accept the Terms of Use and I acknowledge that I have read and understand the Privacy Policy.
Forget Your Password?

Most Popular

Newest

Alphabetical

Price (high-low)

Single Use

Apparel

Drinkware

Accessories

Single-Use Alternatives
Phone Case #DearParents
20
5/5
Rp54.500
Rp38.150
Stasher Reusable #DearParents
240
3.7/5
Rp14.500
Rp13.050
Reusable Shopping Bag #DearParents
120
3.5/5
Rp12.000
FinalStraw Collapsible Travel Straw 2.0 #DearParents
52
3.5/5
Rp84.000
Rp42.000
Apparel
Blue T-shirt #DearParents
2
2.5/5
Rp100.000
Rp75.000
Grey T-shirt #DearParents
5
5/5
Rp100.000
Classic Trucker Hat - Large #DearParents
2
1/5
Rp200.000
Rp50.000
Face Mask 2 Pack #DearParents
264
4.5/5
Rp14.000
Rp13.300